728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Memahami Cara Kerja SEO

SEO adalah istilah asing yang tidak semua orang mengetahuinya, meskipun mereka kerap bersentuhan dengan hal-hal yang berhubungan dengan istilah ini dalam kehidupannya sehari-hari saat menggunakan mesin pencari di internet. Artikel ini disajikan agar Anda dapat memahami cara kerja SEO. Dalam bahasa Inggris berupa singkatan dari Search Engine Optimization. Arti dari SEO dalam bahasa Indonesia dapat dimaknai sebagai sebuah proses optimasi yang dilakukan secara sistimatis dan ribet, sangat kompleks untuk dimengerti dan diaplikasikan, serta menyita waktu. Tujuan otimasi adalah meningkatkan kualitas trafik kunjungan di mesin pencari menuju ke situs yang diinginkan atau dituju dengan cara menempatkan Website tersebut pada halaman utama situs penjejak. Hal inilah yang secara tidak sadar dibutuhkan oleh orang yang menggunakan internet saat mencari informasi, atau melakukan jual-beli barang secara online, mempromosikan produk atau layanan jasa hingga aktifitas kampanye online atau digital campaign.

Search Engine Optimization (SEO) sangat penting diperhatikan untuk mengelola Website, khususnya yang berhubungan dengan tindakan promosi. SEO bertujuan menempatkan situs yang dikelola diposisi teratas dalam sebuah halaman pencarian. Diupayakan menjadikan situs tertentu berada pada halaman pertama pencarian setelah seseorang memasukan kata kunci pada search bar. Apabila situs berada di halaman pertama atau berada di posisi teratas maka akan membuat pengunjung lebih tertarik mengunjungi situs Website tersebut. Inilah keuntungan yang diberikan SEO. Dengan kata lain, teknik SEO akan mendatangkan trafik potensial untuk Website atau situs bisnis. Ada kelebihan lain, yaitu untuk meningkatkan kesadaran merk (branding). Yang dimaksud dengan istilah brand awareness adalah, pengguna internet akan semakin mengenal produk yang ditawarkan oleh penjual melalui cara online. Keuntungan lain bagi pemilik Web adalah mereka dapat mendapatkan data-data dari konsumen secara gratis. Ini terjadi karena konsumen yang berkunjung dapat diketahui datang dari mana, kota apa, menggunakan browser apa, termasuk jenis perangkat, mobile atau komputer biasa dengan cara menggunakan tools.

Sebenarnya SEO tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang menggunakan internet sebagai lahan berbisnis atau tindakan promosi, namun juga para penulis Blog. Hanya saja tingkat ketergantungan dua pihak tersebut berbeda. Para pebisnis online jauh lebih tergantung pada SEO agar bisnisnya dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencan, omzet meningkat secara signifikan. Sementara penulis Blog membutuhkan SEO untuk melakukan promosi Website agar orang mengunjungi Blognya. Sangat sedikit keinginan yang bersifat komersil dari penulis Blog, kecuali mereka memahami teknik mendapatkan penghasilan dari Blog (monitizing), ahli optimasi, penyedia jasa SEO profesional sangat mahir melakukan ini.

Karena begitu pentingnya SEO dalam menunjang kehidupan sehari-hari masyarakat modern, maka mengetahui cara yang baik dalam menggunakan SEO menjadi hal yang penting. Cara yang pertama adalah dengan riset kata kunci. Mempelajari kata kunci dapat dilakukan dengan memanfaatkan google AdWords. Hal kedua yang dapat dilakukan dengan menggunakan domain yang berisi keyword atau kata kunci. Dengan menggunakan kata kunci untuk domain, teknik ini membutuhkan pemahaman yang dalam tentang Search Engine Optimization, bisa berhasil dan bisa sia-sia. Yang ketiga adalah menggunakan platform yang tepat. Platform yang pas akan membantu tampilan Website menjadi lebih baik dan disenangi situs pencari. Cara keempat adalah dengan menggunakan permalink yang berkualitas dengan tujuan, pranala (permalink) dapat mereferensikan ke tujuan akhir sebagai landing page. Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah mengenai konten yang ditampilkan dalam Website. Konten berkualitas akan membantu dalam melakukan optimasi.

Dari berbagai penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa SEO adalah hal yang sangat penting untuk dapat mendukung kegiatan berselancar di internet, mendatangkan kunjungan pada Website, mengalahkan situs sejenis untuk menempati halaman pertama pada posisi yang lebih baik dari 10 Web pada setiap halaman Google. Berguna baik untuk pebisnis online maupun pemakai situs penjelajah.
"The future of SEO is here: understanding and marketing to specific and defined audiences through search engines." ~ Adam Audette, Chief Knowledge Officer, RKG
SEO

Memahami Cara Kerja SEO
  • Title : Memahami Cara Kerja SEO
  • Posted by :
  • Date : 2:03 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Memahami Cara Kerja SEO Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top