728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Tips Blogging Agar Disenangi Search Engine

Artikel kali ini menyajikan catatan dengan tajuk Tips Blogging Agar Disenangi Search Engine, mengulas seberapa sering Blog harus di-update ggar baik untuk SEO (Search Engine Optimization) disenangi search engine. Bagi seorang Blogger pemula mungkin terkadang bertanya-tanya tentang “Seberapa sering saya harus menerbitkan artikel baru? Lalu apakah perlu menerbitkan konten setiap hari ataukah tiga hari sekali dan mana yang lebih baik buat SEO?”

Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai “Seberapa sering harus menerbitkan konten?” bahkan Goolge juga tidak memberlakukan aturan yang menyangkut hal ini. Namun yang perlu diperhatikan disini adalah Google dan mesin pencari lainnya sangat memperhatikan tentang kualitas sebuah konten agar hasil pencarian yang muncul bisa seakurat mungkin. Dan tingkat “seberapa seringnya” hanyalah salah satu faktor penentu. Untuk memandu Anda dalam memutuskan “Seberapa sering harus menerbitkan konten”  maka SEOTAMA Blog milik pakar SEO di Jakarta akan sedikit memberi petunjuk.

JENIS BLOG
Pertanyaan ini menjadi penting karena jenis Blog akan menentukan seberapa seringnya konten di update. Jika Blog Anda adalah Blog yang menyajikan berita atau artikel mengenai perkembangan teknologi, olah raga, politik dan sebagainya maka memang konten yang sering di update akan lebih baik. Dengan jenis Blog semacam itu maka tingkat “kesegaran” sebuah konten akan memicu pembaca untuk datang lagi ke Blog Anda. Pembaca tidak akan mudah bosan karena dia bisa berpindah dari satu artikel ke artikel terbaru lainnya.

Nah, lain halnya jika Blog Anda berjenis Blog yang mengacu pada tutorial, pengalaman hidup, hobby, dokumentasi dan sebagainya. Blog berjenis ini akan mengacu pada kualitas dari tiap konten bukan seberapa sering dia meng-update konten. “Blog saya adalah Blog berita, lalu apakah ada keuntungan dalam hal SEO jika saya meng-update artikel setiap hari ?” Jawabanya adalah “TIDAK” karena jenis Blog semacam ini biasanya tidak terlalu memerlukan mesin pencari untuk menggaet pembaca. Melakukan bologging semacam ini akan lebih tepat jika menjaring pembaca melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google+, Plurk atau lebih tepatnya seperti membentuk komunitas pembaca.

Google sendiri membutuhkan waktu untuk mengindeks dan meng-crawl Website. Jadi bayangkan jika Anda menerbitkan konten sehari 7 kali apakah semua konten tersebut akan terindeks Google pada saat itu juga? Tentu tidak bukan, kecuali situs berita besar kelas dunia, seperti CNN, BBC

Jika Anda masih belum puas dengan jawaban dari penulis maka Anda bisa melihat video yang diunggah oleh salah satu pegawai Google bernama Mat Cutts (Head of Google's webspam team) menanggapi dan memberikan tips blogging agar disenangi search engine soal “Menerbitkan konten baru”. Dalam video tersebut disebutkan bahwa Google lebih menyukai konten (artikel) yang segar. Blog yang bukan hanya bersifat berita tapi lebih suka dengan konten Blog yang kaya akan manfaat buat pembaca.



Yang dimaksud oleh  si Mat adalah Blog yang seperti tips, tutorial, share hobby, dokumentasi dan sejenisnya. Untuk Blog seperti ini memang idealnya di update secara rutin minimal seminggu sekali. Setelah membaca tulisan diatas mengenai seberapa sering Blog harus di update agar baik untuk SEO maka mulai sekarang Anda harus putuskan dan atur jadwal up-date konten secara rutin untuk semakin menyajikan konten yang berkualitas bagi pembaca.



Tips Blogging Agar Disenangi Search Engine
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Blogging Agar Disenangi Search Engine Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top