728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Tips Menjaga Rumah Dari Serangan Rayap

Proses pengendalian serangan rayap biasanya dilakukan setelah bangunan dibuat atau disebut metode pasca konstruksi, yang merupakan proses pengendalian dari serangan rayap pada bangunan yang sudah berdiri dengan jalan menginjeksikan obat pembasmi rayap ke dalam tanah. Sedangkan untuk material kayu yang berada didalam rumah yang telah terpasang dan furniture biasanya disemprot langsung dengan menggunakan obat pembasmi rayap. Berikut cara mudah untuk melindungi rumah dari serangan rayap, antara lain:

Membersihkan saluran air dan selokan
Rayap sangat menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya adalah selokan. Oleh karena itu bersihkan selalu selokan yang berada di depan atau samping rumah dan jaga supaya sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan rumah anda.

Mengurangi penggunaan kayu didalam rumah
Kayu merupakan makanan dari rayap, jadi usahakan ansa tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya anda taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Selain itu jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tetapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.

Menjaga kebersihan lubang ventilasi
Pastikan ventilasi udara di rumah anda bersih dari serpihan cat atau batu bata. Selain itu, beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi rumah dapat mengundang rayap untuk masuk ke dalam rumah anda.

Merawat setiap elemen kayu
Sebaiknya anda menggunakan kayu yang berkualitas bagus untuk balkon, tangga atau pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah akan memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawat setiap elemen kayu tersebut secara berkala, dengan cara membersihkannya secara teratur atau memulas ulang menggunakan vernish atau plitur.

Proteksi total seluruh bangunan rumah
Melakukan proteksi total pada rumah anda juga akan lebih menghemat biaya, daripada harus melakukan renovasi di kemudian hari. Proteksi total dengan melakukan treatment anti rayap secara menyeluruh baik untuk bangunan yang sudah jadi atau yang belum jadi. Cara tersebut akan membunuh rayap yang sudah ada di bawah bangunan, serta dapat menghambat kedatangannya dalam waktu yang lama.

Menghindari lahan bekas hutan atau kebun
Kebun atau hutan biasanya menyimpan sumber makanan bagi rayap tanah. Apabila anda harus mendirikan rumah di area tersebut, sebaiknya lakukan pencegahan dengan treatment anti rayap pra-konstruksi yang meliputi penyemprotan anti rayap pada permukaan tanah dan galian pondasi sebelum bangunan didirikan.

Itulah beberapa tips menjaga rumah dari serangan rayap. Ada baiknya anda melakukan pencegahan sebelum semuanya terjadi, sehingga rumah anda akan aman dari serangan rayap yang sangat merugikan.

Serangan Rayap


Tips Menjaga Rumah Dari Serangan Rayap
  • Title : Tips Menjaga Rumah Dari Serangan Rayap
  • Posted by :
  • Date : 7:30 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Menjaga Rumah Dari Serangan Rayap Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top