728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Ada Apa Dengan iPhone Dan Tanggal Ini?

Changed date brick the iPhone
Sebagian orang menganggap beberapa angka atau tanggal di bulan tertentu menyimpan arti tersendiri. Namun percayakan bahwa iPhone juga memiliki tanggal dan bulan tertentu yang bisa membuat perubahan pada perangkatnya?

Pengaturan tanggal pada iPhone memang terpasang otomatis, namun pengguna perangkat keras dari Apple ini bisa merubahnya secara manual. Tahukah Anda, bahwa tanggal 1 Januari 1970 adalah tanggal yang 'dikeramatkan' oleh iPhone? Anda bisa membuktikannya, namun ini sangat tidak disarankan.

Sejumlah pengguna menemukan bug ini. Mengubah pengaturan tanggal secara manual kembali ke tanggal 1 Januari 1970 bisa membuat iPhone Anda sangat tidak berguna. Tidak berguna? Ya, saat Anda memutuskan merubah pengaturan tanggal mundur ke 1 Januari 1970, secara langsung Anda membuat iPhone tidak bisa reboot dengan sempurna, tidak mati total namun juga tidak bisa digunakan lagi. Jika iPhone dimatikan dan dihidupkan kembali, hanya akan tampil layar putih dengan Apple logo. Hanya itu.

Dilansir dari telegraph.co.uk hari ini, seorang pengguna melaporkan bahwta tidak ada jalan lain untuk memperbaikinya selain membawa iPhone ke Apple Store. Karena memindai dan melakukan reboot dari iTunes pun percuma. @QSNorthamerica juga mengiyakan problem bug ini, "Jangan mengatur iPhone Anda kembali ke 1970. Itu akan membuatnya dalam masalah (tidak bisa dipakai lagi)."

Bug ini juga dites oleh pengguna lain dan mereka membenarkan adanya penolakan reboot setalah iPhone dimatikan. Sebagian kecil mengeluhkan iPhone benar-benar tidak bisa digunakan. Mereka yang melaporkan bug ini ke pihak Apple belum mendapatkan respon, namun seorang pengguna (dilansir dari 9to5Mac.com Jumat, 12/2/16) menyatakan bahwa bug ini akan hilang setelah iPhone dibiarkan selama 5 jam, atau mengganti kartu SIM dengan yang baru.

Pengamat menilai bahwa penolakan reboot atau reboot yang tidak sempurna terjadi karena iPhone mengalami error setelah diatur ke tanggal tersebut. Alasan ini diperkuat dengan pernyataan penguna yang juga mengalami hal yang sama setelah mengganti zona waktu dari Beijing ke zona waktu New York. Sebagian pengamat lain mengatakan bahwa iPhone pada dasarnya menggunakan zlna waktu GMT, sehingga mengaturnya kembali ke tanggal 1 Januari 1970 membuat jam internal iPhone dibawah nol.

Bug ini ditemukan pada perangkat berbasih iOS 8 keatas, termasuk iOS terbaru 9.3, dengan 64 bit processor - seperti halnya yang disematkan pada iPhone 5S, 6, 6S, dan 6 Plus. Kemudian juga pada iPad Air 2, Mini 3 dan 4, juga iPod Touch generasi ke-6. Selain yang disebutkan diatas - seperti pengguna prosesor 32-bit, belum ada pengguna yang mengeluhkan brick ini.

Bisa saja Anda membuktikan apakah benar merubah tanggal kembali ke 1 Januari 1970 bisa merusak dan mematikan iPhone Anda secara permanen, namun sekali lagi, ini tidak disarankan. Resiko tanggung pengguna. Youtuber Zach Starley dalam videonya Don't Set Your iPhone's Date To January 1, 1970  akan menjelaskan secara detail kebenaran bug dan brick ini. Dan Anda tidak akan berani mencobanya.
Ada Apa Dengan iPhone Dan Tanggal Ini?
  • Title : Ada Apa Dengan iPhone Dan Tanggal Ini?
  • Posted by :
  • Date : 9:45 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ada Apa Dengan iPhone Dan Tanggal Ini? Rating: 5 Reviewed By: Writer pas
Top