728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Gunakan Teknologi OLED, iPhone Terbaru Irit Baterai

image-iphone-LCD-replaced-by-OLEDSudah banyak bocoran yang berkembang di dunia maya tentang kehadiran iPhone terbaru yang diprediksi rilis tahun 2017. Mulai dari desain yang lebih lebar dan tipis, audio jack yang digantikan secondary speaker stereo, masuknya teknologi wireless charging dan wireless headphone, serta warna pilihan bodi iPhone yang semakin beragam.
 
Kali ini, dilansir dari Independent, Apple diberitakan akan menyematkan teknologi apik layar OLED untuk produk keluaran terbarunya. Perusahaan raksasa teknologi itu disebut-sebut beralih menggunakan display OLED atau Organic Light Emitting Diode agar menekan konsumsi baterai iPhone dengan tidak perlu menerangi bagian gelap atau hitam pada pikselnya. Artinya, hanya bagian piksel yang berwarna terang saja yang akan diterangi. Teknologi layar (display) OLED memang dirancang khusus tidak menerangi bagian hitam, alias bagian ini akan benar-benar gelap.
 
Lagi-lagi bekerja sama dengan Samsung Electronics dan LG Display, Apple diduga sudah menggelontorkan dana sebesar USD 12 milyar atau sekitar 158 milliar rupiah untuk penciptaan jenis layar OLED ini. Kedua pabrikan raksasa perangkat ponsel tersebut dikenal sebagai dalangnya produksi panel OLED fleksibel. Dengan layar OLED yang hanya menerangi bagian berwarna terang, otomatis perangkat tidak mengkonsumsi daya baterai yang besar. Hal ini sama saja dengan hemat baterai.
 
Rencananya, penggunaan display OLED akan disematkan pada iPhone 7S, bukan pada iPhone 7 – bocoran tentang desain dan layar iPhone 7 sudah keluar, yaitu menggunakan display super AMOLED.  Beberapa pengamat tekno lainnya berpendapat layar OLED akan digunakan pada iPhone 8 mendatang, alias terbitan tahun 2018. Sementara penggunaan layar panel buatan LG ini sudah berhasil dipasang pada Apple Watch, dan tinggal menunggu kehadirannya pada produk flagship Apple, iPhone terbaru.
 
Secara tak langsung, dengan ini Apple menegaskan bahwa pihaknya tidak lagi menggunakan teknologi layar panel AMOLED yang juga diproduksi oleh Samsung, juga menepis isu dan rumor tentang penggunaan Faxconn pada layar iPhone terbaru.
 
Spekulasi ini sesungguhnya sudah berkembang sejak akhir tahun lalu, seperti yang dikutip dari Reuters bahwa sumber Electronic Times menyebutkan Apple akan membawa teknologi berbeda dan disematkan di setiap produk keluaran teranyar, termasuk teknologi layar OLED selama 2 hingga 3 tahun kedepan. Tidak hanya iPhone, sematan layar panel canggih ini juga akan hadir pada iPad Air 4. Rupanya Apple sudah ‘bosan’ dengan LCD pada seri flagship sebelumnya.
 
Kerja sama yang dilakukan Apple dengan Samsung tidak hanya terjadi kali ini saja. Sebelumnya Apple mempercayakan pembuatan chipset Ax untuk perbekalan iPhone juga pada Samsung Electronics. Pada proyek layar OLED ini, Samsung telah mengkonfirmasi dana yang diinvestasikan sebesar USD 7,47 milyar untuk perlengkapan peralatan produksi layar panel tersebut. Sejauh ini, teknologi OLED sudah digunakan pada produk smartphone Samsung pada jajaran flagship Galaxy saja.
 
Memang hemat baterai, namun disisi lain penggunaan layar LCD cenderung lebih murah dan inilah alasan Apple bisa tetap menjaga margin keuntungan diatas rata-rata. Dan Apple belum memastikan apakah pihaknya akan menggunakan OLED pada iPhone 7S atau tetap mengandalkan layar LCD.
Gunakan Teknologi OLED, iPhone Terbaru Irit Baterai
  • Title : Gunakan Teknologi OLED, iPhone Terbaru Irit Baterai
  • Posted by :
  • Date : 1:48 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gunakan Teknologi OLED, iPhone Terbaru Irit Baterai Rating: 5 Reviewed By: Twisa Agin
Top