728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Kenali 8 Gejala Penyakit Jantung Ringan

Serangan jantung mendadak bisa mendatangi siapa saja dimana saja. Bila tidak ditangani dengan cepat, serangan jantung merupakan risiko yang mengancam nyawa. Hal yang perlu diperhatikan Anda sejak dini adalah sejumlah keluhan yang terjadi sebelum terjadinya serangan. Meskipun gejala penyakit jantung umumnya sangat ekstrim, ada juga gejala penyakit jantung ringan yang menjadi pertanda terjadinya masalah dengan jantung Anda seperti berikut, disajikan penulis dan sebagai agen asuransi dari AXA Mandiri untuk memperkenalkan asuransi kesehatan yang begitu penting.

1.    Pusing atau sakit kepala ringan
Timbulnya rasa sakit kepala atau pusing pada saat Anda terlalu lelah setelah berolahraga. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat dehidrasi atau saat Anda bangun dari posisi tidur terlalu cepat. Sakit kepala bisa juga disebabkan oleh penyumbatan dalam arteri yang mengurangi tekanan darah atau katup yang rusak sehingga tidak mampu menjaga tekanan darah.

2.    Kelelahan
Merasa kelelahan setelah beraktivitas berat merupakan hal yang wajar, akan tetapi jika Anda merasakan kelelahan ekstrem tanpa sebab yang jelas, itu bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada organ jantung. Tubuh Anda kemungkinkan besar kekurangan oksigen sehingga jantung bekerja lebih keras untuk memberikan oksigen ke seluruh tubuh.

3.    Sesak nafas
Apabila Anda mengalami sesak nafas sementara merasa tidak ada masalah dengan kondisi kesehatan, keluhan ini bisa menjadi tanda asma, anemia, infeksi, atau ada masalah dengan katup jantung atau kemampuan organ jantung untuk memompa darah. Rasa sesak nafas ini bisa juga muncul tiba-tiba meski Anda tidak sedang melakukan kegiatan.

4.    Cemas, berkeringat dan mual beriringan
Jika Anda tiba-tiba diserang rasa cemas, berkeringat, dan mual bisa jadi gejala penyakit jantung ringan yang umum. Bila keluhan sakit di awal diikuti dengan sesak napas, kelelahan, atau disertai nyeri, segeralah periksakan diri ke dokter. Jangan menunggu lama karena bisa sangat membahayakan jiwa Anda sendiri.

5.    Kaki bengkak
Kondisi kaki bengkak biasanya terjadi karena kehamilan, varises, atau berjalan terlalu jauh . Tetapi, kaki bengkak juga bisa menjadi tanda terjadinya kinerja jantung yang berat dan tidak efisien serta aliran darah tidak lancar. Oleh karena itu, jika Anda mengalami pembengkakan kaki dan bagian tubuh lainnya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan penyebab dan penanganannya.

6.    Terasa sakit ketika berjalan
Apabila pinggul dan kaki Anda kram otot ketika sedang naik tangga, berjalan, atau bergerak, sebaiknya beristirahatlah sejenak dan jangan mengangkat bahu. Hal ini bisa terjadi selain karena Anda kurang berolahraga, namun bisa juga sebagai tanda penyakit arteri perifer.

7.    Mendengar detak jantung sendiri
Adanya gejala penyakit jantung ringan jika Anda mendengar detak jantung sendiri dengan jelas ketika tidur di malam hari, sebaiknya jangan abaikan hal ini. Detak jantung yang berdebar kencang dan tidak teratur bisa menjadi tanda tekanan darah rendah, gula darah rendah, dehidrasi, anemia, dan masalah lainnya.

8.    Depresi
Depresi mungkin bukan tanda langsung dari masalah jantung, melainkan adanya gangguan mental. Namun yang harus Anda ingat bahwa mental sangat mempengaruhi fisik. Banyak studi telah menunjukkan bahwa  orang yang mengalami depresi memiliki risiko lebih besar mengalami gangguan jantung.

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan nomor satu di seluruh dunia. Sudah banyak korban yang berjatuhan akibat penyakit ini. Jadi jangan remehkan segala gejala penyakit jantung ringan sekalipun, segera periksakan kondisi jantung Anda untuk mendapatkan pertolongan medis.


Gejala Sakit Jantung


Kenali 8 Gejala Penyakit Jantung Ringan
  • Title : Kenali 8 Gejala Penyakit Jantung Ringan
  • Posted by :
  • Date : 7:48 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kenali 8 Gejala Penyakit Jantung Ringan Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top