728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Menjaga Kesehatan Prostat dengan Tepat

Bagi kaum pria, harap perhatikan masing-masing kesehatan prostat Anda. Prostat ialah kelenjar kecil terletak di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat persisnya berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu suatu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis. Prostat sendiri membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Saat terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.

Gangguan pada prostat pada umumnya terjadi ketika seorang pria telah berusia lanjut sekitar 50 tahun ke atas, oleh sebab itu masalah prostat sering disebut penyakit orang tua. Beberapa gangguan prostat yang banyak diderita kaum pria yaitu pembesaran prostat dan prostatitis. Disfungsi prostat yang tampak ringan, apabila tidak ditangani bisa menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya seperti kanker prostat. Kanker prostat banyak yang bersifat agresif dan mampu menyebar dengan cepat. Para ahli yakin bahwa gangguan prostat dapat dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan lebih sehat saat usia muda. Oleh karena itu, perlu perhatian khusus dalam menerapkan cara menjaga kesehatan prostat antara lain:

1.    Pola makan sehat
Anda disarankan untuk makan lebih banyak buah dan sayuran untuk memastikan tubuh mendapat pasokan antioksidan alami, vitamin, serta mineral. Jenis sayuran berbeda yang baik bagi kesehatan prostat pria di antaranya kubis, kecambah, brokoli, serta jenis sayuran lain. Anda perlu menghindari jenis makanan mengandung lemak jenuh serta banyak gula. Makanan dengan kandungan lemak tinggi meningkatkan kadar testosteron yang dapat menyebabkan pembesaran kelenjar prostat. Sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi 3 porsi sayuran per hari dapat menurunkan risiko kanker prostat hingga 45%.

2.    Olahraga
Olahraga secara rutin mampu mengurangi risiko fatal kanker prostat sebesar 41%. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan antara lain lari, berenang, bersepeda, tenis, dll. Selain itu ada satu olahraga khusus menjaga organ reproduksi, yaitu latihan kegel. Latihan ini merupakan senam pelatihan otot panggul bawah sebagai cara menjaga kesehatan prostat yang sudah umum. Latihan kegel baik untuk meningkatkan aliran darah di daerah prostat dan organ urogenital. Latihan kegel dilakukan dengan cara menarik atau mengencangkan semua otot di sekitar skrotum dan anus, tahan sebentar, kemudian lepaskan. Lakukan hingga 10 putaran latihan kegel dalam sehari, untuk memaksimalkan aliran darah ke jaringan prostat.

3.    Meningkatkan sumber tambahan makanan bergizi
Mineral penting yang ditemukan di dalam tanah atau selenium sangat diperlukan untuk menjaga prostat tetap sehat. Makanan yang mengandung selenium tinggi antara lain telur, kacang mete, biji wijen, bawang putih, rumput laut, tuna, kerang dan jenis seafood lain, serta hati dan ginjal sapi. Konsumsi seng (zinc) sebesar 15 mg per hari juga dapat membantu prostat untuk berfungsi secara sehat. Makanan sumber seng ialah biji labu, tiram, dan kacang-kacangan. Kurangi konsumsi minuman beralkohol, sebab alkohol dapat menetralisir seng (zinc) dan vitamin B6. Kedua zat ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan prostat.

4.    Berhubungan seks
Ternyata melakukan hubungan seks juga bisa salah satu cara menjaga kesehatan prostat. Studi tahun 2004 tertulis dalam Journal of American Medical Association bahwa pada 29.342 pria terdapat pria yang mengalami 21 kali atau lebih orgasme tiap bulan, populasi tersebut sekitar 30% lebih aman dari risiko penyakit kanker prosrat dibandingkan mereka yang orgasme 4-7 kali saja per bulan.

Menjaga kesehatan prostat sejak usia muda perlu dilakukan supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari. Melalui 4 cara tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir dengan berbagai penyakit kronis yang menghantui. Artikel menarik ini disajikan oleh seorang financial advisor dari AXA Mandiri untuk memperkenalkan program asuransi kesehatan yang tepat dari perusahaan yang kompeten bahkan pemimpin pada insdustri sejenis. Memberi solusi, perlindungan bagi para pemegang polis di Indonesia.

Pasien Prostat

Menjaga Kesehatan Prostat dengan Tepat
  • Title : Menjaga Kesehatan Prostat dengan Tepat
  • Posted by :
  • Date : 6:12 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menjaga Kesehatan Prostat dengan Tepat Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top