728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Bagi para blogger yang terbiasa dengan kegiatan SEO (Search Engine Optimization), biasanya mereka menulis artikel untuk konten blog jauh lebih lama dibandingkan para blogger yang tidak memahami dan tidak peduli SEO. Hal ini disebabkan karena mereka selalu memperhatikan banyak hal sebelum mempublikasikan artikelnya. Mereka ingin maksimal dalam menulis sehingga artikelnya berada pada artikel paling dicari di search engine. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan artikel agar lebih SEO friendly meurut paparan Master SEO Indonesia, Charlie M. Sianipar dari perusajaan penyedia jasa SEO Website di Jakarta, pemilik situs GALASEO dan DigiCampaign.

1. Buat Title dan Meta Description Artikel
Title atau judul artikel yang dibuat hendaknya berisi informasi mengenai konten artikel. Oleh sebab itu, sebaiknya buatlah judul yang deskripsif sehingga bisa mewakili konten artikel yang dibuat. Selain itu, di title tersebut harus terkandung kata kunci di dalamnya agar search engine mudah mengidentifikasinya. 

Meta description merupakan salah satu cara agar search engine lebih cepat mengenali topik artikel yang ditulis. Caranya yaitu tulislah selalu deskripsi artikel yang dibuat setiap kali membuat artikel di blog. Masukkanlah keyword dari artikel yang dibuat ke dalam 160 karakter karena biasanya mesin pencari seperti Google hanya membaca 160 karakter tersebut. Taktik ini sangat dikuasai dengan baik oleh perusahaan atau penyedia jasa SEO handal.

2. Membuat Link Ke Halaman Terkait
Untuk memaksimalkan artikel agar lebih SEO friendly, maka buatlah link ke halaman lain yang isinya berkaitan dengan artikel yang dibuat. Dengan demikian, link referensi tersebut akan membuat konten artikel Anda lebih lengkap.

3. Buatlah konten yang original dan berkualitas
Langkah selanjutnya cara membuat artikel SEO friendly adalah buatlah konten artikel yang original dan berkualitas sebab SEO akan sangat berkaitan dengan kualitas dan originalitas.

Artikel yang original bisa ditulis dengan menggunakan gaya bahasa sendiri. Jadi, walaupun topiknya sudah banyak ditulis dan dibahas oleh orang lain, dengan menggunakan gaya bahasa sendiri maka itu sudah termasuk original. Sedangkan konten artikel yang berkualitas berkaitan dengan manfaat yang diperoleh pembaca ketika membaca artikel tersebut. Jika pembaca mendapatkan manfaat dari informasi yang ditulis dalam artikel dan mereka menyukainya, maka sudah bisa dikatakan kalau konten artikel tersebut berkualitas.

4. Masukkan Gambar atau Video Yang Relevan
Untuk menarik perhatian pembaca agar membaca artikel yang ditulis, sebaiknya masukkan gambar yang relevan dan sesuai dengan artikel. Gambar yang dimasukkan tersebut bisa mewakili kata-kata dalam artikel. Berilah tag ALT (alternative) pada gambar dengan kata kunci yang sesuai dengan topik artikel. Hal ini dilakukan untuk optimasi gambar pada hasil pencarian di mesin pencari. Namun, lebih bagus lagi jika ada video yang relevan yang melengkapi artikel.

5. Masukkan Keywords Sewajarnya
Memasukan kata kunci atau keywords dalam sebuah konten artikel merupakan hal yang sangat penting untuk SEO. Akan tetapi, masukkanlah keywords sewajarnya saja mulai dari paragraph pertama hingga terakhir, serta keywords tersebut harus berkaitan dengan topik yang dibuat. Hindari memasukkan keywords terlalu banyak didalam konten karena hal itu akan dianggap sebagai kegiatan keywords stuffing atau SPAM.

6. Gunakan Tags Sewajarnya
Sama halnya dengan keywords, tags juga merupakan hal yang sangat penting untuk SEO. Tags pada konten berfungsi untuk menunjukkan topik konten yang dibuat. Namun, Anda perlu menghindari menggunakan tag yang tidak perlu dan terlalu banyak ke dalam konten karena konten akan terlihat tidak fokus dan seperti spammy.

Konten artikel akan terlihat lebih baik jika tags yang digunakan hanya maksimal lima tags saja, dan tags tersebut memang terkait dan berhubungan dengan konten artikel yang dibuat.

http://www.galaseo.com/seo-consulting/

Cara Membuat Artikel SEO Friendly
  • Title : Cara Membuat Artikel SEO Friendly
  • Posted by :
  • Date : 1:34 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membuat Artikel SEO Friendly Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top