728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Cara Menghindari Website Dari Negatif SEO

Perkembangan dunia digital masa kini membuat perubahan persepsi masyarakat sangat mudah dilakukan dalam waktu yang lebih cepat. Seperti misalnya pada saat kampanye Presiden Obama dan Presiden RI Jokowi, muncul sangat banyak yang disebut kampanye hitam (black campaign) serta kampanye negatif (negative campaign).  Bedanya, kampanye hitam menyerang lawan dengan isu yang berdasarkan fitnah untuk menjatuhkan kompetitor, sedangkan kampanye negatif digunakan untuk menyerang berdasarkan fakta agar merugikan kompetitor.

Kampanye dalam sebuah bisnis juga dikenal sangat bagus untuk mengundang persepsi dan opini publik, dalam hal ini adalah calon konsumen. Bisnis yang selalu diliputi dengan kompetisi menjadikan para pebisnis semakin kuat dengan strategi dan konsep bisnis yang lebih baik.
Konsep terbaik dan tercepat yang saat ini diperkirakan akan terus melesat adalah konsep pemasaran digital menggunakan media internet, search engine dan sosial media. Mulai dari kampanye, bisnis dan semua elemen yang membutuhkan masa dan konsumen dalam jumlah banyak menggunakan metode ini.

Secara spesifik, para pakar SEO selalu menghindari kampanye negatif atau yang kita kenal dengan istilah negatif SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya agar peringkat Website kompetitor semakin buruk di mesin pencari Google. Sebagai pelaku, anda wajib mempertahankan Website yang sedang ditangani dari serangan kompetitor yang tidak bertanggungjawab ini. Mereka melakukan teknik khusus agar Website anda jatuh.  Agar Website terhindar dari negatif SEO, sebaiknya ikuti beberapa langkah berikut ini :

1.    Lacak dan lindungi backlink yang anda bangun
Para pelaku negatif SEO biasanya membangun links pada situs yang bereputasi rendah atau link redirect yang tidak baik. Cobalah lacak dan lindungi agar backlink yang ada berasal dari situs berkualitas. Anda belacaknya menggunakan Opensiteexplorer.org dan Ahrefs.com atau situs MonitorBacklinks.com yang berbayar. Lalu jika sudah menemukan backlink yang tidak bagus, segera hubungi pemilik Website dan minta pengelola Website untuk melepasnya.

2.    Lakukan pengaturan email alert Webmaster Tools
Selalu pastikan anda segera mendapatkan kabar dari Google jika ternyata Website tidak terindeks, malware menyerang, koneksi server bermasalah dan persoalan lainnya.

3.    Tingkatkan keamanan dari serangan hacker dan malware
Mulailah dari penggunaan password yang unik pada login Website anda, memiliki anti virus pada hosting yang digunakan hingga penggunaan plugin seperti Google Authenticator untuk menjaga dari serangan hacker. Hal ini sangat penting karena defence lebih berharga dibandingkan fixed (perbaikan).

4.    Terapkan strategi SEO yang etis
Sebagian orang beranggapan bahwa membangun backlinks untuk SEO adalah seuatu tindakan spam yang negatif. Namun tidak demikian jika melakukan dengan cara etis. Yaitu dengan tidak membangun pada link yang terkena pinalty, membangun artikel berkualitas rendah, stuffing keyword dan melakukan link untuk blog network juga berbahaya untuk jangka panjang.

5.    Tidak mencari musuh di internet
Cobalah untuk berteman dengan siapapun dan jangan membuat onar dimanapun. Bisa jadi anda sendiri yang akan menjadi korban suatu saat nanti.

Menghindari negatif SEO bukan berarti anda curiga atau berfikir negatif karena ada pihak lain yang dirugikan. Tetapi justru sebaliknya, ini adalah sistem pertahanan agar Website anda bisa terjaga dengan baik dalam jangka panjang. Kelebihannya kita tidak perlu kehabisan banyak tenaga dan waktu untuk mengatasi Website yang down karena serangan pelaku negatif SEO.

Berbeda dengan hacker Website yang bisa langsung dikenali karena situs tidak bisa diakses, tapi serangan dari pelaku negatif SEO sulit ketahui dan biasanya baru sadar setelah jangka panjang. Website turun peringkat, trafik dan reputasi pun menurun.


Search Engine Optimization


Cara Menghindari Website Dari Negatif SEO
  • Title : Cara Menghindari Website Dari Negatif SEO
  • Posted by :
  • Date : 7:10 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menghindari Website Dari Negatif SEO Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top