728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Melestarikan Sejarah Dengan Mengunjungi Museum

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sejarah dan juga budayanya, namun sayangnya saat ini banyak masyarakat Indonesia sendiri lupa atau tidak tahu mengenai berbagai budaya dan juga sejarah yang ada di Indonesia. Hal ini menjadi keprihatinan tersendiri, jika masyarakatnya lupa akan sejarah dan tidak mengenal budaya negrinya sendiri, lalu bagaimana dengan kelanjutan dari kehidupan negara itu sendiri

Untuk mengatasi hal ini, cara yang paling efektif dalam mengajak masyarakat untuk mengenal budaya dan juga sejarah negaranya sendiri dengan ikut melestarikan museum. Museum merupakan sebuah tempat yang di dalamnya biasanya berisi banyak monument bersejarah terkait perjalanan sebuah bangsa, selain itu museum juga menyajikan berbagai ragam kebudayan asli Negara itu sendiri.



Kunjungi Berbagai Museum Di Berbagai Wilayah Indonesia

Untuk dapat terus melestarikan nilai budaya maupun sejarah bangsa Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Starbucks Indonesia melakukan kembali sebuah program “AYO KE MUSEUM”. Program ini sebenarnya telah diselenggarakan sejak tahun 2008, program ini sendiri mendapatkan sambutan hangat / positif dari seluruh masyarakat dan juga badan pemerintahan Indonesia.

Program yang satu ini memang dinilai merupakan sebuah program yang positif, semakin banyak dan sering masyarakat datang ke museum maka akan semakin besar/meningkat pengetahuannya mengenai budaya dan sejarah Indonesia. Program yang satu ini dapat berjalan dengan memberikan tiket masuk gratis (selama persediaan ada), yang dapat ditemukan di setiap gerai Starbuck yang telah tersebar di 11 kota (Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Semarang, Jakarta, Palembang, Jakarta, Solo, Makasar, dan Yogyakarta).

Program ini berlangsung di tahun 2015, sedangkan untuk tiketnya sendiri berlaku di 19 museum dimulai tanggal 6 Agustus sampai 19 Agustus di tahun 2015. Sayangnya di tahun 2016 ini yang bertepatan pada bulan Agustus, belum ada informasi resmi apakah program ini masih akan dijalankan oleh pihak Starbucks.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengunjungi berbagai museum di wilayah tersebut, guna manambah wawasan serta pengetahuan Anda mengenai sejarah. Berikut ini penulis lampirkan 19 daftar nama museum yang wajib dikunjungi, seperti:

Wilayah Jakarta
- Museum Basoeki Abdullah
- Museum Kebangkitan Nasional
- Museum Perumusan Naskah Proklamasi
- Museum Sumpah Pemuda

Wilayah Makasar
- Museum Kota Makasar
- Museum Negeri Provinsi Sulawesi Selatan, La Galigo

Wilayah Surabaya
- Museum Majapahit di Trowulan
- Museum Negeri Propinsi Jawa Timuer “Mpu Tantular”

Wilayah Yogyakarta
- Museum Ullen Sentalu
- Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Wilayah Medan
- Museum Negeri Propinsi Sumatra Utara
- Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Wilayah Bogor
- Museum Balai Kartini

Wilayah Bandung
- Museum Konferensi Asia Afrika

Wilayah Semarang
- Museum Negeri Propinsi Jawa Tengah Ronggowarsito

Wilayah Solo
- Museum Manusia Purba Sangiran

Wilayah Bali
- Museum Negeri Propinsi Bali

Wilayah Palembang
- Museum Sultan Mahmud Badarudin II

Meskipun tidak mendapatkan tiket gratis, namun jika Anda memiliki keinginan yang kuat dan rasa nasionalisme yang tinggi, atau karena memang ingin menambah wawasan serta pengetahuan mengenai budaya Indonesia dari berbagai wilayah tentunya tidak akan melewatkan daftar museum tersebut.

Selain daftar museum di atas, tentunya di wilayah lainnya masih banyak daftar museum yang dapat dikunjungi sebagai tambahan untuk pengetahuan mengenai sejarah dan budaya dan tujuan wisata di msang-masing wilayah Indonesia. Perlu diketahui, tiket masuk untuk masuk ke museum sebenarnya terbilang murah meriah. Jadi meski tidak mendaptkan tiket gratis, sebenarnya mengunjungi museum tidak menghabiskan dana dan malah mendapat pengetahuan yang banyak.
Melestarikan Sejarah Dengan Mengunjungi Museum
  • Title : Melestarikan Sejarah Dengan Mengunjungi Museum
  • Posted by :
  • Date : 5:06 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Melestarikan Sejarah Dengan Mengunjungi Museum Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top