728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Tips Menghindari Penyakit di Musim Hujan

Indonesia merupakan Negara tropis yang mana terdiri dari dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Pada musim hujan, biasanya cuaca pada musim ini menjadi penyebab banyak orang yang mengalami sakit. Oleh karenanya, menjaga kesehatan selama musim hujan ini adalah hal yang wajib agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari. Untuk mencegah penyakit di musim hujan, 7 hal berikut ini perlu dilakukan.



7 Hal Mencegah Penyakit di Musim Hujan

Siapkan peralatan/aksesoris hujan
Cara paling efektif agar tidak terkena penyakit selama musim hujan dengan menggunakan perlengkapan hujan. Biasanya komponen utamanya yakni mantel, paying, jaket bertudung atau mantel hujan, dan juga sepatu tahan air. Jika satu set perlengkapan ini dimiliki, kemungkinan besar Anda tidak akan terserang penyakit di musim hujan.

Mengkonsumsi vitamin C
Agar daya tahan tubuh semakin baik, konsumsilah vitamin C secara rutin. Mengkonsumsi vitamin C dilakukan guna menguatkan daya tahan tubuh, meski ada perdebatan mengenai kebenaran dalam mengurangi keparahan dari gejala dingin. Vitamin C dapat dikonsumsi dari berbagai jenis buah-buahan, bila diperlukan vitamin C dalam bentuk obat juga bisa dikonsumsi dengan dosis yang wajar.

Kurangi/hilangkan kebiasaan merokok
Merokok merupakan kegiatan yang paling digemari oleh kaum pria, namun ada beberapa kaum wanita yang juga mengkonsumsi rokok. Alasannya, merokok dapat membantu menghilangkan rasa dingin. Padahal, merokok hanya membawa keringanan sementara saja dan juga akan membuat sistem pernafasan seseorang melemah.

Mandi setelah kehujanan
Jika terlanjur basah karena hujan yang datang secara tiba-tiba, sebaiknya Anda mandi setelah kehujanan. Hal ini bukan mengada-ada, karena penyakit berkembang dalam tubuh disebabkan kondisi tubuh mengalami perubahan secara drastis (suhu tubuh). Dengan mandi, maka hal tersebut dapat menstabilkan suhu tubuh yang dingin yang dibawa oleh tetesan hujan. Setelah itu, tubuh memberlakukan kembali perubahan tersebut secara bertahap ke suhu normal ketika Anda mengeringkan tubuh.

Cari tempat berteduh
Ketika tiba-tiba datang hujan, hal ini tentunya mengejutkan sebagian besar orang terutama bagi mereka yang tidak siap. Setiap orang akan langsung berlari menuju tempat teduh terdekat untuk berlindung, baik itu di bawah pohon, warung, toko, atau lainnya. Dalam kasus ini, sebaiknya Anda lebih selektif dengan menuju langsung ke toko, hal ini dikarenakan tempat tersebut memiliki perlengkapan hujan dan juga obat untuk pilek dan flu.

Gejala keluar keringat
Jika tubuh terasa melemah dan pikiran mulai berkabut, hal ini menandakan gejala flu sebelum berkembang. Gejala seperti ini kemudian berkembang menjadi demam, namun gejala tersebut dapat diatasi melalui keringat. Untuk mengeluarkan keringat, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga. Lakukan kegiatan jogging di daerah sekitar rumah, atau bisa berolahraga ringan di dalam rumah.

Sup panas
Dengan mengkonsumsi semangkuk sup panas sehat selama musim hujan, akan membantu suhu tubuh menjadi lebih hangat. Hal ini akan memubuat tubuh lebih tahan terhadap hujan dan udara dingin selama musim panas. Bagi orang yang terlanjur kehujanan, mengkonsumsi sup panas akan membantu secara instan. Sebab rasa hangat pada sup akan membantu membersihkan dahak dalam rongga hidung dan tenggorokan, selain itu juga membersihka tubuh dengan membawa bakteri dan produk sisa.

Artikel mengenai 7 tips menghindari penyakit di musim hujan dapat diterapkan guna mempertahankan kesehatan Anda, dengan melakukan kegiatan di atas tentunya penyakit yang sering timbul saat musim hujan bisa diminimalisir.
Tips Menghindari Penyakit di Musim Hujan
  • Title : Tips Menghindari Penyakit di Musim Hujan
  • Posted by :
  • Date : 9:38 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Menghindari Penyakit di Musim Hujan Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top