728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

10 Wisata Kuliner Khas Indonesia

Indonesia merupakan Negara dengan banyak daerah di dalamnya, masing-masing daerah memiliki kekayaan budaya dan juga kulinernya tersendiri. Di setiap wilayah, kita akan menemukan beragam kuliner yang tentunya sesuai dengan selera orang Indonesia. Mulai dari makanan berat tradisional sampai pada makanan ringan. Berikut ini setidaknya ada 10 kuliner khas Indonesia yang dapat dinikmati di berbagai wilayah.


10 Kuliner Khas Indonesia


Mie Kocok Bandung
Meski makanan pokok orang Indonesia umumnya adalah nasi, namun ada sebagian masyarakat yang sangat gemar makan mie. Oleh karenanya, tidak mengherankan kalau mie merupakan salah satu produk yang banyak terjual di Indonesia. Jenis olahan mie sangat beragam, salah satunya yang populer di masyarakat adalah mie kocok.

Mie kocok merupakan salah satu makanan khas Bandung, komposisinya sendiri cukup berat dan seringkali dijadikan sebagai menu utama.

Kerak Telor khas Betawi
Semua orang tentunya mengenal betul dengan kerak telor, salah satu jenis makanan ringan yang asli berasal dari Betawi atau daerah Jakarta. Bahan-bahan makanan yang satu ini adalah ketan putih, telur ayam, ebi, bawang merah goreng, kelapa sangrai, cabai merah, merica, jahe, kencur, dula, dan garam. Rasa masakan ini sangat khas, Anda akan ketagihan setelah mencoba sekali menu masakan yang satu ini. Bila ingin memilih restoran di Jakarta silahkan meluncur pada situs ini.

Gudeg Khas Yogyakarta
Makanan yang murah dan juga bernutrisi ini dapat ditemukan di sejumlah wilayah di Indonesia saja, meskipun Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta. Bahan pembuatan menu makanan ini adalah nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan, kemudian ditambah dengan bumbu kluwek. Rasanya sendiri sangat nikmat dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Salah satu tempat terkenal di sana adalah gudeg Yu Djum, lokasinya dekat UGM, hanya selangkah dari apartemen yang satu ini Uttara The Icon, hunian vertikal terbaru di Yogyakarta..

Rendang khas Padang
Padang merupakan salah satu wilayah Indonesia yang terkenal dengan rumah makan Padangnya, selain menu makanan khas yang disajikannya adalah rendang. Rendang merupakan olahan daging sapi yang dibumbui dengan rempah dan memiliki rasa yang nikmat, banyak orang menyukai jenis masakan yang satu ini.

Pempek Khas Palembang
Salah satu makanan tradisional yang berasal dari Sumatera Barat ini memang bayak digemari oleh masyarakat, baik muda maupun tua. Bahan utama pembuatannya sendiri adalah ikan dan tepung sagu, biasanya disajikan dengan saus asam pedas yang gurih dan nikmat.

Lumpia khas Semarang
Makanan sejenis rollade yang diisi rebung, daging ayam atau udang, dan telur ini memang memiliki perpaduan rasa yang amat nikmat. Menu, jajanan makanan kuliner ini biasanya disajikan sebagai menu cemilan berat.

Rawon khas Jawa Timur
Menu makanan serupa dengan sup ini sanat terkenal di masyarakat, rasanya sangat nikmat dan pas disajikan sebagai menu makanan utama di rumah. Daging rawonnya sendiri biasanya berupa daging sapi dengan potongan kecil-kecil. 

Sate khas Madura
Ada banyak jenis sate di Indonesia, salah satunya adalah sate Madura. Bahan utamanya sendiri adalah daging ayam, olahan makanan yang satu ini menjadi favorit setiap orang karena memiliki rasa yang khas dan nikmat

Papeda khas Maluku dan Papua
Mungkin nama makanan tradisional yang satu ini jarang didengar oleh masyarakat, meski begitu makanan yang satu ini hampir tersedia di semua tempat di wilayah Maluku dan juga Papua. Bahan utamanya adalah tepung sagu, yang diambil dari menokok batang sagu.

Bika Ambon 
Sejenis cake ala Indonesia yang sangat terkenal akan kelezatannya, terbuat dari bahan telur, santan, dan gula. Ada banyak varian rasa yang dapat dinikmati, namun kebanyakan untuk produk yang dijual memiliki rasa pandan.

10 Wisata Kuliner Khas Indonesia
  • Title : 10 Wisata Kuliner Khas Indonesia
  • Posted by :
  • Date : 10:24 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 10 Wisata Kuliner Khas Indonesia Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top