728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Spesifikasi Samsung UFS Pengganti MicroSD

Berkembangnya zaman membuat berbagai teknologi semakin berkembang dengan pesatnya. Salah satu perkembangan juga terjadi pada memory eksternal yang sering digunakan untuk Gadget atau smartphone. Meskipun saat ini juga sudah ada banyak smartphone flagship yang sudah tidak menggunakan lagi memory eksternal dikarenakan memiliki memori internal yang sudah cukup tinggi sehingga tak perlu lagi membutuhkan memory tambahan.

Namun tentu saja memory eksternal seperti MicroSD tetap dibutuhkan untuk dipergunakan pada smartphone yang memiliki memori internal yang kurang mumpuni. Saat ini ada satu variasi baru yang baru saja dikeluarkan oleh Samsung yaitu UFS atau memiliki nama lain yaitu Universal Flash Storage. UFS yang dikeluarkan oleh Samsung ini menjadi UFS pertama di dunia yang memiliki berbagai spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan microSD.



Berikut Spesifikasi UFS


Kecepatan UFS
Salah satu spesifikasi dari UFS yang membuatnya menjadi unggul jika dibandingkan dengan memory external seperti microSD adalah kecepatan dari memory yang satu ini. Jika pada sebuah microSD baik itu dengan jenis UHS-I atuapun UHS-II rata-rata hanya memiliki kecepatan 90 MB/s hingga 156 MB/s sedangkan untuk spesifikasi UFS sendiri bisa mencapai kecepatan hingga 170 MB/s dan 530 MB/s.

Perbedaan dari segi kecepatan ini tentu akan membuat kualitas dari smartphone juga berbeda. Jika hanya dengan menggunakan microSD saja akan mengalami masalah pada saat pemakaiannya dimana jika diguankan untuk merekam video ataupun digunakan untuk memotret akan mengalami kelambatan dan kesulitan dalam penggunaannya. Bahkan dengan video ukuran 1.080p dan kamera 16MP saja sudah sangat keberatan.

Daya Tahan Baterai
MicroSD menjadi salah satu aksesoris yang disematkan pada ponsel dimana juga bisa menyita penggunaan baterai. Pada microSD saja bisa menyita baterai penggunaan pada smartphone hingga 2,9 watt saat digunakan dan dioperasikan. Sedangkan jika menggunakan UFS bisa didapat dengan daya yang lebih hemat karena UFS hanya menggunakan 1,5 Watt saja saat digunakan.

Bahkan, meskipun digunakan untuk menyimpan berbagai file pribadi anda seperti music, foto, video dan juga aplikasi maupun game, UFS bisa digunakan dengan menghemat daya bahkan hingga mencapai 50 persen. Hal ini tentu saja menjadi salah satu kelebihan dimana anda tetap bisa menyimpan banyak file namun tidak akan mengganggu kestabilan dari ponsel anda terutama dari segi baterai yang ditanamkan didalamnya.

Tanggal Rilis
UFS yang dikeluarkan oleh Samsung ini memiliki beberapa varian yang bisa anda pilih menjadi memory eksternal yang cocok dengan kebutuhan anda. Mulai dari ukuran 32GB, 64GB, 128GB dan bahkan tersedia dengan ukuran 256GB. Ukuran ini tentu akan sangat memuaskan anda untuk bisa menanamkan berbagai file pribadi anda dengan ukuran yang luas dan tidak akan mempengaruhi performa dari ponsel anda.

Namun, bagi anda yang ingin segera untuk mendapatkan memori ini untuk ponsel anda, tetapi anda harus sedikit bersabar karena memory eksternal yang pintar ini belum bisa didapatkan tahun ini. Melainkan pengguna harus bersabar dan menunggu dengan batas waktu paling cepat bisa didapatkan tahun depan namun paling banyak yang memprediksi jika UFS ini akan dirilis pada tahun 2018.

Dengan penggunaan dan juga pemakaian secara massal yang kemungkinan baru akan didapatkan pada tahun 2018 juga berpengaruh dengan harga yang ditawarkan oleh UFS ini. Pihak Samsung sendiri belum memastikan berapa kisaran harga untuk memori yang satu ini, sehingga anda harus sedikit bersabar untuk mendapatkan memori eksternal ini.

Spesifikasi Samsung UFS Pengganti MicroSD
  • Title : Spesifikasi Samsung UFS Pengganti MicroSD
  • Posted by :
  • Date : 10:01 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Spesifikasi Samsung UFS Pengganti MicroSD Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top