728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

5 Cara Mengetahui Penyebab Smartphone Mati Total dan Solusinya

Semua barang atau produk pasti bisa mengalami kerusakan, terutama untuk produk gadget  seperti smartphone kita, kerusakan bisa di sebabkan karena kesalahan pabrik seperti yang terjadi di kasusnya di iPhone Note 7 yang sempat di tarik dari pasaran karena meledaknya baterai. Penyebab juga bisa karena kesalahan pengguna  seperti jatuh, kena air, atau memang sudah terlalu lama dalam pemakaian.



Untuk anda yang memiliki smartphone android, sering terjadi mati secara tiba-tiba padahal isi baterai kasih banyak, jangan panik dahulu banyak sebab yang terjadi di smartphone yang hang atau mati secara seketika. Lakukan beberapa hal di bawah ini untuk memastikan kondisi smartphone sebenarnya sehingga bisa di tindak lanjuti selanjutnya.

Cara Mengatasi Smartphone Yang Mati Secara Tiba-Tiba


Coba lakukan charge pada smartphone
Bisa kemungkinan karena kehabisan baterai yang tidak anda ketahui, baterai smartphone memang saat ini jauh lebih boros karena semakin canggih suatu gadget kebutuhan yang di gunakan di dalamnya semakin banyak sehingga daya yang di perlukan juga banyak.

Lakukan charge terlebih dahulu untuk mengetahui apakah salah satu penyebabnya karena baterainya yang sudah habis, jika tidak bisa menyala setelah charge  20- 30 menit, anda bisa lakukan cara lainnya di bawah ini.

Copot baterai dari smartphone
Jika bukan karena baterai yang lowbat, maka coba lepas baterai dari smartphone anda, bisa saja karena proses booting yang besar atau karena bootloop. Hal ini bisa menjadi solusi selanjutnya jika smartphone anda mengalami booting karena hanya dengan mematikan salah satu daya melalui  baterainya agar proses segera selesai.

Layar smartphone terlihat hitam total
Untuk anda yang biasa mengantongi smartphone atau sering menaruh sembarangan ketika tidur sehingga smartphone tertindih badan kita, hal ini ketika didapati layar mati dan di hidupkan bergetar namun layar masih hitam saja.

Ini bisa karena rusaknya layar yang kena beban tidak sebagaimana mestinya, solusinya bisa bawa ke tempat service smartphone. Untuk mencegahnya anda bisa menaruh di tempat yang aman, selain itu juga bisa menghindari dari radiasi smartphone.

Lakukan factory reset dari recovery mode smartphone
Jika smartphone anda sering mengalami mati dan hidup selalu setiap harinya, bisa jadi penyebabnya karena di perangkat lunaknya. Untuk mengatasi hal ini anda bisa lakukan factory reset melalui recovery mode. Namun pastikan sebelumnya agar untuk memindahkan data yang ada di dalamnya karena proses ini akan mengapus semua data yang ada dalam smartphone anda.

Cara lakukan restart pada smartphone anda dengan volume atas + volume bawah + tombol power, namun hal ini tergantung pada seri smartphone yang anda gunakan karena memiliki cara yang berbeda. Jika sudah masuk ke factory reset pilih lanjut ke recovery mode dengan tombol volume yang biasa digunakan di rata-rata smartphone saat ini.

Smartphone anda rusak total
Jika cara-cara diatas tidak mampu menghidupkan smartphone anda, maka sudah dipastikan kerusakan berada pada hardwarenya yang mengaruskan anda melakukan garansi ke dealer resminya jika masih ada garansi resminya, atau bisa menggantinya dengan yang baru / bekas.

Selamat mencoba semoga bermanfaat, jaga smartphone anda dengan baik dan gunakan dengan wajar penggunaan, pencegaan lebih baik daripada mengobati. Sebagus dan secanggih apapun smartphone yang anda miliki tidak akan bisa bertahan selama umur anda, karena ini produk buatan manusia yang memiliki banyak kelemahan di dalamnya.

5 Cara Mengetahui Penyebab Smartphone Mati Total dan Solusinya
  • Title : 5 Cara Mengetahui Penyebab Smartphone Mati Total dan Solusinya
  • Posted by :
  • Date : 8:00 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Cara Mengetahui Penyebab Smartphone Mati Total dan Solusinya Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top