728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Cara Memulai Bisnis dari Awal dan Tanpa Pengalaman

Banyak yang ingin memulai sebuah usaha namun biangung mau mulai dari mana dan minimnya modal, ini hanyalah alasan klasik yang sudah menjamur di kalangan masyarakat di luaran sana. Coba anda berfikir sejenak, apakah semua pelaku usaha yng sukses sering memikirkan hal yang belum mereka jalani? Coba tanyakan orang disekitar anda yang sudah sukses dalam bidang usahanya masing-masing.



Pastilah mereka jawab ‘tidak’, logikanya bagaimana kita tau bisnis yang akan kita jalankan sukses atau tidak jika memulainya saja belum, tidak sedikit juga mayoritas para pelaku usaha malas untuk ber inovasi, hanya meniru bidang usaha yang sudah ada. 

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menentukan sebuah ide bisnis yang baik


Belajarlah menjadi solusi dalam setiap keluhan yang ada
Jack ma, Founder dan ceo alibaba, salah satu pelaku bisnis sukses di China, pernah mengatakan, ‘orang sukses akan selalu berfikir pada setiap keluhan yang orang keluhkan pada setiap masalah yang ia hadapi, ketika anda mengerti dan bisa menyelesaikan setiap masalah mereka yang ada, maka anda akan sukses’.

Apa yang bisa kita pelajari dari perkataan Jack ma? Bahwa kita harus belajar sensitif terhadap lingkungan, mencari solusi untuk setiap masalah. Ketika anda membantu dan bermanfaat maka timbal baliknya akan lebih besar dari apa yang kita berikan / keluarkan.

Berikan sesuatu yang unik dan berbeda dengan lainnya
Jika anda bergerak dalam bidang kuliner, ketika banyaknya warung makan dan restoran yang sudah menjamur, coba pikirkan sesuatu yang mungkin lebih bisa membantu semua pelaku usaha tersebut, misal menjadi pemasok bahan baku restoran, jasa antar jemput makanannya dll.

Membuka ide bisnis dengan Inovatif
Cobalah untuk memberikan atau memulai sebuah usaha, entah itu berupa produk atau jasa yang belum pernah kebanyakan orang lakukan, hal ini bisa anda lakukan dengan melakukan riset market / pasar, calon konsumen, marketing yang tepat.

Lakukan riset produk atau jasa melalui internet
Manfaatkan perkembangan teknologi ini untuk membuka pikiran anda dan menciptakan peluang bisnis yang bagus, serch di pencarian google atau mesin pencari lainnya untuk mengetahui pasar yang bagus untuk ide binsis yang ingin dikembangkan.

Lihat amati dan tiru pelaku bisnis lainnya
Untuk pengembangan ide bisnis selanjutnya, anda bisa mengamati para pelaku bisnis yang sudah jalan sebelumnya, dari sistem marketingnya, pelayanan, dan lain sebagainya. Namun ingat, jangan meniru 100%. Hal ini tidak akan membuat pola pikir berkembangan dan pengembangan usaha pun akan tidak baik. Karena nanti hanya fokus dengan apa yang ditiru dan semua apa yang di kembangan si pelaku usaha.

Belajar dari kegagalan orang lain
Hal ini penting, siaplah untuk gagal dan rugi setiap melakukan dan mengawali sebuah bisnis. Karena semua butuh proses tidak ada yang instan, bisnis yang baik adalah yang belajar dari kegagalan bukan yang berjalan tanpa gagal.

Ini merupakan proses alami, yang menjadikan anda sebagai pelaku usaha untuk bisa berkembang, dan siap menelurkan ide bisnis dengan inovasi yang lebih baik dan menghasilkan karya terbaik dan siap bersaing. Jangan ulang kegagalan orang lain pada diri anda, namun jadikan kegagalan orang lain menjadi ilmu gratis yang bisa dijadikan motivasi diri.

Demikian cara untuk mengembangkan ide bisnis bagi anda, memulai sebuah bisnis perlu sebuah perencanaan, namun jangan terlalu banyak berfikir sehingga bisnis tidak berjalan dengan lancar. Tentukan tujuan ketika membangun sebuah bisnis dan siapkan mental untuk sebuah kesuksessan yang tertunda.

Cara Memulai Bisnis dari Awal dan Tanpa Pengalaman
  • Title : Cara Memulai Bisnis dari Awal dan Tanpa Pengalaman
  • Posted by :
  • Date : 4:53 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memulai Bisnis dari Awal dan Tanpa Pengalaman Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top