728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Tips Memotret Milkey Way Buat Anda Yang Baru di Dunia Photography

Jika anda traveling ke sebuah tempat yang berada jauh dari perkotaan kemudian melihat langit di malam hari dengan bintang yang disertai dengan kabut tipis itulah yang dinamakan dengan milkey way atau dalam bahasa indonesia adalah bima sakti.

Pasti sudah beberapa kali anda melihat foto dengan latar belakang gugusan bintang yagn terlihat terang di malam hari. Gambar tersebut merupakan hasil foto asli dengan sedikit olahan digital sehingga bintang-bintang tampak lebih terang dari kenyataannya. Dengan teknologi yang semakin canggih, kamera kini semakin peka terhadap cahaya minim sehingga anda bisa dengan mudah memotret bintang-bintang dengan cahayanya ke dalam frame foto. Hal ini tentu merupakan kemajuan yang sangat pesat di dunia photography.


Berikut beberapa teknik untuk mendapatkan foto milkey way yang menarik


Gunakan Aplikasi Stelarium Untuk Memperdiksi Dimana Milkey Way Berada

Karena cahaya matahari jauh lebih kuat anda hanya bisa memotret milkey way pada malam hari. Keadaan sinar bulan sangat mempengaruhi keterlihatan milkey way, carilah fase bulan mati sehingga sepanjang malam tidak akan tampak cahaya bulan. Ini akan memudahkan anda untuk melihat milkey way dengan jelas. 

Selanjutnya ketahui kapan milkey way akan muncul, arah gerakkannya dari timur ke barat dengan selatan sebagai porosnya. Bisa juga menggunakan aplikasi stelarium untuk mempermudah memprediksi dimana letak milkey way.

Cari Lokasi Yang Berada Jauh Dari Polusi Cahaya

Syarat agar anda bisa menjumpai milky way adalah keberadaan daerah pemotretan harus berada jauh dari pengaruh polusi cahaya seperti perkotaan. Contohnya saja gunung, pantai yang menghadap lautan lepas atau desa terpencil yang jauh dari perkotaan. Menggunakan lensa dengan kamera tertentu sangat dianjurkan seperti kamera yang dilengkapi dengan kemampuan ISO tinggi ataupun lensa bukaan lebar. Jika anda memotret jauh dari polusi cahaya ini akan sangat ideal.

Peralatan Yang Diperlukan Saat Hendak Memotret Milkey Way

Baik kamera DSLR, Mirrorless ataupun Smartphone bisa dipergunakan untuk memotret milkey way. Yang paling penting adalah pengaturan saat pengambilan gambar secara manual untuk segitiga exposure. Smartphone seperti OnePlus One bisa dipergunakan untuk memotret milkey way.

Karena keadaan langit yang gelap dimalam hari, hampir mustahil untuk mengambil titik focus yang tepat. Gunakan lensa manual agar anda bisa memutar ring fokus sampai penuh lalu memutar kembali ke arah yang berlawanan. Agar gerakan tangan tetap bebes gunakan headlamp. Gunakan juga tripod agar kamera tetap berada pada posisi yang stabil.

Pahami Segitiga Expure dan Atur Kamera

Pahami terlebih dahulu segitiga expure. Untuk mendapatkan foto milkey way memerlukan waktu yang lumayan lama agar obyek yang berada dalam cahaya minim namun noise masih tolerir. Gunakan mode manual mode, selanjutnya pilih shutter speed yang panjang, ISO ideal dan aperture lebar.

Setelah mencari komposisi yang tepat dengan melakukan observasi lokasi, selanjutnya adalah tahapan eksekusi. Gunakan timer 2 detik saja dan kamera dilengkapi shutter release maka manfaatkanlah, cara ini digunakan untuk meminimalisir goncangan.

Pengolahan Hasil Foto Agar Milkey Way Tampak Lebih Terang

Setelah memotret milkey way selanjutnya adalah mengolah hasil foto agar milkey way tampak lebih terang dan jelas. Pada tahap ini kurangi noise, manfaatkan adobe lightroom ataupun adobe photoshop. 

Untuk hasil milkey way yang lebih maksimal gunakan kamera rull frame sepreti canon 5D series, Nikon D810 atau Sony A7series.

Tips Memotret Milkey Way Buat Anda Yang Baru di Dunia Photography
  • Title : Tips Memotret Milkey Way Buat Anda Yang Baru di Dunia Photography
  • Posted by :
  • Date : 11:16 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Memotret Milkey Way Buat Anda Yang Baru di Dunia Photography Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top