728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Tips Mendapatkan Foto Street Photography Terbaik

Street photography atau foto jalanan menjadi salah satu aliran photography yang sangat menarik. Satu jenis photography ini mampu menghasilkan jepretan yang mampu menceritakan setiap hal yang anda temui dan terjadi dilingkungan anda. Bahkan, ada juga yang mengatakan jika satu aliran ini membantu anda untuk semakin meningkatkan kemampuan anda dalam photography.

Biasanya memang untuk salah satu genre di photography ini lebih mendapatkan foto dengan cara candid atau tidak terlihat dan tanpa seizing dari subjek foto. Namun tetap saja, meskipun candid harus memperhatikan berbagai hal supaya foto bisa menghasilkan hasil jepretan yang bercerita dan lebih bermakna. Dengan melakukan beberapa tips anda akan mendapatkan hasil jepretan terbaik untuk anda.


Tips Street Photography Untuk Foto Terbaik


Menyatu Dengan Lingkungan

Hal yang paling penting untuk diperhatikan jika ingin mendapatkan hasil jepretan Street photography yang bernyawa adalah dengan menyatu dengan lingkungan. Jangan terlihat kaku dan berusaha untuk selalu peka dengan lingkungan sekitar. Ada banyak sekali subjek yang akan menjadi subyek terbaik untuk anda gunakan. Dengan menyatu dan peka, anda bisa mengamati dan langsung mendapatkan konsep terbaik.

Berbaur dengan lingkungan dan tidak terlalu mencolok juga menjadi hal yang sangat penting jika anda menginginkan hasil terbaik untuk Street photography anda. Dengan tampilan yang natural dan sederhana akan membuat lingkungan sekitar tidak terganggu dan membuat subjek yang anda bidik tidak merasa risih ketika anda mengerahkan kamera anda.

Lebih baik ketika anda mencari foto jalanan, anda bisa menggantungkan kamera pada leher. Selain anda bisa menjangkaunya dengan cepat, anda juga bisa lebih menunjukan ke orang lain jika anda berada ditempat tersebut untuk mengambil gambar. Dengan cara ini tentunya akan semakin membuat anda bisa lebih berbaur dan membuat orang sekitar menjadi lebih terbiasa.

Pengaturan Kamera

Selain dari diri anda, kamera juga menjadi penentu untuk mendapatkan hasil jepretan yang terbaik. Pengaturan pada kamera harus anda buat secepat mungkin demi mendapatkan pencahayaan dan juga angle yang tepat pada subjek ataupun objek yang akan anda ambil. Anda bisa membuat mode pada kamera anda pada posisi Aperture Priority atau Shutter Priority demi jepretan yang terbaik.

Menggunakan metode manual memang bisa mendapatkan anda pencahayaan yang sesuai dengan keinginan anda, namun hal ini hanya akan menjadi penghambat dan membuat gerak anda terlambat. Begitu juga dengan Auto / Program dimana terkadang hasil yang ditampilkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Anda tinggal menyesuaikan eksposur dengan menggunakan fitur AE-Lock jika saat menggunakan mode Aperture dan Shutter kurang bagus jepretan yang anda hasilkan. Anda juga bisa mengubah pada bagian Exp Compensation yang semakin membuat anda bisa mendapatkan komposisi jepretan yang pas. 

Perhatikan Pilihan Lensa

Lensa juga menjadi satu bagian yang sangat penting untuk anda pilih. Saat ingin melakukan Street photography ada baiknya anda untuk menggunakan kamera wide angle dan bukan kamera zoom tele. Selain bentuk zoom tele yang begitu besar dan akan membuat anda mencolok, lensa wide angle ini juga bisa memberikan hasil yang lebih pas daripada zoom tele.

Selain dari segi tampilan, lensa ini juga lebih ringan sehingga anda bisa menenteng lensa lengkap dengan kamera anda dengan ringan. Anda bisa lebih sigap dan lebih mudah untuk mendapatkan setiap moment ataupun subjek yang memang ingin anda abadikan untuk kamera dan lensa yang anda gunakan.

Tips Mendapatkan Foto Street Photography Terbaik
  • Title : Tips Mendapatkan Foto Street Photography Terbaik
  • Posted by :
  • Date : 11:12 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Mendapatkan Foto Street Photography Terbaik Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top