728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Manfaat Kacang Tanah Yang Anda Belum Ketahui

Kacang tanah atau nama latinnya adalah Arachis Hypogaea L adalah salah satu jenis tanaman polong-polongan. Kacang tanah merupakan salah satu jenis kacang yang populer di indonesia selain kacang kedelai. Tanaman ini biasanya digunakan dalam masakan, baik yang direbus maupun yang digoreng.



Kacang ini banyak dibudidayakan di indonesia. Selain bermanfaat sebagai salah satu tanaman yang dapat dimasak kacang tanah juga memiliki banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh. 

Kacang tanah memiliki kandungan protein yang tinggi, kaya akan lemak, mengandung zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin A dan K, vitamin B kompleks dan fosforus, kolin, dan lesitin. Protein yang dimiliki oleh kacang tanah lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang ada pada daging dan telur. 

Benarkah Mengkonsumsi Kacang Tanah Dapat Menimbulkan Jerawat?

Kacang tanah selalu dikaitkan dengan mitos timbulnya jerawat akibat mengkonsumsi kacang tanah tersebut. Menurut mitos tersebut jika kita mengkonsumsi kacang tanah maka akan menimbulkan tumbuhnya banyak jerawat. Namun, anda sebaiknya jangan langsung percaya dengan mitos tersebut
Studi penelitian yang dilakukan oleh Academy Of Dermatology dan Colorado State University Departement Of Health And Exercise mematahkan mitos tersebut. mereka menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang tanah tidak ada hubungannya dengan jerawat yang timbul di wajah. Adapun penyebab timbulnya jerawat yang sebenarnya adalah sebagai berikut :
  • Kadar gula yang tinggi dan berlebih
  • Faktor keturunan atau genetik
  • Aktifitas hormon yang berlebih
  • Sel kulit mati yang menumpuk
  • Bakteri
  • Produksi minyak berlebih 

Maka dari itu menyalahkan kacang tanah sebagai akibat dari adanya jerawat sangat tidak logis. Karena jerawat yang timbul pada wajah kita dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Kandungan Nutrisi Yang Ada Pada Kacang Tanah

Seperti yang sudah diketahui  sebelumnya bahwa kacang tanah mengandung banyak sekali nutrisi. Kandungan nutrisi yang ada pada kacang tanah memiliki fungsinya masing-masing seperti

Protein

Protein terdiri dari rangkaian asam amino. Protein berfungsi sebagai pembentuk sel-sel dan jaringan yang ada pada tubuh. Protein juga dapat memperbaiki kerusakan jaringan tubuh, sebagai proses pertumbuhan dan pemeliharaan. 

Zat Besi

Zat besi memiliki fungsi membantu metabolisme protein, memproduksi hemoglobin dan sel darah merah. Selain itu zat besi juga dapat berfungsi untuk meningkatkan  fungsi otak dan fungsi otot.

Vitamin A, B, E, dan K

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B kompleks berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf, vitamin E memiliki fungsi menjaga kesehatan kulit dan mengontrol kadar asam lemak pada tubuh, dan vitamin K memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis dan diabetes.

Kolin 

Kolin adalah zat gizi yang sangat mirip dengan vitamin B. Kolin berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh, menutrisi otak dan menjaga fungsi otak, melindungi organ hati, dan mencegah penumpukan kolestrol dalam tubuh.

Lesitin

Lesitin berfungsi untuk mengobati kolestrol yang berlebih, melindungi kesehatan organ hati, melindungi sel-sel dalam tubuh, dan sebagainya.

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kacang tanah memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Adapun manfaat kacang tanah yang dapat kita ambil adalah sebagai berikut.

Menurunkan Tingkat Kolestrol Yang Tinggi

Kolesterol yang berlebih sangat tidak baik bagi tubuh kita. Karena jika kadar kolestrol yang ada pada tubuh kita memiliki tingkat kolestrol yang tinggi maka akan memacu timbulnya penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Merupakan Sumber Protein

Kacang tanah memiliki kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging dan telur. Maka dari itu kacang tanah berfungsi untuk menjaga sel-sel dan jaringan yang ada dalam tubuh kita.

Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung

Penyakit jantung salah satu sebab utamanya adalah tingkat kolestrol yang tinggi. Kandungan gizi yang ada pada kacang tanah dapat menurunkan resiko untuk terkena penyakit jantung.

Menurunkan Berat Badan

Kacang tanah juga memiliki fungsi untuk menurunkan berat badan. Protein, vitamin, mineral, dan kandungan lain yang terdapat pada kacang tanah dapat membuat seseorang lebih bertenaga saat mengkonsumsinya. Maka dari itu seseorang yang sedang menjalankan diet sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang tanah.

Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat. Karena penyakit ini dapat menimbulkan kematian. Resiko terkena penyakit tersebut dapat dikurangi dengan mengkonsumsi kacang tanah. Karena didalam kacang tanah juga mengandung fitoserol yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan Fungsi Otak

Otak sebagai merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Fungsi otak yang baik tentu saja dapat memudahkan aktifitas kita. kacang tanah sebagai tumbuhan yang kaya akan nutrisi berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu kacang tanah juga berfungsi untuk meningkatkan daya ingat.

Menjaga Kestabilan Gula Darah

Gula darah yang tinggi akan menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Kacang tanah dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menjaga kestabilan gula darah yang ada pada tubuh kita agar tidak tinggi. Kandungan yang mangan yang ada pada kacang tanah erfungsi menyerap kalsium dan lemak, sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah.

Demikianlah informasi mengenai manfaat kacang tanah. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat.
Manfaat Kacang Tanah Yang Anda Belum Ketahui
  • Title : Manfaat Kacang Tanah Yang Anda Belum Ketahui
  • Posted by :
  • Date : 3:30 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Manfaat Kacang Tanah Yang Anda Belum Ketahui Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top