728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Kontribusi CSR PT. Nabire Baru Pada Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi siapa saja dan semua orang berhak untuk mendapatkannya. Tanpa pendidikan, akan sulit bagi seseorang untuk berkembang dan meraih cita-citanya. Untuk itu pendidikan harus benar-benar diarahkan agar menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu  berdaya saing kedepannya, serta memiliki budi pekerti yang baik dan mulia.

Oleh karena itu, pihak manapun harus berperan aktif untuk memajukan suatu pendidikan di daerahnya, baik pemerintah setempat maupun pihak swasta. Dan untuk memajukan pendidikan banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh PT. Nabire Baru di tanah Papua ini.

Sebagai perusahaan besar dibidang perkebunan kelapa sawit, PT. Nabire Baru memiliki peranan besar dalam perkembangan berbagai bidang yang ada dilingkungan sekitar perusahaan. Melalui program CSR yang mereka miliki, pendidikan menjadi salah satu perhatian khusus bagi perusahaan tersebut untuk mereka majukan.

Contohnya adalah dengan hadirnya guru bantu yang merupakan bantuan tenaga pengajar dari Yayasan Agro lestari yang mereka kelolah. Dukungan guru ini bertujuan untuk memenuhi keterbatasan guru terutama di wilayah sekolah yang sangat terpencil. Hadirnya Program Guru bantu di lingkungan sekitar perusahaan telah memberikan pengaruh terhadap angka kehadiran siswa secara nyata, yang dulunya sedikit kini angka kehadiran siswa sudah mengalami peningkatan.

Selanjutnya kontribusi CSR dibidang pendidikan lainnya adalah dengan melakukan pelatihan dan monitoring dengan melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire Papua guna memperbaiki kualitas pendidikan di daerah tersebut. Selain itu, untuk pihak siswa PT. Nabire baru juga memberikan bantuan berupa beasiswa bagi siswa-siswi berperestasi, dan beasiswa bagi staf pengajar untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi lagi.

Selanjutnya adanya pelatihan peningkatan kapasitas kompetensi guru yang dilakukan Yayasan Agro Lestari bekerjasama dengan pihak ketiga. Komitmen tersebut dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kompetensi guru seiring dengan kebutuhan penyesuaian dengan system pendidikan nasional. Program lain yang bertautan dengan itu diantaranya Nabire Baru luncurkan program beasiswa anak putus sekolah.

Upaya peningkatan dibidang pendidikan yang lain dilakukan oleh PT. Nabire Baru adalah dengan memberikan program pendidikan non formal. Salah satu contohnya adalah dengan adanya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (CLC) Sasawi Kampung Wanggar Pantai, rangkaian Kegiatan Ayo Membaca dalam Komunitas Belajar CLC  Sasawi Kampung Wanggar Pantai, Pembentukan Children Learning Center, club reading serta kegiatan ektrakurikuler lainnya untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Pemberian buku bacaan dan buku pelajaran juga merupakan bentuk bantuan untuk pelengkap bagi siswa-siswi dalam melakukan rangkaian kegiatan belajar maupun kegiatan ayo membaca yang telah mereka lakukan bersama kegiatan Learning Center. Kontribusi CSR PT. Nabire pada bidang pendidikan tersebut terus diupayakan pengembangannya dari waktu kewaktu dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Nabire Baru di Kabupaten Nabire Papua.


CSR di Papua


Kontribusi CSR PT. Nabire Baru Pada Bidang Pendidikan
  • Title : Kontribusi CSR PT. Nabire Baru Pada Bidang Pendidikan
  • Posted by :
  • Date : 3:52 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kontribusi CSR PT. Nabire Baru Pada Bidang Pendidikan Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top