728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Jasa Kampanye Online di Indonesia

Tujuan Kampanye Online


Kampanye online merupakan serangkaian kegiatan secara serentak yang dilaksanakan melalui berbagai platform dan media online. Sering kali kampanye ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi politik maupun calon pejabat publik yang bersaing dalam memperebutkan kedudukan dalam pemerintahan dan legislatif dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan massa pemilih ketika tiba saatnya dalam bentuk pemungutan suara. Istilah yang lebih populer dalam dunia bisnis adalah promosi, yang bertujuan untuk meningkatkan dan meningkatkan penjualan, pangsa pasar dan lain sebagainya. Jasa kampanye online di Indonesia oleh DigiCampaign merupakan layanan yang dilakukan oleh praktisi pemasaran digital dengan menggunakan strategi dan optimasi media online untuk membantu menyampaikan pesan-pesan yang disampaikan oleh kandidat.

Manfaat Kampanye Online

Jasa kampanye online dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menyampaikan visi dan misi organisasi dan lembaga, praktisi dan tokoh dan pihak-pihak lain yang berkepentingan untuk menyampaikan pesan-pesan kehumasan secara sehat dan positif untuk berbagai kalangan masyarakat, dengan menggunakan teknik-teknik optimasi digital yang etis. Menggunakan jasa kampanye online memberikan manfaat-manfaat antara lain:

  1. Akun resmi yang dibuat atas nama dan merupakan milik kandidat.
  2. Menyebarkan ide dan gagasan secara utuh dan terarah.
  3. Membangun kepercayaan publik.
  4. Menangkal dampak negatif berbagai sumber informasi luar terkait kandidat.
  5. Jangkauan yang bersifat masif dan multiplikasi yang cepat.

Media online merupakan ruang kampanye era milenial yang sedemikian ramai dan gaungnya dengan cepat menyebar sampai ruang pribadi para calon pemilih. Ide, gagasan dan visi disampaikan melalui media sosial, Website, blog, dan lain sebagainya. Diskusi, perdebatan dan saling tuding terjadi melalui kontak langsung terjadi di berbagai media sosial (medsos). Sementara ini, media video belum memberikan ruang terjadinya interaksi  dua arah yang dialogis, masih terbatas pada umpan balik dari mereka yang tergerak untuk menyampaikan reaksinya atas isi pesan video. Video merupakan sarana yang baik untuk branding, utamanya di YouTube.

Metode kampanye online merupakan komponen penting yang semakin menggeser kampanye konvensional, mengingat kampanye konvensional merupakan interaksi yang berbeda secara emosional dimana memerlukan kehadiran langsung sang pengusung ide dan gagasan, yang sampai derajat tertentu diperlukan karena derajat pendidikan lapisan masyarakat menentukan literasi digital untuk mengakses dan mencerna berbagai informasi yang bisa datang dari berbagai sumber baik yang resmi maupun yang tidak jelas nara sumbernya. Kampanye online dalam pelaksanaannya tidak hanya memberikan manfaat kepada kandidat tetapi yang lebih penting adalah para netizen mendapatkan kemanfaatan yang lebih luas dan nilai-nilai baik dalam komunikasi publik.

Strategi Kampanye Online

Kampanye online memerlukan pendekatan strategis berdasarkan pada media yang dimanfaatkan dalam menjangkau massa atau pemirsa. Pada perencanaan awal, tergantung dari pemetaan wilayah dan demografis pemirsa dan media monitoring merupakan upaya awal dan berkelanjutan untuk mengetahui dan mendengarkan apa yang menjadi titik perhatian dan keprihatinan warga online atas isu-isu sosial yang ada, sehingga kampanye online mampu memberikan respon yang baik terhadap isu tersebut. Media monitoring memungkinkan untuk memantau kata kunci yang banyak dipakai oleh warga dalam diskusi-diskusi di media sosial dan pemberitaan di media pemberitaan online. Jadi pemantauan ini hanya dilakukan di media-media yang bisa diakses oleh publik.

Website resmi kandidat merupakan unsur utama yang memperkenalkan kandidat secara visi dan misi, nilai-nilai sosial yang diusung, aktivitas dan kontribusi kepada masyarakat yang sudah dan akan dilaksanakan. Tim kreatif kampanye online dapat bekerja sama dengan penyedia jasa kampanye online untuk mendapatkan tampilan yang maksimal untuk penyampaian pesan dan tampilan yang tidak monoton. Opini dan tanggapan terhadap isu-isu yang berkembang dapat disampaikan secara lugas. Dalam strategi kampanya online, website ini diharapkan akan mendapatkan tanggapan yang positif dari kalangan perorangan, kelompok maupun siapapun yang mempunyai visi dan misi yang sama sehingga tautan ke Website akan semakin bertambah untuk menarik simpati dan empati yang lebih luas lagi. Selanjutnya, Website tersebut akan dioptimasikan sesuai dengan tema yang difokuskan untuk ditampilkan dengan baik pada posisi atas di mesin pencarian (search engine).

Media sosial merupakan saluran kampanye online yang memiliki saluran. Berbagai fitur yang pada masing-masing media sosial memberikan indikasi emosional dan data bagi kandidat. Berdasarkan ukuran popularitas dan jumlah pengguna maka Facebook dan Twitter menempati posisi atas dalam pemanfaatannya di Indonesia, disamping akun sosial lain yang bisa didayagunakan seperti Instagram, YouTube dan Google Plus (G+).

Pengelolaan Facebook mencakup fan page sebagai branding kampanye secara visual dan slogan yang khas. Selanjutnya berdasarkan riset terhadap pengguna Facebook yang ada dapat ditentukan apakah suatu kampanye perlu diluncurkan untuk meningkatkan tingkat penerimaan atau elektabilitas terhadap sosok kandidat. Karena tanpa upaya aktif pengenalan sosok kandidat, para pengguna akan terpengaruh pada informasi pihak ketiga yang bervariasi kadar kualitas dan tingkat akurasi. Pengelolaan Twitter mencakup hastag dan monitoring dan ikut serta dalam trending topic conversation. Pengguna perangkat genggam yang semakin luas merupakan pemirsa yang potensial untuk dijangkau karena mereka tidak hanya berada di pusat kota tetapi sudah menjangkau wilayah pinggiran dan luar kota. Kampanye online memungkinkan untuk menentukan bahwa jangkauan kampanye hanya ditujukan untuk pengguna perangkat genggam saja.

Kampanya online merupakan daya upaya kreatif yang memberikan saluran untuk menjangkau massa dan memenangkan persaingan dengan kandidat lain dan meredam kampanye negatif yang ada, selanjutnya keberhasilan para kandidat akan ditentukan oleh  para pemilih pada saatnya nanti ketika pemunggutan suara dilaksanakan.

DigiCampaign merupakan satu diantara jasa kampanye online yang bisa diajak diskusi untuk menjalankan strategi kampanye yang efektif dan terarah, dengan biaya yang murah dan mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan memahami seluk beluk teknik pemasaran digital dalam berbagai aspeknya. Silakan hubungi Charlie M. Sianipar, pemilik situs ini, seorang praktisi  Search Engine Optimization (SEO) dan Online Reputation Management (ORM) untuk mendapatkan pencerahan dalam mengaplikasikan media digital untuk kampanye online.

Jasa Kampanye Online


Jasa Kampanye Online di Indonesia
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jasa Kampanye Online di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top