728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Bibit Kelapa Sawit Lonsum

Bibit Kelapa Sawit Lonsum


Tanaman sawit di Indonesia sudah dikenal sejak jaman kolonial. Dimasa itu, benih sawit pertama yang dibawa ke Hindia Belanda pada era kolonial, lalu ditanam di kebun raya Bogor, Jawa Barat hanya sebagai tumbuhan peneduh saja. Kemungkinan didatangkannya ada pada kisaran tahun 1848, semua ditanam dengan biji, dan sisanya ditanam sebagai tanaman hias di tanah Deli, Sumatera.

Tetapi revolusi industri di benua Eropa yang terjadi pada abad ke 19 telah menjadikan tanaman berakar serabut ini benar-benar sebagai satu tumbuhan dengan manfaat industri yang besar. Penanaman varietas tanaman sawit yang ada di Tanah Melayu Deli dan Kebun Raya Bogor lalu disilangkan dan menghasilkan varietas Deli Dura yang dikenal sebagai salah satu bibit sawit unggul hingga hari ini. Sejak masa itu, turunan dari varietas ini pun terus dikembangkan sebagai bagian dari pemuliaan tanaman kelapa sawit untuk memenuhi kebutuhan industri CPO (Crude Palm Oil) atau minyak sawit mentah dunia.

Ragam Jenis Tanaman Sawit Bibit Sawit Lonsum Adalah Salah Satu Yang Produktif


Dari sekelumit sejarah tanaman bernama latin (Elaeis guineensis) inilah saat ini dapat kita ketahui kenapa Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor hasil sawit serta produsen TBS (Tandan Buah Segar) sawit terbesar di dunia, mengalahkan Malaysia. Luasan lahan yang cukup di dua pulau terbesar dimana tanaman sawit tumbuh subur yaitu Kalimantan dan Sumatra telah menjadi satu ladang minyak sawit mentah (CPO) yang menjanjikan devisa bagi negara dan industri penyedia lapangan kerja pada sektor riil. Oleh karenanya, begitu banyak perusahaan yang terlibat dalam percaturan bisnis sawit ini.

Tetapi, dibalik mengiurkan serta besarnya pangsa pasar sawit, serta produk turunannya, menemukan bibit kelapa sawit yang sesuai dengan lingkungan tempat penanaman sawit adalah satu hal tersendiri. Memang saat ini, sudah banyak perusahaan baik berstatus BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yakni PTPN (Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara) maupun swasta yang mengkhususkan diri sebagai pemain sawit, khusus bidang pemulian tanaman sawit untuk menghasilkan bibit sawit varietas baru yang produktif serta menjanjikan keuntungan. Salah satunya seperti bibit sawit lonsum.

Bibit kelapa sawit Lonsum adalah varietas bibit sawit yang dikembangkan oleh PT London Sumatra. Nama Lonsum diambil dari akronim perusahan pengembang bibit ini. Sebagai satu varietas unggulan, ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh bibit sawit lonsum bila ditanam dan dikembangkan antara lain:

  • Rendemen minyak yang cukup tinggi berkisar antara 27% per TBS (Tandan Buah Segar)
  • Usia tanam yang cukup rendah hingga bisa memasuki masa panen. Bibit sawit lonsum tercatat mampu menghasilkan 31 ton/ha dalam waktu kurang lebih 6 tahun masa tanam. Jumlah yang sama bisa dihasilkan oleh varietas sawit biasa dalam kurun 10 tahun. 
  • Bibit tanaman lonsum tahan terhadap hama penyakit, dan tiap pelepahnya mampu menghasilkan TBS sehingga tergolong sangat produktif.

Berbagai macam keunggulan inilah yang menjadikan varietas bibit pohon sawit Lonsum banyak diminati oleh perusahaan sawit untuk dikembangkan sebagai satu  varietas tanaman sawit yang dapat membawa banyak keuntungan. Tak hanya dari segi alasan produktifitas tanaman, sisi harga bibit per batangnya juga tergolong cukup tepat dan terjangkau untuk pengembangan perusahaan perkebunan sawit yang tentu membutuhkan jumlah tanaman kelapa sawit cukup banyak setiap masa tanamnya.

Harga kecambah bibit kelapa sawit Lonsum di pasaran berkisar antara 3000 rupiah perbutir yang tentu saja sangat terjangkau. Keterjangkauan harga benih adala salah satu alasan penggunaan varietas tanaman sawit selain tentunya sisi lain seperti yang disebutkan diatas terkait dengan kemampuan produksi tanaman. Tak heran bibit sawit lonsum semakin diburu oleh banyak perusahan perkebunan kelapa sawit dari berbagai daerah di Indoensia dari Aceh hingga Papua.

Bibit Kelapa Sawit Lonsum
  • Title : Bibit Kelapa Sawit Lonsum
  • Posted by :
  • Date : 12:23 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bibit Kelapa Sawit Lonsum Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top