728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Cara Deteksi Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpot

Sekarang ini sudah sangat banyak pemilik mobil yang tidak menyadari bahwa kendaraannya mengalami kerusakan. Padahal pada dasarnya jika ingin mendeteksi kerusakan mobil sangat mudah, salah satunya yang bisa dilakukan yakni dengan memperhatikan dan mengenali warna gas buang hasil pembakaran yang ada pada knalpot mobil.

Cara Deteksi Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpot

Mengetahui Kerusakan Mobil Pada Warna Asap


Menurut General Repair Service Manager Toyota Astra Motor, Iwan Abdurahman mengatakan bahwa mobil memang dapat dideteksi kerusakannya dengan dilihat dari asap knalpotnya. 

Pada mesin bensin, jika ternyata ada knalpot yang timbul dengan asap yang putih pekat di bagian ujungnya maka mobil Anda sedang mengalami masalah pada ring piston yang sudah aus. Keausan piston tersebut biasanya dapat disebabkan oleh faktor umur pemakaian.

Jika asapnya putih pekat dan terus menerus maka sudah pasti ring pistonnya aus. Meskipun sering ganti oli tentu saja ring piston dapat aus karena umur. Jika Anda tidak rajin ganti oli maka akan lebih cepat aus  dan kerusakan mobil pun tak akan terhindarkan.

Asap Putih Harus Dicurigai

Hampir sama dengan mobil diesel kerusakan dari mobil  pun dapat dideteksi dengan warna asap knalpot dan jika knalpot dapat mengeluarkan asap putih dan tebal karena terjadi pembakaran bahan bakar solar maka hal itu tidak bekerja secara sempurna. Hal ini bisa saja karna solar terlalu banyak dikonsumsi.

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka akan berdampak fatal. Solusinya adalah melakukan servis yang sesuai dengan kilometer dan waktunya karena banyak orang yang memiliki mobil akan tetapi sangat awam dalam masalah otomotif dan cara perawatan mobil atau cara mendeteksi mobil. Jika tidak sempat service maka Anda dapat ganti oli terlebih dahulu yang sesuai dengan anjuran pabrikan mobil itu sendiri.

Asap Hitam Harus Diwaspadai

Namun apabila knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna hitam maka artinya pembakaran yang terjadi tidaklah sempurna. Hal ini juga dikarenakan bahan bakar dibakar secara berlebihan dan berefek pada timbulnya konsumsi bahan bakar yang sangat boros.

Anda  perlu memperhatikan dalam menangani hal seperti ini. Tentunya Anda harus melihat filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, fuel pressure regulator dan injeksi bahan bakar. Masalah yang biasanya sangat mudah diperbaiki dan langkah perbaikannya dapat diawali denan melakukan tune-up pada mobil kesayangan Anda.

Sedangkan jika asap berwarna biru maka hal tersebut biasanya efek dari terbakarnya oli bersama dengan bahan bakar yang terjadi di dalam ruang bakar mesin. Masalah ini tentunya akan terjadi pada mobil yang memang sudah sangat  lama dan berumur karena jarak tempuh dan dipercepat oleh penggunaan yang kurang baik adalah penyebabnya. 

Cara Melakukan Perawatan Pada Mobil

Seperti yang telah diketahui bahwa pengemudi dengan rpm yang tinggi maka akan membuat komponen saling bergesekan dan akan lebih cepat aus. Jika masalah ini terjadi maka lebih baik Anda periksa volume oli secara teratur dan tambahkan jika memang kurang. 

Selama volume oli telah sesuai dengan kebutuhan maka mobil masih dapat digunakan dan dikendarai dengan baik. Akan tetapi hal itu bukan solusi jangka panjang. Masalah ini dapat serius dan sebaiknya harus cepat ditangani sebelum biaya perbaikan semakin tinggi lagi.

Itulah bagaimana cara mengetahui dan mendeteksi kerusakan mobil yang sering terjadi pada dunia Otomotif apapun. Agar tidak terjadi masalah yang besar maka sebaiknya akan dipenuhi dengan oli yang bocor melalui dinding piston dan akibatnya piston sudah sangat sangat aus sehingga dapat membuat mesin habis dan tidak sadar berakibat macet total.
Cara Deteksi Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpot
  • Title : Cara Deteksi Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpot
  • Posted by :
  • Date : 8:00 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Deteksi Kerusakan Mesin Mobil dari Asap Knalpot Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top