Seni dan Budaya Berkaitan Erat Dengan Pariwisata


Pandeglang, 16/9 (Seotama) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita menyatakan seni dan budaya sangat erat kaitannya dengan pariwisata karena itu perlu dipelihara dan terus dikembangkan.

"Banyak seni dan budaya tradisional kita, dan itu akan dipelihara dan kembangkan guna mendukung program pengembangan pariwisata," katanya di Pandeglang, Sabtu.

Untuk memelihara dan mengembangakan seni dan budaya itu, kata dia, perlu dukungan semua pihak, termasuk perbankan dan masyarakat.

"Tidak mungkin pemerintah melakukan penyelematan dan pengembangan seni dan budaya tanpa dukungan dari berbagai pihak," ujarnya.

Pemkab Pandeglang menjadikan pariwisata sebagai andalan untuk meningkatkan perekonomian daerah, maka sudah seharusnya juga mengembangkan seni dan budaya tradisional yang hidup di masyarakat.

Bahkan, kata dia, beberapa kesenian dan budaya tradisional akan dipentaskan pada Festival Tanjung Lesung akan digelar 22-24 September 2017, seperti lomba bebegig dan kolecer.

Bupati juga menyatakan, potensi pariwisata di Pandeglang sudah dikenal secara nasional, apalagi dengan ditetapkannya lokasi pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang.

"Keberadaan KEK Pariwisata Tanjung Lesung akan menambah lebih berkembangnya pariwisata Pandeglang, dan tentunya sektor ini akan lebih besar lagi menyumpang pendapatan bagi daerah," ujarnya.

Di Kabupaten Padeglang terdapat tujuh kawasan wisata,, yakni kawasan Gunung Karang, kawasan Carita, kawasan Laba, kawasan Tanjung Lesung, kawasan Cikeudal, kawasan Ujung Kulon dan kawasan Pantai Selatan.

Di kawasan Gunung Karang selain terdapat panorama alam yang masih alami juga ada objek wisata Cikoromoy yang merupakan pemandian dengan mata air dari gunung.

Kemudian, di kawasan Gunung Karang juga terdapat pemandian air panas Cisolong serta pemandian dan situs Cihunjuran.

Di kawasan Carita, terdapat objek wisata Pantai Carita yang telah terkenal hingga mancanegara serta objek wisata religius Penziarahan Caringin.

Sedangkan di kawasan Laba, terdapat objek wisata Pantai Laba, dan kawasan Tanjung Lesung ada Pantai Tanjung Lesung dan saat ini telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata oleh pemerintah pusat.

Kawasan Cikeudal, terdapat Situ Cikeudal, di kawasan Ujung Kulon terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan hutan tropis terbesar di Pulau Jawa dan menjadi habitat badak jawa atau badak bercula satu yang merupakan salah satu hewan sangat langka. (S/An)
Previous Post Next Post

News Feed