728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

5 Faktor yang Menjadi Penyebab Mobil Tiba-Tiba Terbakar

Beberapa waktu lalu masyarakat sempat dihebohkan dengan berita tentang mobil Honda Brio yang tiba-tiba terbakar. Sebenarnya sudah banyak sekali kasus serupa di seluruh belahan dunia dan musibah ini juga bisa terjadi pada semua jenis mobil. Ada berbagai faktor yang melatarbelakangi kejadian ini. Mulai dari kebocoran tangki bahan bakar hingga konsleting. Dalam kasus yang terjadi pada Honda Brio tersebut hanya membutuhkan waktu 10 menit saja kobaran api mampu melenyapkan mobil tersebut.

5 Faktor yang Menjadi Penyebab Mobil Tiba-Tiba Terbakar


Agar musibah ini tidak menimpa Anda, maka sebaiknya ketahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pemicu kebakaran pada sebuah mobil.

5 Faktor yang Menjadi Penyebab Mobil Tiba-Tiba Terbakar


Mobil Jarang Diservis

Melakukan servis secara rutin merupakan kewajiban bagi semua pemilik mobil. Baik secara sengaja ataupun tidak sengaja kelalaian pemilik mobil terhadap kerusakan komponen mobil menjadi penyumbang terbesar penyebab mobil tiba-tiba terbakar. Pemilik mobil yang lalai sehingga tidak memberikan perawatan terhadap mobilnya akan sangat membahayakan.

Jika Anda jarang merawat mobil, apabila terjadi kebocoran komponen ataupun kerusakan pada kabel yang tidak segera diatasi maka akan meningkatkan risiko terbakar. Kabel yang sudah terlalu lama dan usang bisa memicu kontak dengan bahan bakar yang mudah sekali terbakar.

Mobil Terbentur

Biasanya benturan pada mobil terjadi saat kecelakaan. Kecelakaan ini sangat mungkin memicu terjadinya kebakaran pada mobil. Benturan keras saat terjadi kecelakaan akan menimbulkan kebocoran bahan bakar ataupun cairan lain yang mudah terbakar sehingga membuat mobil terbakar.

Memang saat ini sebagian besar pabrikan dunia otomotif khususnya mobil sudah mendesain mobil buatan mereka agar lembaran logam bisa menyerap kekuatan hantaman saat terjadi kecelakaan dan melindungi titik-titik rawan seperti tangki bahan bakar, mesin ataupun aki. Namun apabila hantaman terlalu keras tentu saja hal buruk seperti terbakarnya mobil sulit untuk dihindari.

Oli Bocor dari Mesin yang Dimodifikasi 

Sebaiknya mobil yang sudah dimodifikasi ataupun menggunakan wraping pada header harus lebih diperhatikan. Hal ini disebabkan karena kemungkinan cipratan oli dari blok mesin mobil terlalu dekat dengan header ataupun knalpot akan memicu timbulnya kebakaran Mobil yang sudah dimodifikasi sebaiknya juga memilih selang bensin berkualitas. Untuk menghindari kebocoran maka sebaiknya pilih selang dengan serat karbon baja.

Ukuran Kabel Tidak Sama

Penggunaan kabel yang tidak sesuai standar akan meningkatkan risiko terbakarnya mobil Anda. Dalam banyaknya kabel, daya yang mengalir tidaklah sama. Apabila Anda salah dalam mengaplikasikannya maka kemungkinan kabel bisa memuai sehingga api menjalar ke seluruh komponen mobil dan akhirnya mobil terbakar.

Terjadi Kesalahan Pada Desain Mobil

Salah satu penyebab terbakarnya sebuah mobil, terutama mobil yang belum terlalu lama dan belum mengalami modifikasi adalah kesalahan pada desain mobil atau sering disebut dengan cacat desain. Kebanyakan isu cacat desain akan segera diketahui oleh produsen mobil dan segera melakukan penanggulangan agar tidak ada lagi insiden yang bisa merugikan lebih banyak orang.

Dalam kondisi seperti ini, biasanya produsen akan melakukan recall (penarikan kembali mobil yang sudah terlanjur terjual) dengan tujuan untuk diperbaiki. Memang tidak semua cacat desain bisa memicu kebakaran, namun tidak sedikit juga mobil terbakar akibat cacat desain.

Jenis Baterai Pada Mobil

Saat ini keluaran mobil terbaru biasanya sudah mengusung teknologi mobil hybrid karena lebih ramah lingkungan. Namun perlu Anda ketahui bahwa baterai mobil jenis hybrid mudah sekali terbakar. Apabila sistem pendingin bocor dan berinteraksi dengan baterai maka bias memicu kobaran api.
5 Faktor yang Menjadi Penyebab Mobil Tiba-Tiba Terbakar
  • Title : 5 Faktor yang Menjadi Penyebab Mobil Tiba-Tiba Terbakar
  • Posted by :
  • Date : 4:30 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Faktor yang Menjadi Penyebab Mobil Tiba-Tiba Terbakar Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top