728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Pastikan Produk Import Aman Sesuai Aturan

Import Barang

Masuknya produk impor beraneka ragam dari luar negeri menandakan bahwa kian hari, kebutuhan masyarakat akan barang-barang tertentu yang harus didatangkan dari luar negeri makin besar. Data dari Kementerian Perdagangan menunjukan tingginya animo masyarakat untuk pemakaian produk impor meningkat antara Januari 2016 hingga Mei 2017 menunjukan perubahan yang signifikan antara 9,57-11,24%. Angka ini diperoleh dari statisik perkembangan impor menurut golongan barang dari situs resmi Kementerian Perdagangan.
 
Trend yang terus merangkak naik terhadap barang-barang impor tentu saja menjadi satu hal yang bisa positif maupun negatif. Sisi positifnya adalah apabila jenis barang yang dipakai adalah barang untuk kebutuhan industri, yang artinya terjadi pertumbuhan industri dalam negeri yang cukup signifikan. Sementara itu, ketergantungan terhadap barang impor yang terkait dengan benda konsumsi malahan berimbas sebaliknya.
 
Efek pertama tentu saja yang terkait dengan produk impor dari luar negeri adalah dari segi keamanan produknya. Dengan derasnya arus masuknya barang-barang impor, terkadang, beberapa importir nakal menyusupkan produk yang dirasa kurang aman atau tidak sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia. Salah satu yang mencuat, contohnya seperti pada kasus permen cinta, atau beras yang dicampur dengan bahan tak layak konsumsi yaitu plastik.
 
Karenanya banyak orang juga merasa bahwa dibalik keuntungan menggunakan produk impor, isu keamanan juga membayanginya. Tak pelak, tentu agar tetap bisa mendapatkan produk impor, perlu juga pengetahuan demi mengetahui mana produk impor yang aman digunakan serta tetap sesuai kebutuhan penggunanya. Artikel kali ini coba merangkum beberapa tipsnya, sesuai pandangan perusahaan jasa import barang asal China PRO Importir di Jakarta, pastikan produk import aman dan sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.
 
•    Kenali Importirnya
Pihak importir adalah tangan pertama dimana produk impor tersebut bisa sampai ke Indonesia. Dengan demikian, sebagai pengguna ada baiknya untuk mencari tahu seluk beluk seputar produk impor yang akan kita pergunakan. Karena kredibilitas satu importir dengan lainnya berbeda, cara terbaik sudah pasti dengan memilih yang paling kredibel agar produk yang kita pergunakan tetap aman.
 
•    Legalitas
Pemerintah telah menetapkan bea impor bagi produk yang didatangkan secara langsung dari luar negeri. Karenanya, kita sebagai pengguna harus menggusahakan untuk membeli produk impor yang legal. Ini terkait dengan keamanan diri kita sendiri sebagai pengguna.
 
•    Kenali Jenis Produknya
Produk impor berbeda dengan produk yang diproduksi di dalam negeri. Beberapa produk terutama yang siap pakai, sering juga mengandung kandungan atau bahan tertentu yang bisa jadi tidak sesuai dengan ciri kebudayaan masyarakat kita. Karenanya ada baiknya untuk mengenali jenis produk apa yang hendak kita beli secara impor. Dengan cara ini, maka akan mudah untuk mencari tahu hal seputaran produk tersebut, sehingga dari segi keamanan dapat lebih dideteksi secara mudah.
Membeli produk impor tentu sah saja, terlebih bila ingin mendapatkan barang yang eksklusif dan hanya dapat didatangkan secara langsung melalui cara impor barang. Tetapi memperhitungkan segi keamanan juga tak kalah pentingnya, semua agar kita sebagai pengguna tetap bisa merasakan fungsi serta manfaatnya namun tak kalah pentingnya juga tetap bisa terjaga dari efek negatif produk impor yang tidak aman.

Pastikan Produk Import Aman Sesuai Aturan
  • Title : Pastikan Produk Import Aman Sesuai Aturan
  • Posted by :
  • Date : 5:22 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pastikan Produk Import Aman Sesuai Aturan Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top