Keunggulan Kayaroll Dibandingkan dengan Penggajian Manual

Software Payroll

 

Kayaroll adalah sebuah software (perangkat lunak) payroll. Yang dimaksud dengan payroll adalah sistem penggajian karyawan pada sebuah perusahaan. Tugas penggajian ini dilakukan oleh oleh staff HRD (Human Resource Development).

Sebelum ada teknologi software (perangkat lunak) umumnya penggajian dikerjakan secara manual (menggunakan excel). Seiring dengan penghitungan upah yang semakin rumit karena perusahaan besar memiliki karyawan yang jumlahnya bisa puluhan ribu, maka diciptakan software payroll.

Pada tahun 2020 lalu hadir Kayaroll yang menjawab kebutuhan sistem penggajian terkini. Perangkat lunak buatan perusahaan Singapura tersebut telah berkomitmen untuk fokus pada perusahaan rintisan (startups) dan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah).

Kayaroll yang berbasis software memberi solusi bagi kebutuhan payroll pada jenis perusahaan tersebut dan memberi manfaat dan kelebihan dibandingkan sistem penggajian manual.

Salah satu manfaat dan kelebihannya metode payroll adalah tugas HRD dalam mengamati kinerja para pegawai selama satu bulan akan jauh lebih mudah dibandingkan jika mengamati melalui excel.

Biasanya piranti lunak penggajian itu terintegrasi dengan sistem absensi dan cuti karyawan, jadi masing-masing pegawai secara otomatis upahnya akan dipotong sesuai data yang tercantum pada absensi.

Proses pemberian gaji karyawan akan berlangsung secara otomatis menggunakan aplikasi penggajian tersebut. Upah yang diterima pegawai sudah termasuk gaji pokok, tunjangan perusahaan, uang lembur, uang transportasi, dan sebagainya. Sudah pasti sistem ini akan menghemat banyak waktu.

Di samping bisa menghemat waktu, sistem payroll juga membuat perusahaan mampu lebih menghemat anggaran. Anggaran yang dihemat adalah yang biasanya dipakai untuk mempekerjakan staf HRD.

Sederhanya seperti berikut ini, untuk seribu karyawan dibutuhkan minimal 7 orang staff HRD. Dengan sistem penggajian menggunakan software, perusahaan hanya membutuhkan satu atau dua orang staff HRD.

Apakah jika perusahaan itu semakin berkembang dan menambah seribu lagi karyawan, staff HRD-nya perlu ditambah lagi? Tidak perlu. Dua orang staff HRD tersebut tinggal memaksukan data karyawan baru, tanpa perlu mengamati satu persatu untuk penggajian setiap bulannya.

Keunggulan Tambahan Kayaroll
Sebagai sebuah software payroll terkini, Kayaroll memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang lain, yaitu mampu memberi solusi bagi sebuah perusahaan kecil dan perusahaan baru dalam masahal penggajian, sehingga perusahaan tersebut bisa fokus pada bidang usahanya.

Kebutuhan usaha UMKM terhadap staff HRD tentu saja tidak begitu mendesak. Sedangkan startups juga tidak begitu memerlukan staff yang dalam Bahasa Indonesia disebut SDM (sumber daya manusia) karena karyawannya masih bisa dihitung dengan jari. Namun penggajian adalah tetap kewajiban penting usaha-usaha itu setiap bulannya. Oleh sebab itu, Kayaroll yang menawarkan metode penggajian terbaru bisa diandalkan untuk permasalahan itu.

Setiap pegawai yang pernah melaksanakan pemberian gaji pasti tahu, kegiatan di akhir bulan itu sangat menjengkelkan. Selain menyita waktu dan tenaga, penghitungan gaji karyawan membutuhkan ketelitian. Pelaku usaha perlu meninggalkan urusan bisnisnya selama beberapa jam untuk mengerjakan tugas ini.

Software yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan payroll Negara-negara di Asia Tenggara tersebut juga memenuhi regulasi pemerintah di tempat usaha itu berada. Regulasi pemerintah adalah poin penting yang sangat diperhatikan oleh pelaku usaha, terutama investor dari luar negeri.

Dengan menggunakan Kayaroll, investor tidak perlu khawatir suatu saat usahanya akan mengalami gesekan dengan karyawan atau pihak berwenang akibat ketidakpuasan masalah pemberian gaji.

Hal itu sesuai dengan misinya yaitu bermimpi untuk mencapai dunia yang berjalan lancar, Kayaroll hadir untuk membantu dan memperkuat UMKM dan Startups serta karyawannya, dengan menciptakan solusi payroll yang mudah digunakan, simpel dan menyenangkan yang akan membuat hidup Anda lebih mudah. [seoTama]

Previous Post Next Post

News Feed