728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Pengetahuan Dasar SEO Bagi Pemula

Jika Anda mulai tertarik dengan blogging khsusunya pembuatan Blog yang lebih serius, Anda sudah seharusnya mengetahui pengatahuan dasar SEO bagi pemula, artikel ini menyajikan beberapa hal tentang konsep SEO (Search Engine Optimization). Maksud dari pembuatan Blog lebih serius di sini adalah Blog tersebut tidak lagi menggunakan Blogger, blogspot dot com atau wordpress dot com gratisan, melainkan pembuatan situs independen dengan nama domain sendiri.

Anda mungkin bertanya kenapa SEO itu penting. Sebelum mengetahuinya, lebih baik kita samakan persepsi dulu mengapa membuat Website dari awal. Pada dasarnya membuat situs Web ditujukan untuk berbagi informasi pada netizen. Informasi tersebut bisa disampaikan ketika ada orang yang membuka situs pencari, Google misalnya dan mengetik kata kata tertentu (keywords). Kemudian Google menyajikan hasilnya, bisa ratusan, ribuan bahkan jutaan sumber informasi yang bisa dibaca, apakah pada halaman pertama Websitemu terindeks?

Permasalahannya di sini adalah orang-orang seringkali memilih mengunjungi Website hanya yang berada pada halaman pertama saja ketika sudah mengetikkan keyword-nya. Jika Website jauh dibawah, berarti situs tersebut miskin pengunjung, atau mungkin nol, apalagi situs yang baru dibuat mungkin berada di peringkat pencarian halaman 30, atau lebih jauh lagi berada pada urutan 365. Kegunaan SEO di sini adalah memperjuangkan Website naik dari ranking bawah ke atas. Bekerja keras mendorong Web naik ke halaman pertama, menggeser posisi situs sejenis yang saat ini nongkrong pada halaman satu. Sebagai contoh, ketiklah di Google "jasa seo jakarta", salah satu Web dengan nama domain RAJASEONET pasti nongol di sana, hebat ya … pintar banget.

Dalam SEO, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan level Blog meningkat, dan yang pertama adalah keyword. Keyword atau kata kunci adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan, mengingat pengunjung Blog seringkali mencari informasi dengan mengetikkan kata-kata ajaib itu.

Blogger pemula yang sudah mempunyai topik tertentu dalam artikelnya harus meramal atau menebak kata apa yang akan ditulis orang supaya dapat merujuk ke Website dia. Sebagai contoh artikel tentang sepak bola. Penulis Blog harus mengetahui hal-hal menarik tentang sepak bola seperti “trik melakukan tendangan bebas” dan menulisnya sebagai keyword. Jika ada orang yang mengetik tentang kata ajaib tersebut, maka bisa jadi rujukan pertama Google atau mesin pencari lainnya tidak lain adalah Website Anda.

Pada dasarnya ada dua jenis keyword yang umum digunakan. Kedua jenis itu adalah keyword pendek dan panjang. Untuk kata kunci yang pendek biasanya kata yang sangat umum dan sangat sulit sekali untuk bersaing di ranah ini. Masih dalam contoh situs pelatihan sepak bola, kata kunci pendek untuk artikel adalah “tips sepakbola”. Tentu saja banyak orang yang sudah menggunakan istilah tersebut di websitenya sehingga akan sulit sekali untuk merangkak naik ke posisi atas dengan kata kunci seperti itu. Untuk mengatasinya, kata kunci yang lebih panjang harus digunakan. Contoh yang ideal adalah seperti “3 tips sprint tanpa lelah”. Kata kunci tersebut tidak terlalu umum, dan tidak terlalu kepanjangan juga. Itu bisa menjadi pilihan ideal untuk membuat Website dengan SEO yang bersahabat.

Bagi pemula yang benar-benar tidak tahu menemukan kata kunci yang tepat, ada cara khusus untuk menanganinya, keyword research ala profesional. Google sebenarnya bisa menjawabnya secara instan – dengan koneksi internet yang bagus tentunya – dengan cara memasukkan kata kunci umum seperti tips bermain sepak bola. Di sana nanti pasti ada saran kata kunci yang sebenarnya bisa dijadikan inspirasi untuk kata kunci Anda berikutnya. Cara seperti ini gratis dan tentunya efektif karena itu berkaitan langsung dengan pemilik mesin pencari tersebut.

Untuk pengguna tingkat lanjut, kata kunci bisa didapatkan melalui Google AdWords untuk perencanaan kata kunci yang tepat. Di sana banyak sekali kata kunci yang biasa diketikkan setiap orang ketika googling. Otomatis dengan mengetahui dan memilih kata-kata tersebut besar kemungkinan Blogger dapat memutuskan kata kunci apa yang lebih cocok dengan artikel mereka nantinya. Itulah beberapa hal tentang SEO untuk Blogger muda, semoga bermanfaat dan happy blogging, tetaplah menulis konten berkualitas dan unik berbagi dengan banyak orang.

 Pakar SEO
Pengetahuan Dasar SEO Bagi Pemula
  • Title : Pengetahuan Dasar SEO Bagi Pemula
  • Posted by :
  • Date : 11:06 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pengetahuan Dasar SEO Bagi Pemula Rating: 5 Reviewed By: Penulis
Top