3 Aspek Penting Social Media Marketing

Apapun bisnis yang sedang anda jalankan, meningkatkan pengenalan merk ke publik merupakan hal yang sangat penting untuk meraih tujuan bisnis itu sendiri. Kecuali usaha anda penuh dengan rahasia, pelanggannya hanya target tertentu yang tidak boleh diketahui umum, atau negara, apalagi media, baik itu media cetak apalagi situs berita.

Saat ini sosial media merupakan tempat berpotensi tinggi untuk bisa mengembangkan berbagai jenis bisnis. Tiga aspek penting social media marketing yang juga perlu diperhatikan di sini ialah membuat bisnis anda bisa dilihat dan diketahui oleh orang banyak karena “sesuatu”. Sesuatu yang dimaksud di sini bisa berupa produk, barang, layanan atau jasa apa saja. Tentunya untuk bisa dilihat dan diketahui banyak orang anda harus melakukan promosi melalui berbagai cara, salah satunya media sosial yang penggunanya di Indonesia, mendapat posisi 5 besar dunia.

Seperti yang diketahui, saat ini sosial media menjadi salah satu cara paling efektif dalam mempromosikan bisnis. Kemudahan karena begitu populernya sosial media seperti menjadi tempat strategis bagi para pelaku bisnis untuk bertemu langsung dengan konsumen. Untuk itu beberapa strategi di bawah ini bisa diterapkan. Sebelum membuat akun dan memposting di sosial media, beberapa aspek penting dalam sosial media marketing berikut ini bisa menjadi pertimbangan penting.

Blog
Blog merupakan alat sosial media terkuat yang bisa digunakan untuk membuat promosi bisnis,  disebut juga dengan digital marketing atau internet marketing, penjelasannya dapat dilihat di SEOTAMA. Bisa dengan menggunakan blog, Anda juga bisa menulis lebih runut, membangun link marketing, e-mail marketing, mengaplikasikan SEO (Search Engine Optimization), konten marketing. Menautkan video marketing dari YouTube atau situs sejenis dan lainnya. Blog yang memiliki trafik tinggi bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis yang dijalankan, leads datang secara sukarela, mereka bisa datang dan kembali lagi bila dikelola dengan baik dan menarik tanpa cheating. Seperti halnya sebuah toko yang ramai pengunjungnya, Blog pun demikian. Untuk itu optimasi sangat penting dilakukan guna meningkatkan trafik yang masuk setiap saat. Bila ingin memahaminya lebih dalam silahkan dilihat disini teknik SEO yang baik.

Komunitas Online
Jangan menyepelekan manfaat besar dari komunitas online atau grup. Sudah banyak pemilik bisnis yang melakukan promosi melalui jaringan komunitas virtual ini hingga kopi darat, memperluas network dan meningkatkan trust. Melalui cara ini pebisnis online bisa mendapatkan banyak trafik, rekomendasi dan keuntungan lainnya. Selain itu konsumen yang ada semakin bertambah dan penjualan meningkat.

Social Profiles
Gunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, Instagram, Path dan lainnya sebagai tempat membuat akun, upayakan diupdate secara teratur. Hal ini berguna untuk membangun penyebaran informasi produk bisnis anda menjadi lebih luas. Selain itu, membuat social profiles juga bermanfaat untuk membangun tingkat kepercayaan, menunjukkan eksistensi usaha dan pemiliknya, membuka peluang untuk lebih dikenal, hingga diperkenalkan, di-share oleh pemilik akun lain.

Melalui tiga aspek penting sosial media marketing sebaiknya dirancang dengan baik, harus ada strategi yang tepat, terutama disaat genting. Saat penjualan menuruh, atau musim yang tidak berpihak kepada jenis bisnis yang dijalankan, misalnya anak sekolah libur, menjelang lebaran atau akhir tahun dan sebagainya. Bisa juga digunakan untuk meningkatkan penjualan disaat penting, meraih volume penjualan saat pasar sedang membutuhkannya, misalnya musim liburan. Social network juga diamati oleh pelaku bisnis yang piawai melakukan Media Monitoring dengan profesional, seperti layanan jasa yang diberikan oleh Moores Rawland di Indonesia.

Dibutuhkan beberapa langkah lainnya agar bisa memberikan hasil maksimal, yang penting diingat, harus ada strategi yang tepat, bukan hanya sekedar membuatnya akun di banyak media sosial, kemudian ditinggalkan dan berdoa semoga konsep ini jalan. Harus dipikirkan dengan baik, atau serahkan pada professional untuk mengelolanya dengan baik, lebih terarah dan tepat sasaran.

Social Media Marketing
Previous Post Next Post

News Feed