Belajar Accurate Accounting Software

Belajar ACCURATE Accounting Software Secara Autodidact

Dapat dikatakan bahwa ACCURATE Accounting Software adalah program aplikasi akuntansi yang paling banyak digunakan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia, hal ini tentu saja didasari dari berbagai kelebihan yang dimiliki program akuntansi ACCURATE, selain sangat mudah digunakan, lebih praktis dan memiliki kompatibilitas terhadap kebiasaan jenis bisnis yang berlaku di Indonesia. Namun ada yang perlu diperhatikan, layanan untuk mengimplementasikan ACCURATE bagi perusahaan-perusahaan masih terpusat di kota-kota besar saja, masih belum menjangkau kota-kota kecil atau daerah-daerah lain, terutama yang jauh dari Jakarta. Kalaupun ada mungkin hanya sebatas layanan pelanggan (customer service, help) melalui telepon, fax, komunikasi dengan email, chatting, berinteraksi di media sosial Facebook Fan Page, mengunjungi solution center, atau bertemu dengan team viewer, dan bantuan secara online lainnya, apakah itu dengan BBM atau WhatsAp. Kalaupun pemilik usaha harus mendatangkan tenaga ahli seperti implementor langsung dari kota besar ke daerah-daerah maka UKM akan mengeluarkan biaya ekstra, menanggung biaya akomodasi, sedangkan dilihat dari ruang lingkup usahanya mungkin masih belum bisa dialokasikan untuk  mengeluarkan biaya tersebut.

Bagaimanapun implementasi jika didampingi tenaga ahli atau implementor akan lebih efektif dan penggunaannya lebih maksimal. Bagi anda yang mengalami kendala, ada opsi terbaik yakni dengan "Belajar ACCURATE Accounting Software Secara Autodidact" Pilihan efisien bagi pengguna sehingga dengan ilmu yang dipelajari, setelah belajar sendiri maka anda dapat memiliki konsep bagaimana seharusnya menggunakan ACCURATE dengan baik pada usaha yang dikelola. Tentunya hal ini harus ditunjang dengan pengetahuan yang memadai tentang konsep penjurnalan akuntansi dan laporan keuangan, untuk lebih memudahkan memahami konsep tersebut, dibanding Anda tidak sama sekali memiliki ilmu akuntansi. Ada beberapa tutorial online yang dapat anda gunakan untuk belajar ACCURATE Accounting Software, diantaranya:

1.    Blog Tutorial ACCURATE
2.    Solution Center ACCURATE
3.    Support Chat Online
4.    Install Aplikasi Help di ACCURATE

Selain belajar secara online, ada beberapa buku yang kami rekomendasikan untuk dibaca pengusaha kecil yang masih baru mulai menggunakan perangkat lunak software accounting ini, bila ingin belajar ACCURATE lebih mendalam untuk menopang kegiatan usaha dengan sistim yang siap pakai dan telah teruji.

1. Mastering ACCURATE Accounting 4
Buku Mastering ACCURATE Accounting 4 memberikan penjelasan mengenai fitur-fitur dasar dari ACCURATE versi 4 yang umum digunakan dalam pengelolaan pembukuan perusahaan atau bisnis. Pembahasan dibagi kedalam delapan bab. Antara lain mengulas mengenai proses membuat dan membuka database, persiapan data awal menggunakan Quzy, siklus penjualan serta pembelian, fitur-fitur yang berkaitan dengan siklus penjualan maupun pembelian, pencatatan pendapatan dan beban, memasukkan data aktiva tetap dan yang terakhir adalah mengenai pembahasan kegiatan akhir bulan serta laporan keuangan perusahaan yang terdapat di ACCURATE 4. Dengan belajar sendiri, membaca buku pintar ini, dipastikan anda dapat menggunakan fitur-fitur dasar yang umum diperlukan dalam pengelolaan pembukuan.

2. Mastering ACCURATE Accounting 4 Lanjutan
Sesuai dengan judulnya, buku ini merupakan buku kedua atau lanjutan dari buku berjudul sama yaitu Mastering ACCURATE 4. Pada tingkat yang lebih mahir dibahas mengenai fitur-fitur lanjutan yang lebih kompleks pada program ACCURATE 4, antara lain fitur Recurring kemudian Memorize and Copy Transaction, Serial Number and Expired Date pada Inventory, Return Merchandise Authorization (RMA), dilengkapi dengan Export Import Transaction dan banyak lagi materi yang menarik. Seluruh pembahasan dibagi dalam sepuluh bab. Diharapkan dengan terbitnya buku lanjutan ini, pembaca akan dapat memahami penggunaan fitur-fitur yang terdapat pada ACCURATE 4 dengan lebih baik.

3. Latihan ACCURATE 4 dalam 240 Menit + CD
Buku pintar berisi kumpulan transaksi pada modul–modul ACCURATE4 Standart Edition (SE), yaitu mulai dari modul penjualan sampai dengan Modul RMA (persediaan). Pada setiap transaksi diberikan ‘check point’ yang bertujuan agar pembaca, pengguna ACCURATE 4 dapat memeriksa apakah transaksi yang dimasukan telah tepat, tanpa melihat ke petunjuk penginputan transaksi yang diberikan pada bagian 2 dari isi buku ini. Diharapkan dengan hadirnya buku lanjutan ini, pembaca atau pengguna ACCURATE 4 dapat mencoba kemampuannya dalam mengaplikasikan software akuntansi ACCURATE serta mampu memeriksa kebenaran transaksi yang mereka masukan.

4. Advanced Setup Using ACCURATE 4 + CD
Buku tingkat mahir membahas mengenai apa yang perlu dipersiapkan untuk membuat database awal di ACCURATE 4. Juga mengulas satu per satu (step-by-step) cara memasukkan data-data awal kedalam database ACCURATE 4, melalui fitur Advance Setup (Persiapan Mahir). Fitur Advance Setup merupakan fasilitas yang disediakan untuk proses penginputan data-data awal ke dalam database. Dengan fitur ini pengguna bisa melakukan penginputan data-data awal dengan cara mengimportnya dari file excel CSV (*.csv), (*.xls), Dbase (*.dbf), Interbase (*.gdb), Paradok (*.db) dan ACCURATE Import Log (*.log). Dengan maksud memberikan kemudahan bagi pengguna ACCURATE 4, khususnya bagi pengguna baru untuk bermigrasi dari tempat lain ke database ACCURATE 4.

Proses import data-data awal yang dibahas pada buku Advanced Setup Using ACCURATE 4 adalah proses pemindahan data dari file excel (*.xls). Pembahasannya meliputi apa saja data-data yang perlu disiapkan dan langkah-langkah untuk melakukan proses import awal ke dalam database ACCURATE 4 dari file Microsoft excel (*.xls). Penulis buku memilih pembahasan proses import dari file data excel (*.xls) karena secara umum, kemungkinan pengguna lebih mengenal file tersebut dibandingkan dengan file-file lainnya. Dengan begitu pembaca buku akan lebih mudah memahami mengenai proses import data-data awal ke dalam database ACCURATE Accurate Accounting Software 4. Secara garis besar, buku ini memberikan informasi yang sangat detail kepada pembaca mengenai proses pembuatan database awal ACCURATE 4 serta dilengkapi dengan CD installer software trial ACCURATE 4 dan data-data pendukung dalam file Excel yang bisa Anda pelajari.

5. Design Form Template ACCURATE versi 4
Design Form Template ACCURATE versi 4 khusus untuk mempelajari cara-cara merancang, membuat formulir (form) di ACCURATE versi 4, dipersembahkan untuk para pengguna yang ingin mengerti dengan cepat cara merancang formulir di dalam ACCURATE versi terbaru.

Susunan langkah-langkah cara merancang formulir sangat mudah dipelajari sehingga memudahkan merancang desain formulir yang diinginkan oleh pengguna ACCURATE Accounting Software. Selain itu, terdapat contoh-contoh mempelajari cara mendesain dan cara menambahkan variable ke dalam rancangan agar dapat ditampilkan saat di cetak.

Dalam buku ini juga disertakan cara melakukan modifikasi, perubahan dalam laporan dan kegunaan fitur-fitur dalam menu "Modify", sehingga mempermudah saat melakukan modifikasi laporan-laporan yang terdapat dalam ACCURATE ver. 4.

Dengan adanya buku "Design Form Template" ini diharapkan pengguna dapat mengetahui fungsi fitur form, cara mendesain formulir, langkah-langkah yang harus di lakukan untuk merancang suatu form sesuai dengan rancangan yang diinginkan dan membantu para pengguna untuk menggunakan dan merancang form template secara maksimal. Buku-buku tersebut di atas menurut kami wajib anda miliki apabila anda ingin mahir menggunakan ACCURATE secara maksimal dengan metode "autodidak" dan buku-buku lainnya adalah bersifat tambahan apabila anda ingin untuk mendalami modul-modul lainnya secara praktikal.
 
Buku-buku yang disebutkan diatas dapat anda beli secara online di www.bookoopedia.com dengan mencarinya, gunakan kata kunci "accurate",  masih banyak pilihan buku-buku ACCURATE lainnya yang bisa anda miliki dan pelajari dengan mudah.

Sumber:
www.bookoopedia.com dan www.cpssoft.com

ACCURATE Accounting Software

Previous Post Next Post

News Feed