Ternyata Begini Cara Virus Menyerang Perangkat Komputer

Virus komputer

Kemungkinan beberapa jenis virus komputer menyerang  perangkat PC Anda sangat tinggi. Terutama bagi orang yang menggunakan teknologi setiap hari, baik untuk tujuan pribadi maupun pekerjaan.

Virus komputer sebanding dengan virus biologi karena dapat menyebar dengan relatif cepat. Mengetahui cara penyebarannya adalah langkah pertama untuk mencegah perangkat Anda terinfeksi.

Bagaimana Virus Komputer Menyebar?

Dikutip dari Uniserveit, ada berbagai jenis virus komputer, ada yang umum dan ada pula yang khusus. 

Virus komputer dibuat untuk mengubah komputer seseorang dan menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya.

Email Phishing

Apa pun layanan email yang kamu gunakan, pasti akan menerima email promosi yang tak terhitung jumlahnya di kotak masuk, terutama jika kita secara tidak sadar berlangganan berbagai iklan yang dilihat secara online.

Email semacam itu cenderung membawa serangkaian lampiran dan tautan berbahaya, dan ketika kita tanpa curiga membuka hal-hal ini, mereka dapat menginfeksi sistem komputer Anda, menyebabkan kerusakan dan kemungkinan kehilangan data dan/atau uang.


Ingatlah bahwa peretas dapat menyamarkan hal-hal berbahaya ke dalam gambar atau teks atau tombol ajakan bertindak yang bagus, yang mendorong Anda untuk mengekliknya tanpa berpikir panjang.

Unduhan Online

Apa pun yang Anda unduh 
melalui internet dapat mengandung virus. Entah itu dokumen, uji coba perangkat lunak gratis, aplikasi, atau bahkan perangkat lunak perlindungan virus gratis. 

Setelah Anda menginstal file-file ini, virus komputer dapat menyebar dengan cepat, mendatangkan malapetaka pada sistem Anda.

Sasaran empuk lain bagi peretas adalah unduhan ilegal, seperti film, game, atau musik yang bahkan tidak dapat dicegah oleh anti-virus yang bagus sekalipun.

Media Sosial

Media sosial adalah taktik terbaru dalam menyebarkan virus komputer. Ada banyak contoh peretasan dari situs web jejaring sosial seperti Facebook. 

Tautan dibagikan di mana-mana di platform ini, jadi berhati-hatilah saat mengklik video, gambar, atau tautan.

Ketahuilah kapan harus mengenali situs berita yang tidak sah, video atau gambar yang mencurigakan di media sosial untuk menghindari menjadi korban.

Jenis Virus Komputer yang Paling Berbahaya

Penjahat siber menggunakan alat dan teknik yang licik untuk menghindari firewall keamanan dan memanipulasi pengguna agar menyerahkan informasi sensitif. Penjahat ini selalu mencari cara baru untuk membobol sistem untuk mencuri data atau uang.


Terinfeksi oleh virus komputer dapat terjadi pada kita semua. Sering kali, virus ini mudah diobati, tetapi dalam beberapa kasus, ini bisa menjadi bencana besar yang membuat perangkat menjadi berantakan.

Sebagai latar belakang singkat, berikut ini adalah empat virus komputer paling berbahaya sepanjang masa dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis.

Virus I Love You
Virus ini menyebabkan kerusakan senilai $10 miliar, menginfeksi hampir 10% komputer di seluruh dunia. 

Virus ini ditularkan melalui email yang berisi baris subjek "I Love You" yang membuatnya sulit untuk diabaikan oleh pengguna.

Email tersebut juga berisi lampiran dengan nama file: Love-Letter-For-You.TXT.vbs. Setelah file dibuka, virus ini secara otomatis mengirim email ke 50 kontak pertama yang tersedia di buku alamat, sehingga virus ini menyebar dengan cepat.

Virus Melissa
Ini adalah virus lain yang menyebar dalam bentuk lampiran email: "List.doc." Mirip dengan virus I Love You, setelah file dibuka, virus ini akan mengirim email ke 50 kontak pertama dengan sebuah pesan: "Ini adalah dokumen yang Anda minta...jangan tunjukkan kepada orang lain."

Virus My Doom
My Doom menginfeksi sekitar dua juta PC, menggemparkan dunia malware pada tahun 2004.


My Doom menyebar secara eksponensial melalui email dengan alamat email pengirim dan baris subjek yang acak.

Penerima email akan tertipu dan menganggap pesan tersebut sebagai bounced karena terbaca: Transaksi Mail Gagal. 

Tetapi segera setelah pengguna mengklik pesan tersebut, worm email ini akan mengirimkan dirinya sendiri ke alamat email dan menyalin dirinya sendiri ke folder program P2P mana pun untuk beredar melalui jaringan.

Virus Code Red
Code Red mengambil keuntungan dari server web Microsoft IIS saat menyebar pada server ini di tahun 2001. 

Virus ini tidak membutuhkan pengguna untuk membuka lampiran email atau mengeksekusi sebuah file karena hanya membutuhkan koneksi internet yang aktif.

Setelah perangkat terinfeksi, virus ini membuat ratusan salinan dirinya sendiri, menghabiskan sumber daya sistem. Salah satu gejala yang mudah diingat dari virus ini adalah ia meninggalkan pesan, "Diretas oleh orang Cina!" pada halaman web yang terinfeksi.

Virus ini diperkirakan menyebabkan hilangnya produktivitas sebesar $2 miliar dengan menginfeksi satu juta PC.

Kesimpulan
Virus komputer ada, dan sebagai individu yang pekerjaannya bergantung pada komputer, berjaga-jaga sangatlah penting.

Jika kamu mengetahui adanya virus komputer, menghapusnya dengan segera adalah tindakan terbaik. 

Semakin lama virus itu berada di sistem Anda, semakin banyak kerusakan yang dapat ditimbulkannya. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed