728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

5 Cara Agar Smartphone Tidak Overheat

Ketika menggunakan smartphone, tentu smartphone kita pernah mengalami yang namanya overheated (kepanasan). Tentunya hal ini merupakan kondisi yang paling sering dirasakan pengguna smartphone terutama bagi pengguna aktif sosmed. Kondisi ini tentunya membahayakan bagi pengguna ataupun smartphone itu sendiri, bahkan ada beberapa kejadian overheat yang sampai membuat smartphone meledak.



overheat ini merupakan suhu smartphone yang secara drastis menjadi panas dan tentunya dapat mengganggu aktifitas penggunanya. Ada banyak penyebab yang membuat smartphone mengalami overheat, namun penyebab utamanya karena penggunaan berbagai aplikasi sekaligus (multitasking).

Selain multitasking, penyebab lain dari kondisi gadget yang satu ini karena pengisian daya untuk smartphone dengan menggunakan kabel yang tidak sesuai. Untuk menghindari kasus yang seperti ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti cara di bawah ini.

5 Cara Mendinginkan Smartphone Overheat


Hindari tempat yang panas
Jika smartphone yang Anda gunakan sudah mulai memanas, sebaiknya jangan menggunakan smartphone di tempat panas juga. Contohnya seperti jangan menggunakan smartphone di dalam mobil dengan kondisi terkena sinar matahari langsung, tentunya kondisi ini akan membuat smartphone semakin panas karena suhu dalam mobil semakin panas.

Istirahatkan Smartphone
Jika smartphone sudah terlanjur panas, bahkan sampai tidak dapat dipegang lagi. Solusi yang paling baik adalah dengan mengistirahatkan smartphone tersebut, hentikanlah berbagai kegiatan yang membuat smartphone menjadi overheat. Untuk langkah yang lebih efektif, Anda dapat menyimpan smartphone di atas lantai yang dingin agar proses pendinginan lebih cepat.

Sekiranya istirahatkan smartphone dalam waktu 30 menitan atau sampai smartphone dingin, matikan smartphone atau Anda juga dapat melepaskan baterainya jika perlu. Jika memungkinkan, letakan smartphone di ruangan ber AC.

Jangan menyimpan smartphone di dalam saku
Ketika suhu udara semakin panas, jangan pernah mencoba menyimpan smartphone di saku celana  ataupun dalam tas. Kondisi seperti ini telah banyak menimbulkan kasus, dimana smartphone terbakar di saku celana karena terlalu kepanasan. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya jangan menyimpan smartphone dalam saku, untuk lebih amannya matikan smartphone saat tidak digunakan. 

Jangan menggunakan banyak aplikasi
Ketika smartphone sedang dalam keadaan overheat, sebaiknya matikan seluruh aplikasi yang sedang berjalan dan jangan menggunakan aplikasi apapun. Diamkan dulu smartphone  sampai dingin, matikan semua aplikasi dan kalo bisa Anda dapat men-delete beberapa aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan atau hanya memadati memori penyimpanan saja.

Gunakan bantuan aplikasi pendingin
Sebenarnya poin yang satu ini tidak terlalu disarankan, karena dengan hanya cara manual di atas sebenarnya smartphone sudah dapat tertolong dan dapat secepatnya sembuh. Namun jika ada aplikasi yang benar-benar manjur, tentu saja hal tersebut tidak ada salahnya untuk dicoba. Tapi jika tidak mau menggunakan aplikasi pembantu ini, sebenarnya tidak masalah juga.

Aplikasi pendingin ini dapat ditemukan di play store ataupun iOS secara gratis, tentu hal ini akan lebih memudahkan Anda karena tidak perlu membayar. Ada beberapa aplikasi pendingin yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mendinginkan smartphone seperti Ease US Coolphone, Cooler Master, Master Doctor Droid Cooler, dan juga Coolify.

Dengan menggunakan 4 cara dan 1 cara khusus di atas, tentunya smartphone Anda yang mengalami kondisi overheat ini dapat segera ditangani dan sembuh. Namun sebagai pencegahan, sebaiknya jangan gunakan smartphone secara over, dimainkan selagi dicas, menggunakan banyak aplikasi sekaligus, dijemur di tempat panas, dan hal lain yang sekiranya dapat membuat suhu smartphone naik. 

5 Cara Agar Smartphone Tidak Overheat
  • Title : 5 Cara Agar Smartphone Tidak Overheat
  • Posted by :
  • Date : 11:44 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Cara Agar Smartphone Tidak Overheat Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top