728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Waktu Yang Tepat Membangun Backlink

Selaku penggiat SEO, pernahkah anda berfikir dan bersemangat untuk membangun backlink sebanyak-banyaknya. Itu ide bagus, tapi harus sangat waspada. Cara ini yang banyak dilakukan oleh para pemain SEO pemula tapi salah. Kenapa salah? Bayangkan saja ketika ada fresh domain (domain baru) tiba-tiba memiliki banyak backlink dan popularitas meningkat dengan pesat, aneh ngak? Google akan melihat ini sebagai indikasi yang perlu dikoreksi. Jika begitu, kapan waktu yang tepat membangun backlink?

Sebagai mesin pencari, Google akan berusaha semaksimal mungkin memberikan hasil terbaik untuk penggunanya. Termasuk situs-situs yang telah berumur, dibandingkan dengan yang baru meskipun telah populer. Fresh domain akan terlihat tidak natural jika terlalu cepat memiliki segudang backlink, jadi mulailah di saat yang tepat.

Saat ditanya kapan waktu terbaik untuk memulai membangun backlink (link building) Master SEO Indonesia, Charlie M. Sianipar pendiri GALASEO, perusahaan SEO Indonesia, mengatakan. Di saat Website sudah mulai stabil, kaya dengan konten dan siap untuk dipromosikan.

Alasannya :
1. 1.    Google sangat mungkin mengambil kesimpulan bahwa situs Website tersebut melakukan manipulasi link karena banyak Website memberikan link vote (backlink) pada fresh domain. Hati-hati jika domain yang benar-benar baru dan tiba-tiba banyak orang merekomendasikan Web tersebut.

2. 2.    Algoritma search engine akan menghitung perkiraan jumlah visitor dengan bounce rate dalam Website dan mengkalkulasikannya dengan tepat. Hasilnya akan terlihat manipulasi klik dan fake social signal yang mengarah ke sana. Artinya situs dengan bounce rate tinggi berarti bahwa konten di dalamnya tidak menarik bagi visitor.

Konten yang tidak menarik pastinya share social signal buruk, apalagi backlik menuju situs itu melulu. Kualitas signal yang hanya melakukan share artikel hanya mengejar backlink semata menjadi sangat penting.

1. 3.    Google juga memiliki massive rate data untuk memprediksi berapa jumlah backlink wajar yang seharusnya dilakukan. Dihitung berdasarkan jumlah visitor yang masuk. Artinya bahwa setiap backlink, social signal dan peningkatan jumlah visitor harus sesuai hitung-hitungan rumus Google yang tidak pernah diublikasikan tersebut. Jika salah satunya terlalu tinggi, jangan harap situs anda nangkring di halaman pertama, Pakar SEO sangat hati-hati dengan ini.

Nah ini juga yang jadi alasan kenapa banyak Website baru yang melakukan pembuatan backlink sering mendapat sandbox, dikarantina. Hilang dari halaman pencarian situs penjejak. Pastikan terhindar dari tindakan manipulasi link yang bisa berdampak buruk pada situs Web, terutama situs bisnis untuk jangka panjang. Meskipun sebenarnya hal yang dilakukan tepat, tapi jika melihat situs belum stabil pasti hasilnya sangat buruk. Tunggu domain baru stabil dan barulah memulai membuat backlink dari sumber yang tepat.

Bagi Anda yang kesulitan menangani domain baru, berikut ini beberapa tips untuk menangani fresh domain agar bisa segera mendapat tempat di Google:

1.1. Lakukan posting sebanyak mungkin yang sesuai dengan niche situs anda, hindari penalty “duplicate content” dan Juga “thin content” dari algoritma Panda.

2.2. Tambahkan social signal berupa real human ke situs anda. Bisa dilakukan dengan menggunakan dripfeed selama 30 hari, 3-5 social signap perhari sudah cukup

3.3. Lakukan optimasi internal link seperti related post atau artikel lain yang bermanfaat. Ini baik untuk memperkecil bounce rate.

Tadi dikatakan membuat backlik di waktu yang tepat adalah saat Website sudah stabil. Tapi perlu diketahui bahwa setelah domain stabil, backlik juga harus sangat berhati-hati, terlalu agresif bisa justru mematikan.

Perhatikan dengan jeli efek yang timbul setiap update algoritma Google meski minor update. Jika Website tidak mendapatkan efek apapun, barulah dikatakan jeli, paham waktu yang tepat kapan membangun backlink. Tapi jika masih naik-turun tidak jelas, sebaiknya tunggu beberapa saat lagi dan tetap lanjutkan posting artikel. Bersabarlah atau serahkan pada ahlinya, Master SEO Indonesia siap bekerja melakukan optimasi dengan tepat dan aman, terutama situs bisnis milik korporasi yang sering mencari SEO agency yang handal.

http://www.galaseo.com/local-seo-services/

Waktu Yang Tepat Membangun Backlink
  • Title : Waktu Yang Tepat Membangun Backlink
  • Posted by :
  • Date : 2:58 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Waktu Yang Tepat Membangun Backlink Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top