728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Atasi Memori Penuh di Android Karena RAM Kecil

Banyak sekali hal yang bisa anda lakukan dengan sebuah gadget, namun hal ini bisa membuat memori internal sebuah gadget atau smartphone menjadi cepat penuh. Beberapa hal yang seringkali membuat smartphone anda cepat penuh yaitu terlalu banyak menginstal game maupun aplikasi yang di download maupun sejenisnya.


Berikut beberapa tips untuk mengatasi memori penuh pada gadget tanpa sebuah aplikasi


Bersihkan Cache Map Pada Google Map Untuk Mengatasi Memori Penuh

Cara pertama untuk mengatasi memori penuh, yaitu dengan menghpus cache map. Rata-rata sebuah smartphone sudah dilengkapi dengan Google Map dan fitur GPS. Saat anda memanfaatkan fitur ini untuk pergi ke suatu tempat dan menggunakan offline map, ini menjadi salah satu faktor yang membuat memori internal smartphone android menjadi cepat penuh.

Untuk mengatasi hal ini, bukanlah fitur Google Map, kemudian pilih menu yang ada di bagian kiri atas untuk menghapus offline area.

Hapus Sinkronisasi Playlist Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Tentu anda sering sekali memanfaatkan smartphone anda untuk mendengarkan musik secara online seperti Spotify karena memberikan banyak sekali pilihan playlist lagu-lagu favorit. Dalam aplikasi Spotify, anda bisa mendownload lagu dengan sangat mudah. Hal ini tentu sangat menyenangkan namun ternyata hal ini bisa membuat penyimpanan internal menjadi penuh.

Untuk mengatasi hal ini, buka aplikasi Spotify dan pilih Library pada menu utama. Daftar sinkronisasi berwarna hijau merupakan musik yang sudah anda download. Untuk menghapusnya, hilangkan ceklis pada offline dari gadget anda.

Sedangkan untuk Google Play Music, anda bisa cek Manage Download dari menu Setting selanjutnya anda akan melihat daftar layu yang ada di gadget anda. Caranya sangat mudah, anda tinggal memberikan ceklis pada tiap lagu yang ingin dihapus dari playlist.

Hapus File Yang Sudah Tidak Digunakan Dari Hasil Download Browser
Cobalah anda cek file yang pernah didownload dari website ke gadget anda. Beberapa file dengan ukuran besar dan sudah tidak dibutuhkan lagi sebaiknya dihapus saja karena hal ini akan membuat memori internal menjadi penuh. Dalam browser Chrome, setiap file yang didownload secara otomatis akan masuk ke folder download.

Hapus Game Maupun Aplikasi Yang Sudah Lama Tidak Digunakan
Begitu banyaknya aplikasi gratisan yang anda download  dan terinstall di gadget akan membuat anda lupa bahwa hal tersebut bisa menyebabkan memori internal menjadi penuh. Seringkali ada beberapa games maupun aplikasi dengan ukuran besar yang sudah tidak lagi anda pakai.

Game Android dengan kualitas HD kebanyakan memiliki ukuran di atas 500 MB. Untuk memperbesar memori internal smartphone anda sebaiknya hapus games yang sudah tidak lagi anda mainkan.

Hapus Video Maupun Foto Yang Tidak Perlu Maupun Yang Duplikat
Fitur kamera yang kian hari kian canggih, biasanya akan membuat anda suka sekali mengambil foto maupun video hingga tanpa disadari file-file tersebut sudah sangat banyak. Seringkali terdapat gambar maupun video yang kurang begitu penting dan membuat memori internal gadget anda semakin pehuh.

Saatnya anda memilih-milih video maupun foto-foto mana saja yang sudah tidak diperlukan. Anda bisa memindahkan foto maupun video yang sayang untuk dihapus  dari gadget ke dalam media penyimpanan lain seperti flash disk. Atau anda bisa menjadikan gadget untuk support OTG sehingga bisa memindahkan file secara langsung.
Atasi Memori Penuh di Android Karena RAM Kecil
  • Title : Atasi Memori Penuh di Android Karena RAM Kecil
  • Posted by :
  • Date : 2:11 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Atasi Memori Penuh di Android Karena RAM Kecil Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top