728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Terungkap, Inilah 10 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan dua jenis gula yang sering digunakan dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yakni gula Aren atau biasa disebut gula merah dan gula putih. Berbeda dengan gula  putih yang berbentuk butiran dan berasal dari sari batang tebu. Kali ini gula aren memiliki tekstur yang padat dan kasar karena gula ini terbuat dari sari buah aren dan diolah dengan cara tradisional.



Gula aren ini banyak sekali digunakan oleh ibu-ibu dirumah untuk melengkapi masakannya setiap hari. Hal ini dikarenakan gula aren mengandung kalori yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan obesitas. Tidak hanya itu saja gula aren ini juga mempunyai banyak khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Berikut 10 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Tubuh


Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam gula aren tentu sudah terdapat beberapa unsur kimia yang dapat melancarkan sistem peredaran darah dengan baik sehingga kinerja dan fungsi organ-organ tubuh akan menjadi lebih optimal. Kandungan unsur kimia pada gula aren ini juga dapat berfungsi untuk lebih meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menstabilkan Kadar Kolestrol yang ada Di dalam Tubuh

Gula aren juga ternyata memiliki kandungan niacin yang dapat berperan sangat penting dalam menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah manusia. Kandungan niacin ini juga tentunya dapat berfunsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghaluskan kulit.

Sebagai Sumber Antioksidan

Tahukah Anda jika di dalam gula aren itu terdapat kandungan antioksidan dalam jumlah yang sangat banyak. Kandungan antioksidan tentu saja dapat menangkal radikal bebas dan dapat membuat tubuh menjadi sehat sehingga tubuh terlindungi dari berbagai macam penyakit yang dapat berbahaya seperti kanker kulit yang bisa saja terjadi.

Mencegah dan Mengobati Penyakit Anemia

Gula aren tentu saja memiliki kandungan zat besi  yang cukup tinggi dan kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga dapat mengobati dan mencegah penyakit anemia atau penyakit yang biasa disebut kurang darah.

Meningkatkan Sistem Pencernaan 

Kandungan zat niacin juga tentunya dapat meningkatkan sistem pencernaan sehingga tubuh akan terhindar  dari berbagai masalah dan dapat menyehatkan organ-organ pencernaan. Jika Anda ingin proses pencernaan Anda setiap  harinya lancar maka sebaiknya Anda mengkonsumsi gula aren.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Anda harus mengetahui bahwa sekarang ini banyak sekali orang yang memiliki penyakit serius atau meninggal karena disebabkan oleh tidak lancarkan sirkulasi darah. 

Dengan sirkulasi udara yang tidak lancar tentu hal tersebut dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu dengan sirkulasi tidak lancar maka akan menyumbat saluran peredaran darah, menurunkan kinerja jantung dan dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

Mengobati Sariawan

Siapa yang tidak pernah merasakan yang namanya sariawan? Tentu semua orang pernah merasakannya bukan? Sariawan yang sering kali mengganggu aktivitas makan Anda karena jika Anda makan maka akan terasa sakit. Untuk itu jika Anda sariawan maka lebih baik Anda mengkonsumi gula aren. 

Kembali kepada kandungan gula aren yakni niacin yang dibuktikan bahwa kandungan tersebut dapat mengobati sariawan dengan baik dan caranya hanya dengan menempelkan gula aren pada bagian mulut yang mengalami sakit sariawan.

Dapat Membuat Tubuh Menjadi Hangat

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa gula aren dapat menghangatkan tubuh? Ternyata perlu Anda ketahui bahwa kandungan nutrisi dan  unsur kimia yang ditemukan di dalam gula aren tentu saja memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh sehingga tubuh tetap stabil dan akan terhindar dari penyakit flu yang sering sekali menjangkit tubuh kita setiap saat.

Ampuh untuk Diet

Siap yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal?  Tentu kebanyakan orang ingin sekali memiliki tubuh yang ideal bukan. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya program diet  yang dilakukan oleh masyarakat. Pada umumnya, tentu orang yang menjalani program diet akan cenderung menghindari makanan yang manis-manis. 

Akan tetapi jika Anda mengkonsumsi gula aren maka hal tersebut justru sangat baik untuk mendukung program diet Anda. Karena gula aren memiliki kandungan rendah kalori sehingga tidak akan mempengaruhi program diet Anda.

Sebagai Campuran Ramuan Obat

Jika Anda tidak bisa meminum obat pahit maka gula aren ini dapat dijadikan solusi sebagai campuran obat. Gula aren biasanya banyak digunakan untuk campuran  ramuan obat karena selain dapat berfungsi sebagai pemanis, gula aren juga dapat memaksimalkan manfaat dari ramuan obat tersebut.

Nah, itu dia manfaat dari gula aren yang harus Anda ketahui. Siapa yang menyangka bahwa ternyata gula aren ini yang biasanya kurang begitu dilirik bahkan disepelekan banyak orang ini ternyata menyimpan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. 

Terlebih lagi banyak sekali gula aren yang  dijual murah dipasaran sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya banyak demi mendapatkan manfaat diatas. Meskipun demikian lebih baik mengkonsumsi gula aren sewajarnya dan tidak berlebihan.

Karena sebagai orang yang awam jika tidak mengerti efek samping yang akan ditimbulkan oleh gula aren secara berlebihan akan sangat membahayakan tubuh. Misalnya jika Anda memiliki  penyakit diabetes maka Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apakah boleh mengkonsumsinya atau tidak.

Terungkap, Inilah 10 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan
  • Title : Terungkap, Inilah 10 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan
  • Posted by :
  • Date : 9:19 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Terungkap, Inilah 10 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top