Bagian Penting Stabilisasi Tanah dan Perbaikan Tanah


Kondisi dan kontur tanah di setiap daerah tak bisa sama, pada proses perkerasan jalan raya dibutuhkan kondisi tanah dengan spesifikasi terbaik mulai dari keras, kokoh, dan kuat. Akan tetapi dalam proses stabilisasi tanah dan perbaikan tanah membutuhkan banyak hal seperti mengetahui prosesnya yang mana dibedakan menjadi 4 metode. Ada metode penting mulai dari penggantian tanah asli, perbaikan gradasi butiran, stabilisasi dengan bahan kimia, sampai stabilisasi dengan pemadatan. Meskipun dari prosesnya terbilang berbeda tetapi pada hasil akhirnya masih mengharapkan kekuatan lapisan tanah terbaik.

Adapun tujuan dari perbaikan tanah yakni untuk mendapatkan lapisan tanah lebih stabil dan kuat pada semua kondisi. Mengenai usaha stabilisasi hanya dilakukan seperlunya saja mengingat konstruksi lapisan tanah harus ditentukan dalam waktu cepat. Ada beberapa metode penting dalam proses stabilisasi tanah dan perbaikan tanah.

Metode Stabilisasi Tanah dan Perbaikan Tanah
Melihat pentingnya lapisan tanah di bagian dasar memperlihatkan kepada kita bahwa ada mekanisme pemantauan stabilisasi tanah bahkan sampai perbaikan tanah. Lalu apa saja metode-metode dalam proses stabilisasi tanah?

Stabilisasi Mekanis
Salah satu mekanisme dalam proses stabilisasi tanah ataupun perbaikan tanah sudah bisa terlihat dimana proses mekanis menjadi satu pilihan tepat. Seara teknis, tanah distabilisasi secara mekanis dengan melihat daya dukung tanah agar nantinya mampu menopang beban berat terhadap deformasi muatan. Dalam stabilisasi mekanis juga tak lupa memperhatikan sifat tanah dimana memiliki pergeseran antara butir tanah beserta daya ikat bagian tanah halus atau tanah liat. Pengaturan gradasi tanah hingga pemadatan menjadi solusi utama dalam stabilisasi mekanis.

Penggantian Tanah Asli
Jika nanti kondisi tanah di lapangan terlihat buruk maka diperlukan perbaikan gradasi tanah ataupun proses pergantian tanah asli untuk mempermudah aspek pengerjaan perkerasan jalan raya. Pergantian tanah baru juga memperhatikan unsur relatif efisien serta melihat beban dana yang harus dihitung sepanjang pergantian tanah asli.

Stabilisasi Kimiawi
Tidak hanya dari jenis stabilisasi mekanis saja, pada tahap kimiawi juga mendapatkan banyak metode penting salah satunya penambahan bahan stabilisasi sampai merubah sifat yang dapat mengurangi kualitas tanah. Rata-rata dari kondisi tanah yang sekarang ini menjadi perhatian khusus adalah karakter butiran halus yang mana mampu menjadi stabilizing agents.

Dari ketiga metode tersebut ternyata ada faktor lain yang mempengaruhi sektor stabilisasi tanah dan perbaikan tanah diantaranya :

Kualitas Bahan Lapis Pondasi Terbatas
Pada kasus tertentu lapisan pondasi yang kurang baik akan berdampak kurang baik terhadap kualitas jalan. Oleh karena itu kandungan platisitas di dalam tanah harus secepat mungkin dikurangi salah satu caranya memakai kapur ataupun semen.

Pengendalian Debu
Proses pengendalian debu menjadi hal penting dalam stabilisasi tanah, sehingga sampai sekarang pengendalian debu menjadi proses wajib ada di pembuatan lapisan tanah.

Mengendalikan Kadar Air
Konstruksi tanah terdapat kadar air tertentu yang membuat ketahanan air di dalam tanah memiliki tingkat bervariasi pada saat musim hujan ataupun musim panas.

Berbagai macam hal menarik dalam proses stabilisasi tanah dan perbaikan tanah sebaiknya dipahami serta diaplikasikan secara tepat dan cepat agar proses perkerasan jalan raya bisa lebih efisien serta meredam 5 faktor penyebab kerusakan jalan tanah yang lazim terjadi.
Previous Post Next Post

News Feed