Pengertian Kampanye Hitam

Artikel ini disajikan untuk memahami pengertian kampanye hitam yang sering muncul dalam dunia politik, disaat pemilihan legislatif hingga Pilpres dan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) dan sering juga terjadi pada bidang lain, dunia bisnis dan entertain. Isu yang dikembangkan sering masalah agama, ras, warna kulit dan lain lain hingga merekayasa masa lalu seseorang.
“Kampanye hitam pada dunia politik adalah sebuah upaya yang terorganisir bertujuan untuk memengaruhi proses pengambilan keputusan para pemilih dan kampanye politik selalu merujuk pada kampanye pada pemilihan umum”

Media Yang Digunakan
Kampanya hitam dapat dilakukan melalui berbagai media. Media elektronik, media cetak dan internet. Termasuk situs berita dan situs situs baru yang tiba tiba muncul dengan nama domain yang profokatif. Dapat berupa Blog (Blogger, WordPress) gratisan dengan nama penulis yang sering disamarkan

Apakah Kampanye Hitam Efektif?
Tingkat kecerdasan masyarakat dapat mempengaruhi sukses tidaknya kampanye hitam. Masyarakat kota cenderung lebih tau pengertian kampanye hitam bila dibandingkan penduduk di desa. Semakin cerdas masyarakat bisa jadi pelakunya mendapatkan hasil yang berbeda, pekerjaan yang sia sia.

Bagaimana Mengatasinya?
Sebaiknya jangan biarkan kampanye hitam berkembang, upayakan diantisipasi sedini mungkin dengan melakukan kontra kampanye, menyajikan informasi valid yang mendukung. Tunjukkan fakta sesungguhnya, tempuh jalur hukum, Undang Undang telah mengaturnya, termasuk UU ITE No 11 Tahun 2008. Di dunia internet sebaiknya bekerjasama dengan ahlinya, yang mampu mengeliminir black campaign pada situs situs tertentu.

Anti Black Campaign

Optimizer

Pemilik beberapa blog yang dikelola dengan baik oleh Internet marketer, konsultan internet marketing dan professional photographer di Jakarta, pendiri digital agency dengan layanan jasa pemasaran online dengan berbagai konsep terbaru, seiring dengan perkembangan teknologi internet diantaranya penyedia layanan jasa SEO (Seach Engine Optimization)

Previous Post Next Post