Lazada Bantu Pengusaha Kecil di 11 Kota

Florian Holm

Jakarta, (Tagar/SEOTAMA/ 9/8/2017) - Lazada yang merupakan destinasi belanja on line terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, akan menyasar ke 11 kota untuk membantu pengusaha kecil dan menengah yang dinamakan program "#Up Grade UKM Road Show".


"Kendala saat ini yang dialami pengusaha kecil dan menengah di Indonesia adalah masih sulit memasarkan produknya dan belum melakukan pemasaran secara 'on line'," kata Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm kepada pers di Jakarta, Rabu (9/8).


Sebelas kota yang akan didatangi adalah Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Solo, Denpasar, Balikpapan, Pekanbaru, Surabaya, Palembang, dan Jakarta, Florian Holm mengatakan kedatangan Lazada mengunjungi UKM di 11 kota itu adalah ingin mendidik para pengusaha agar mampu melebarkan usahanya dari yang semula masih "off line" menjadi "on line", dari berskala kecil menjadi berskala menengah dan besar. 
 
Serta dari memasarkan ke pasar lokal menjadi pasar global. Dari hasil kunjungan ke sejumlah sentra UKM di berbagai di Indonesia, katanya, berbagai produk UKM seperti fesyen dan kerajinan dan mebel sebenarnya memiliki nilai jual yang tinggi dan laku di pasar global.


"Sangat disesalkan jika peluang seperti ini tidak dioptimalkan. Oleh sebab itu adanya program ini diharapkan bisa membantu usaha kecil menengah mampu memanfaatkan jaringan pemasaran melalui jaringan elektronik atau e-commerce," kata Florian.

Tidak dapat dipungkiri lagi, tambahnya, perdagangan e-commerce saat ini sudah mejadi cara terbaik untuk memasarkan dan menjual berbagai produk yang akan dijual.


"Apabila pengusaha mampu memanfaatkan e-commerce maka akan mempermudah untuk mencari pembeli yang pada akhirnya usaha akan lebih maju," katanya.


Di setiap kota yang nanti akan dikunjungi diselenggarakan seminar dan forum edukasi mengenai industri e-commerce dan ekosistem digital beserta potensi yang dapat diraih di masa depan kepada wirausaha, termasuk pengusaha usaha kecil menengah.


Program ini direncanakan tidak akan menyasar ke sebelas kota besar itu saja tapi juga akan menyasar ke kota kabupaten di berbagai pelosok Tanah Air yang memiliki potensi bisnis untuk dikembangkan. 
"Kami ingin mendukung pemerintah dalam menciptakan lebih banyak titik digital perekonomian di seluruh daerah melalui misi memajukan usaha kecil menengah," katanya.


Sementara itu,Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Ricky Pesik, mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan bagi pengusaha kecil dan menengah untuk lebih mengenal lebih jauh mengenai sistem e-commerce.
Di era serba digital seperti saat ini, pengusaha dituntuk lebih kreatif dalam memasarkan produknya agar mampu meningkatkan daya saing dan mengembangkan usahanya.


Lazada yang merupakan destinasi dan berjualan on line selain hadir di Indonesia juga terdapat di Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sampai saat ini telah bermitra lebih dari 80 ribu penjual lokal dan internasional, serta 2.500 merek untuk melayani 560 juta konsumen di Asia Teggara. (Ard)
Previous Post Next Post

News Feed