Jasa Kampanye Berbasis Internet oleh GALASEO

Internet Marketing


Tumbuhnya industri yang menawarkan kemudahan dalam mengelar kampanye sebagai upaya untuk menarik simpati dan perhatian massa tidak terlepas dari keberadaan berbagai media yang berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dari masa ke masa, mulai dari masa dimana penyampaian media suara menjadi awal dimulainya penyebaran konten yang menjangkau pemirsa pendengar, dilanjutkan kehadiran media gambar dan suara yaitu televisi, yang menjangkau pemirsa penonton. Era selanjutnya diwarnai dengan media multimedia dimana media suara dan gambar semakin gampang dinikmati dengan menggunakan berbagai perangkat elektronik.

Lahirnya era informasi berbasis internet semakin membuka kesempatan atau peluang bagi siapapun untuk menjadi pembawa pesan sekaligus penikmat pesan. Industri kampanye berkultur demokrasi mencakup kecenderungan penggunaan berbagai media baru berbasis internet.

Di abad informasi elektronik ini, untuk memperbesar pengaruh dan mendapatkan dukungan, yang diperlukan adalah konsultan internet atau istilahnya sekarang konsultan digital. Dengan didukung oleh perangkat lunak atau software yang mempunyai kapasitas analisa yang baik, profil konsumen atau massa yang hendak dijangkau dapat difilter berdasarkan umur, jender, kelompok sosial, wilayah, dan lain sebagainya. Data ini dapat dipadukan lagi dengan informasi yang diperoleh melalui lembaga survei, aplikasi survei dan berbagai kuesioner lain yang diadakan oleh berbagai media online, penyiaran dan lain sebagainya.

Dapat disampaikan di sini, media monitoring akan menjadi landasan yang baik di masa depan untuk menjaring berbagai kegelisahan, harapan dan berbagai sinyal lainnya yang bisa menggambarkan sentiment emosi antara dua kutub yang berseberangan, ke arah mana ekuilibirium atau keseimbangan itu bergeser apakah lebih ke arah positif atau negatif. Yang terbaik adalah bisa menjaring keseluruhan sentiment yang ada di berbagai media yang ada, apakah itu media penyiaran publik, daring, media sosial, situs berita, forum komunitas dan lain sebagainya. Setiap media akan mempunyai profil pemirsa yang berbeda, walaupun tidak dpungkiri bahwa seorang pemirsa bisa mempunyai kehadiran di berbagai media yang ada, utamanya di media sosial.

Model kampanye yang berlandaskan etika dan demokrasi memerlukan strategi persuasif yang canggih.  Seperti halnya kampanye atau iklan komersil, kehendak atau keinginan para pemirsa dimenangkan dengan menggunakan teknik pemasaran yang memberikan sesuatu yang sesuai harapan atau keinginan yang bersangkutan, memberikan tingkat kepuasan emosional atas egonya.

Model kampanye yang akan dibuat untuk pertama kali adalah sebuah situs internet. Situs internet masih medium yang sangat berpengaruh untuk menciptakan sebuah image bagi pihak yang ditampilkan didalamnya. Apabila diberdayakan dengan menggunakan teknik-teknik pemasaran digital yang canggih, situs internet mempunyai mesin iklan yang mampu mendatangkan kunjungan di halaman pencarian mesin pencarian yang ada di dunia ini, yang utamanya adalah yang dimiliki oleh Google. Berdasarkan peringkat yang ditampilkan di similarweb.com, google.co.id menempati urutan pertama dalam tingkat penggunaannya di Indonesia. Bahkan 3 situs internet Google lainnya berada dalam peringkat 5 besar yang ada. Facebook hadir pada urutan kedua.

Hal ini menunjukkan bahwa riset pasar yang perlu dilakukan lebih dalam lagi, perlu dijalankan pada situs internet yang sudah disebutkan di atas dan berbagai platform sosial daring lainnya yang mempunyai massa yang besar.
 
Beragam kampanye bisa dijalankan pada situs internet salah satu penggiatnya adalah GALASEO, yang bertujuan untuk menjalin komunikasi dan mendapatkan opini mereka yang sudah mengunjunginya, sebagai upaya untuk melibatkan mereka menjadi bagian dari proses itu. Karena kalau hanya sekedar untuk menggalang dana dan dukungan tanpa memahami esensi dari melakukan kampanye itu tidak akan memberikan peningkatan partisipasi mereka yang sudah mengetahui keberadaan situs internet itu dan membawa proses itu lebih jauh bersama mereka.

Jasa kampanye berbasis internet akan melakukan riset dan mengaplikasi teknik pemasaran digital yang sudah teruji setelah memahami dengan baik kebutuhan kampanye dan tujuan yang ingin dicapai dengan tetap mengedepankan etika dan hukum yang berlaku, sehingga hasil yang dicapai merupakan upaya positif untuk mencapai kemaslahatan umum bagi kemajuan masyarakat madani.

Previous Post Next Post

News Feed