Kelestarian Lingkungan Dan Keseimbangan Alam

Sawit Papua


Kelestarian Lingkungan Dan Keseimbangan Dalam Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit Di PT. Nabire Baru
Semakin tingginya permintaan Crude Palm Oil (CPO) berdampak semakin banyaknya areal perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Bukan hanya di Pulau Sumatra dan kalimantan saja, tetapi sudah merambah ke Papua dan pulau-pulau lainnya. Meskipun secara umum perluasan perkebunan kelapa sawit dianggap bisa mengancam kelestarian hutan dan spesies yang ada di dalamnya, namun tidak demikian jika menerapkan pengembangan industri kelapa sawit yang ramah lingkungan.

Kelestarian hutan dan lingkungan dalam pengelolaan kebun kelapa sawit merupakan faktor penting bagi perusahaan perkebunan sawit. Salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di kabupaten Nabire yakni PT. Nabire Baru menyadari pentingnya alam dan lingkungan perkebunan yang sehat dan produktif.

Perusahaan ini terus berkomitmen untuk bertanggung jawab menjaga alam yang ada di daerahnya agar tetap berada pada kondisi terbaiknya dengan  tidak mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada. Selain itu PT. Nabire Baru kerap memberikan pemahaman untuk menanamkan nilai-nilai pengelolaan yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek-aspek kelestarian lingkungan kepada setiap pekebun dan petani yang menjadi mitra perusahaannya.

Dalam prakteknya perusahaan ini akan menerapkan pengelolaan yang ramah lingkungan, seperti menghindari penggunaan bahan kimia dalam pengendalian hama, menggunakan pupuk-pupuk organik, serta berkomitmen untuk tidak melakukan pembakaran dalam pembukaan lahan ataupun saat melakukan replanting nantinya.

Dengan demikian, akan terwujud perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan dengan sistem agroindustri yang melindungi dan memperbaiki lingkungan alam. Dengan begitu, perusahaan ini layak secara ekonomi, dan dapat diterima oleh masyarakat sekitarnya. Dan akan mengurangi stigma negatif tentang keberadaan perusahaan yang dikaitkan dengan isu-isu kerusakan lingkungan yang konon ditimbulkan oleh berbagai perusahaan perkebunan kelapa sawit pada umumnya.

Sebagai informasi, PT. Nabire Baru merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang terdapat di kabupaten Nabire Papua. Perusahaan ini mengelolah areal perkebunan kelapa sawit seluas ± 17.000 Ha yang tersebar di kabupaten Nabire, Papua. Keberadaan perusahaan tersebut turut berperan aktif dalam pembangunan daerah, baik dari segi perekonomian, pendidikan, kesehaan, sosial budaya dan lingkungan hidup.

Upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan ini dalam menjaga kelestarian lingkungan patut kita hargai, seperti penanaman 2.000 bibit tanaman sagu, memperingati hari satwa dunia, Konsultasi publik tentang menjaga lingkungan, komitmennya dalam menjaga kelestarian alam dan lain sebagainya.

Previous Post Next Post

News Feed