Resep Cara Membuat Takoyaki Jepang Sederhana, Bahan Mudah Didapat

Resep Cara Membuat Takoyaki Jepang merupakan resep yang banyak dicari para pecinta masakan Jepang.  Adapun asal katanya tako yang berarti gurita dan juga yaki yang berarti goreng atau panggang. Mengenai daerah asalnya di Jepang, makanan ini berasal dari sebuah daerah yang bernama Kansai. Jika Anda salah satu pemburu kuliner internasional, ini bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Adapun bentuknya seperti bola-bola yang ukurannya kecil dan kira-kira berdiameter 3 hingga 5cm.  Adonannya sendiri terbuat dari tepung dan berisikan potongan gurita. Makanan ini juga sudah dikenal mendunia dan bisasanya digolongkan kepada jajanan yang biada dijual di pinggir jalan. Biasanya takoyaki ini dijual dalam satuan set dengan jumlah yang bervariasi.

Resep Cara Membuat Takoyaki Jepang Sederhana, Bahan Mudah Didapat

Inilah Resep Cara Membuat Takoyaki Jepang Sederhana


Cara Membuat Takoyaki Asli Jepang

Adapun cara membuat Takoyaki asli Jepang ialah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat Takoyaki:
  1. Sekitar 300 gram tepung tako
  2. Dua butir telur
  3. Baking powder
  4. Sekitar 700 ml air
  5. Sekitar 150 gram wortel
  6. 100 gram kol

Selain itu, beberapa bahan yang dipergunakan sebagai taburannya antara lain:
  • Irisan tipis daun bawang
  • Saus Takomayonaise
  • Sebagai toping, gunakan Nori birukatsuboshi 

Setelah mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan, maka saatnya mengetahui langkah-langkah memasaknya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama, campur telur, air, tepung tako dan tidak lupa sayuran berupa wortel dan kol
  • Panaskan cetakan takoyashi yang sudah terbuat khusus
  • Sebelum menuangkan adonan, jangan lupa untuk mengoleskan minyak agar tidak lengket
  • Setelah terlihat setengah matang, taburkan tenkatsu keatasnya
  • Baliklah adonan sampai matang dan berbentuk bundar
  • Setelah matang, saatnya menyusun takoyaki dan olesi dengan saus dan jangan lupa taburi dengan nori.
  • Sebagai pelengkap, jangan lupa juga untuk memberikan tambahan mayonaise dan taburan katsuboshi serta daun bawang. 
  • Dan akhirnya Takoyaki siap disajikan. 

Resep Membuat Takoyaki Asli Jepang

Setelah dilihat secara keseluruhan mengenai resep cara membuat takoyaki jepang ini, dapat dilihat bahwa terdapat beberapa kunci dalam pembuatannya. Adapun kunci-kuncinya itu terdapat pada bahan-bahan yang digunakan serta kecermatan dalam memasaknya. Sebab, tingkat kematangan saat melakukan pemanggangan takoyaki dalam cetakan, tentulah sangat mempengaruhi hasil Takoyaki.

Komposisi gurita yang dimasukkan dalam setiap adonan juga tentu harus sesuai.Untuk itu, resep yang diperolah mengenai takaran dari masing-masing bahan pembuatannya haruslah sesuai dan bisa menghasilkan Takoyaki dengan komposisi seimbang. Cara pembentukan bundaran Takoyaki juga haruslah disesuaikan dengan bentuk sebenarnya yang ada di Jepang.

Meskipun biasanya toping hanyalah pelengkap, ada baiknya dalam penyajian Takoyaki, segala toping yang diminta disediakan. Selain itu, toping juga digunakan dalam pembuatannya, sehingga tampilan hasil akhir Takoyaki sama enaknya dari segi rasa serta sama menariknya dari segi tampilan. Lagi pula toping akan turut mempengaruhi cita rasa dari Takoyaki yang akan disajikan pastinya.

Itulah resep cara membuat takoyaki jepang yang bisa membuat lidah ketagihan. Memperhatikan komposisi bahaan dan ketepatan waktu memasaknya adalah suatu keharusan untuk mendapatkan hasil Takoyaki sesuai dengan aslinya. Jika ingin membuat sendiri, tentu alat terpenting yang harus dipunyai adalah cetakan khusus Takoyaki yang menjadikan bentuknya sama dengan yang dijual asli. 
Previous Post Next Post

News Feed