728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Kenali Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang memiliki khasiat untuk membantu manusia menyerap kalsium, dan juga menurunkan angka kematian akibat penyakit kanker payudara, prostat dan usus besar. 

Sehingga peran vitamin ini sangat penting bagi kesehatan tubuh. Untuk itu kami akan menjabarkan segudang informasi mengenai vitamin ini, simak artikel berikut ini.

Kenali Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Kesehatan

Kenali Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh Manusia 


Melindungi sistem imun 

Penelitian yang dilakukan dari waktu ke waktu melahirkan kesimpulan yang menyebut vitamin D menjadi cara efektif untuk melindungi sistem imun.  Baca juga: Temuan Baru, Vitamin D Dosis Tinggi Baik Untuk Anak Kurang Gizi Sebuah riset yang dimuat dalam the Journal of Leukocyte Biology di bulan Mei 2012.

Menyebut kadar vitamin D yang tidak memadai, berkaitan dengan kurangnya respon imun tubuh. Ada kemungkinan peningkatan asupan vitamin D dapat memperkuat respons kekebalan tubuh terhadap infeksi virus. Mengurangi risiko infeksi pernafasan Sebuah penelitian.

Dipublikasikan pada bulan September 2012 menyebut, vitamin D harian dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan di musim dingin. Penelitian pada 247 anak-anak sekolah di Mongolia diberi asupan suplemen setiap hari. Hasilnya, risiko infeksi pernapasan akut berkurang separuhnya. 

Mempercepat proses pemulihan dari sakit 

Hasil riset yang dipublikasikan pada bulan September 2012 di Journal Proceedings of the National Academy of Sciences, menyebut suplemen vitamin D mampu membantu masa penyembuhan dari masalah infeksi menjadi lebih cepat.

“Pasien yang mendapatkan asupan vitamin D bersama antibiotik membersihkan bakteri tuberkolosis di paru-paru, 13 hari lebih cepat pulih daripada mereka yang hanya memiliki perawatan standar." Hal ini diungkapkan peneliti utama Adrian Martineau. 

Martineau menyebut vitamin D membantu meredam respons inflamasi tubuh terhadap infeksi. Bahkan Martineau berspekulasi, vitamin ini mampu meningkatkan masa pemulihan dari pneumonia. Pneumonia, dikenal juga dengan istilah paru-paru basah adalah infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru.

Ada pun sumber makanan yang mengandung vitamin D antara lain, minyak ikan kod, ikan berlemak seperti salmon, sarden dan tuna. Lalu, vitamin D juga bisa didapat dari telur, tahu, dan tempe. Vitamin ini pun bisa didapat dari susu kedelai, susu, dan produk susu, seperti keju.

Menjaga kesehatan tulang

Vitamin D memegang peranan besar dalam regulasi kalsium dan fosfor dalam darah. Dua mineral ini penting bagi kesehatan tulang manusia. Nah, vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dari usus agar tidak terbuang ke ginjal.

Cegah flu dan diabetes

Sebuah studi menyebut pemberian 1.200 IU vitamin D tiap hari selama 4 bulan mampu mencegah infeksi flu di musim dingin hingga 40 persen. Studi lainnya menyebut kurangnya vitamin D berdampak pada produksi insulin dan toleransi gula. Pemberian vitamin D 2.000 IU per hari mengurangi risiko diabetes hingga 88 persen.

Cegah alergi pada anak

Pemberian 2.000 IU vitamin D per hari selama 16 minggu menurunkan risiko terjadinya alergi pada anak-anak. Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan peningkatan risiko asma, dermatitis atopi, dan eksim.

Jaga kehamilan tetap sehat

Vitamin D juga bermanfaat untuk ibu hamil, di mana konsumsi suplemen vitamin D pada ibu hamil menurunkan risiko bayi lahir caesar. Konsumsi vit ini pada ibu hamil juga mengurangi risiko preeklampsia, diabetes gestasional, dan infeksi bakteri vaginosis

Cegah kanker

Vitamin D memegang peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan sel. Karena itu, fungsi vitamin D untuk mencegah kanker banyak diteliti. Salah satunya, kecukupan vitamin D dapat menghambat progres kanker dengan cara mencegah sel-sel sehat berubah menjadi kanker.
Kenali Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Kesehatan
  • Title : Kenali Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Kesehatan
  • Posted by :
  • Date : 11:30 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kenali Manfaat dan Fungsi Vitamin D Bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top