Ingin Berhenti Merokok? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Merokok adalah salah satu kegiatan yang bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan. Makanya tidak heran jika kemudian banyak pecandu rokok yang disarankan untuk meninggalkan kebiasaannya itu. Namun sayangnya, meskipun banyak perokok yang paham akan dampak buruk dari kegiatan tersebut, kebanyakan dari mereka tetap melakukannya dengan berbagai alasan.

Ingin Berhenti Merokok? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Salah satu alasan yang paling banyak diungkapkan adalah rasa tidak nyaman jika tidak menghisapnya. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi mengingat menghentikan kebiasaan merokok memang tidak semudah membuang permen karet bekas. Namun, perlu Anda ketahui bahwasanya ada beragam makanan yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membantu menghentikan kebiasaan buruk satu ini.

Makanan-Makanan yang Bisa Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok


Tomat

Makanan yang pertama adalah buah tomat. Perlu Anda ketahui bahwasanya tembakau dengan tomat itu sebenarnya berasal dari keluarga yang sama, yaitu Solanaceae. Karena itulah buah ini kemudian bisa Anda jadikan alternatif untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Aroma tomat mampu membantu Anda mengurangi keinginan untuk merokok dan jika Anda memprosesnya sehingga menjadi jus, ini akan menimbulkan efek yang sama seperti saat Anda menghisap rokok. Hanya saja yang menjadi pembeda nya adalah dalam tomat tidak terkandung zat-zat yang berbahaya seperti yang ada pada rokok.

Gandum

Jika Anda tidak suka dengan tomat, Anda bisa menjadikan gandum sebagai pilihan. Pasalnya, makanan ini juga disebut-sebut mampu meredam keinginan merokok dengan berdasarkan pada hasil beberapa penelitian yang telah dilakukan di beberapa negara seperti Skotlandia, India dan Jepang.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa para pecandu rokok yang mengkonsumsi gandum secara rutin mampu mengurangi jumlah rokok yang dihisapnya setiap hari. Tak tanggung-tanggung, bahkan jumlah rokok yang dikurangi tersebut mencapai 50%. Jadi, untuk Anda yang memiliki niat untuk menghentikan kebiasaan merokok, cobalah rutin mengkonsumsi makanan yang kedua ini.

Buah-Buahan

Nah, makanan yang bisa diandalkan untuk menghentikan kebiasaan merokok yang selanjutnya adalah buah-buahan. Buah apapun bisa Anda jadikan objek untuk tujuan yang satu ini, hanya saja yang sangat disarankan untuk dikonsumsi adalah buah yang kandungan vitamin C-nya banyak. Hal ini dikarenakan vitamin C tersebut mampu menghilangkan nikotin dan racun yang ada pada tubuh Anda.

Anda bisa memilih buah lemon dan apel yang terbukti sangat kaya akan vitamin C. Namun, buah jeruk juga bagus untuk dijadikan pilihan karena buah berwarna orange ini mempunyai bau yang sangat segar yang mampu mengurangi keinginan untuk menghisap rokok.

Makanan yang Sifat Alkaline-nya Tinggi

Ada banyak sekali makanan yang sifat alkaline-nya tinggi seperti sayuran hijau yang kaya serat, olahan pasta, brokoli, mentimun, alpukat, paprika, nasi merah, jagung, kentang dan makanan sumber karbohidrat yang lainnya. 

Diketahui bahwasanya makanan-makanan yang tinggi sifat alkaline tersebut mampu mendorong nikotin agar tetap terjadi sirkulasi di dalam darah. Jika sirkulasi nikotin ini berlangsung dengan lancar, kecanduan rokok bisa berkurang sehingga keinginan untuk menghisapnya juga bisa lebih ditekan. 

Oatmeal

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Jepang, disebutkan bahwasanya perokok yang mengkonsumsi oatmeal bisa mengurangi konsumsi rokoknya sampai 50%. Hasil penelitian ini jelas menunjukkan bahwa oatmeal adalah salah satu makanan yang bisa Anda coba untuk menghentikan kebiasaan merokok. 

Anda bisa mencoba meracik oatmeal ini dengan cara mencampurkan satu sendok makan saja oatmeal bubuk dengan 2 cangkir air yang mendidih. Setelah itu, diamkan semalaman lalu rebus keesokan harinya kira-kira selama 10 menit. Minum ramuan oatmeal ini setiap kali Anda selesai makan. Namun hindari mengkonsumsinya saat malam ya. 

Itulah 5 makanan yang bisa Anda coba jadikan pilihan untuk membantu mengurangi rasa ingin merokok. Lakukan saja hal ini dengan rutin dan konsisten. Jangan menyerah karena hasilnya memang tidak segera terlihat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Previous Post Next Post

News Feed