728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Tips Bikin Instagram Dark Mode di Android dan iOS

Instagram mengeluarkan fitur dark mode atau mode gelap untuk android dan iOS. Salah satu platform media sosial milik Facebook yang mendapatkan dark mode.

Mode gelap adalah salah satu fitur yang dinanti para penggunanya. Dengan fitur tersebut pengguna bisa menghemat daya baterai dan mereduksi cahaya pada layar sehingga tidak terlalu menyakiti mata. Fitur dark mode ini masih tersedia pada aplikasi Instagram, belum tersedia bila mengakses instagram melalui browser.


Cara Aktifkan Instagram Dark Mode

Apple iPhone

1. Pastikan iPhone Menggunakan iOS 13

Instagram Dark Mode untuk iOS hanya bisa diaktifkan jika perangkat sudah mendukung fitur dark mode system wide yang hadir bersama sistem operasi iOS 13.

2. Aktifkan Dark Mode di iPhone

Apabila iPhone sudah menjalankan sistem operasi paling anyar ini, aktifkan mode gelap di perangkat. Caranya masuk ke aplikasi Settings, Display, dan pilih opsi Dark Mode.

3. Unduh Instagram Versi Terbaru

Jika dark mode di perangkat telah aktif, pastikan untuk menginstal aplikasi Instagram versi terbaru yang dapat diunduh di Apple App Store.

4. Buka Aplikasi Instagram

Bila sudah diinstal, buka aplikasi Instagram di iPhone dan tampilan aplikasi secara default akan berubah menjadi gelap. Jika ingin mengubahnya jadi mode normal caranya adalah dengan menonaktifkan mode gelap langsung di pengaturan iPhone.

Android

Selain iPhone, Android milik Google juga bisa menjajal fitur dark mode di Instagram, tapi saat ini masih dalam tahap uji coba beta.

1. Ponsel Mendukung Mode Gelap

Untuk mengaktifkan dark mode Instagram di Android, pastikan ponsel telah menggunakan sistem operasi Android 10, karena sudah mendukung fitur dark mode system wide.

Namun bila ponsel menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung dark mode seperti One UI buatan Samsung, bisa menggunakan dark mode di aplikasi Instagram.

2. Aktifkan Mode Gelap di Ponsel

Bila ponsel sudah menggunakan Android 10, aktifkan mode gelap. Caranya, masuk ke aplikasi Settings, Display, serta pilih opsi Night Mode dan aktifkan.

3. Uji Coba Beta

Karena baru tersedia dalam versi beta, Anda harus bergabung terlebih dahulu untuk mengikuti uji coba beta. Caranya buka Google Play Store dan cari aplikasi Instagram.

Klik halaman Instagram di Google Play Store dan scroll hingga menemukan opsi "Join the Beta". Klik Join dan tunggu. Beberapa aplikasi membatasi jumlah orang yang bisa mengikuti uji coba beta. Apabila sudah tidak ada slot lagi, Anda akan melihat pesan yang mengatakan bahwa slot sudah penuh.

4. Unduh Instagram Versi Beta

Apabila sudah bergabung dalam uji coba beta, selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Instagram dalam versi beta. Setelah instalasi selesai, aplikasi Instagram akan secara default tampil dengan dark mode.

WhatsApp Dark Mode

Selain Instagram Dark Mode, WhatsApp milik Facebook, juga berencana akan meluncurkan fitur dark mode. Tapi saat ini aplikasi ini belum tersedia. Fitur dark mode masih tersedia dalam versi beta. Dalam WhatsApp beta versi 2.19.282 terdapat Theme Setting pada WhatsApp Setting.

Theme Setting ini akan memberikan tiga pilihan, yaitu light theme: adalah theme putih biasa yang selalu digunakan tahun ini; dark mode: keinginan pengguna WhatsApp; system default: WhatsApp mengidentifikasi theme yang digunakan sistem Android pengguna (jika terang atau gelap) dan menetapkannya di WhatsApp secara otomatis.
Tips Bikin Instagram Dark Mode di Android dan iOS
  • Title : Tips Bikin Instagram Dark Mode di Android dan iOS
  • Posted by :
  • Date : 6:08 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Bikin Instagram Dark Mode di Android dan iOS Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top