728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

10 Virus Paling Mematikan di Dunia

Virus Mematikan

Virus merupakan mikroorganisme patogen yang menginfeksi sel makhluk hidup. Semua bentuk kehidupan dapat diinfeksi oleh virus mulai dari  hewan, tumbuhan hingga bakteri dan arkea. Selain itu, virus juga merupakan parasit yang berbentuk mikroskospik yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Tubuh manusia adalah salah satu inang bagi virus. Ia masuk melalui saluran pernafasan atau luka terbuka. Dalam berbagai penyakit virus merupakan  penyebab penularan. Penyakit yang disebabkan oleh virus dapat cepat menyebar dan menular ke siapa saja. Berikut 10 virus yang paling mematikan yang pernah terjadi di dunia, menambah wawasan ketika Virus Corona asal Wuhan sedang mengancam dunia dan beritanya viral di mana-mana.


10 Jenis Virus yang Paling Mematikan


1.    Demam Berdarah

Demam berdarah dengue (DBD) adalah demam yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Infeksi dari virus tersebut menyebabkan berbagai gejala seperti demam, pusing, nyeri pada bola mata, otot, sendi, dan ruam. Orang yang terinfeksi sering kali mengalami kelelahan jangka panjang. Virus ini dapat mengancam jiwa karena mengakibatkan nyeri perut dan muntah, sulit bernapas, dan penurunan trombosit darah yang bisa mengakibatkan pendarahan internal.

2.    Kyasanur Forest Virus (KFD)

Virus KFD adalah virus yang dijumpai di hutan panai barat daya India pada 1955. Ditularkan oleh kutu. Hingga saat ini para ilmuwan sulit menemukan siapa yang menjadi penyebarnya. Apabila  terinfeksi, penderita akan mengalami demam tinggi, sakit kepala, dan nyeri otot bahkan menyebabkan pendarahan.

3.    Virus Machupo

Virus ini terdapt di Bolovia. Nama lainnya adalah typhus black. Apabila terinfeksi akan mengalami demam tinggi dan disertai pendarahan berat. Dapat ditularkan dari manusia ke manusia atau ke binatang.

4.    Virus demam Crimean-Congo

Virus ini berkembang di Afrika dan ditularkan oleh kutu. Ketika terinfeksi, penderita akan mengalami pendarahan di bagian tubuh yakni wajah, mulut, dan faring. Selain itu penyebarannya juga terjadi di Baklan, Timur Tengah, dan Asia. 10 hingga 40 persen orang meninggal akibat virus ini.

5.    Virus Junin

Virus yang menyerang daerah Argentina tepatnya di kota Junin, sehingga nama vrus ini menjadi Junin. Demam berdarah ini terjadi pada 1958. Orang yang terjangkit akan mengalami peradangan jaringan, sepsis dan pendarahan kulit. Penyakit ini sulit dideteksi karena seperti demambiasa.

6.    Virus Lassa

Ditularkan oleh hewan pengerat (tikus, tupai, marmot, hamster, dan babi). Pasien pertamanya adalah seorang perawat di Nigeria.Kasus tersebut sering terjadi di beberapa wilayah benua Afrika seperti Afrika Barat.

7.    Virus Flu Burung (H5N1)

H5N1 muncul pada awal 2000-an. Virus yang berasal dari unggas ini menyebabkan kematian sebanyak 70 persen. Penyebarannya terjadi apabila seseorang melakukan kontak langsung dengan unggas. Kasus ini muncul di kawasan Asia. Di Indonesia virus tersebut berasal dari ayam.

8.    Virus Hanta

Virus ini jarang muncul namun ia merupakan virus paling mematikan. Tentara Amerika Serikat merupakan kelompok pertama yang terinfeksi. Terinfeksi  selama perang di Korea pada 1950. Virus ini terdapat pada hewan-hewan pengerat dan kotorannya. Gejalanya seperti penyakit paru-paru, demam, dan gagal ginjal.

9.    Virus Ebola

Virus ebola meupakan salah satu yang paling me. matikan, karena terdapat lima negara yang telah terjangkit wabahnya yakni yaitu Zaire, Sudan, Tai Forest, Bundibugyo, dan Reston. Selain itu angka kematiannya sudah mencapai 90 persen.

10.    Virus Marbrug

Virus ini pertama kali ditemukan pada  1967 di kota Marburg dan Frankfrut. Orang yang paling banyak terjangkit virus tersebut adalah para pekerja industry, dimana ada sekitar 31 orang terjangkit  dan tujuh di antaranya meninggal dunia. Jenis ini sama dengan deman berdarah, tapi gejalanya seperti virus Ebola. Apabila  terinfeksi akan mengalami kejang-kejang dan pendarahan di selaput lendir, kulit, dan organ. Tingkat kematiannya mencapai 90 persen.
10 Virus Paling Mematikan di Dunia
  • Title : 10 Virus Paling Mematikan di Dunia
  • Posted by :
  • Date : 8:59 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 10 Virus Paling Mematikan di Dunia Rating: 5 Reviewed By: WaWa
Top