Perbedaan Coin dengan Token Crypto

Crypto

 

Secara umum, coin dan token crypto itu mungkin terlihat sama namun dalam pengertianya itu sangatlah jauh berbeda. Bedanya terletak pada tujuan dan fungsi. Coin biasanya digunakan sebagai alat pembayaran, sedangkan token digunakan sebagai aset atau crypto yang dijadikan sebagai investasi baik jangka panjang ataupun jangka pendek.

Coin merupakan alat pembayaran yang dikeluarkan oleh perusahaan atau organisasi tertentu. Coin tersebut dibuat berdasarkan teknologi blockchain dan digunakan untuk membayar barang atau jasa. Sebagai alat pembayaran, coin memiliki beberapa kelebihan seperti keamanan, kehandalan, dan kemudahan.

Token, sebaliknya ia  merupakan aset atau crypto yang dibuat berdasarkan teknologi blockchain. Tujuan utamanya adalah sebagai investasi. Token memiliki beberapa kelebihan seperti nilai tukar yang stabil, kemungkinan untuk naik harganya, dan nilai intrinsik sehingga dapat dilihat histori perdaganganya seperti apa.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang menggunakan cryptografi untuk pemrosesan transaksinya. Cryptocurrency pertama muncul pada tahun 2008 dan disebut mata uang digital Satoshi Nakamoto.


Siapa Satoshi Nakamoto

Satoshi Nakamoto adalah nama yang digunakan oleh orang tak dikenal atau orang yang merancang bitcoin dan menciptakan implementasi referensi aslinya. Nakamoto aktif dalam developeran bitcoin dari tahun 2007 hingga 2010. 

Pada April 2011, Nakamoto mengundurkan diri dari tim developeran dan mengalihkan kendali repositori kode sumber dan nama domain ke Gavin Andresen.

Identitas Nakamoto masih belum diketahui. Pada Agustus 2013, Dorian Nakamoto membantah sebagai Satoshi Nakamoto. Pada Oktober 2014, Craig Wright mengatakan bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto, tetapi kemudian mencabut klaimnya.

Nakamoto membuat transaksi bitcoin pertama pada Januari 2009. Blok pertama, dikenal sebagai blok genesis, ditambang pada 3 Januari 2009. Blok ini berisi 50 bitcoin. Nakamoto menambang 50 bitcoin pertama, lalu mentransfer 10 bitcoin ke Hal Finney.

Pada Juli 2010, Nakamoto menyerahkan kendali proyek bitcoin kepada Gavin Andresen, yang kemudian menjadi developer utama proyek tersebut. Nakamoto terus berkolaborasi dengan developer lain pada software bitcoin hingga pertengahan 2010. Sekitar waktu ini, dia menyerahkan kendali repositori kode sumber dan nama domain ke developer lain.

Nakamoto berhenti terlibat dalam developeran bitcoin setelah pertengahan 2010. Pada April 2011, dia mentransfer nama domain bitcoin.org ke Martti Malmi, developer yang telah bekerja sama dengannya dalam proyek tersebut.

Dalam pertukaran email singkat dengan seorang jurnalis dari The New Yorker pada tahun 2014, Nakamoto menulis, "Saya tidak lagi terlibat dalam hal itu dan saya tidak dapat mendiskusikannya."
 

Mata Uang Digital

Mata uang digital ini diperdagangkan dan digunakan sebagai alat tukar. Bentuk cryptocurrency yang paling umum adalah Bitcoin, tetapi ada banyak bentuk cryptocurrency lainnya.

Coin adalah bagian dari data terenkripsi yang dihasilkan oleh Cryptocurrency. Ini digunakan sebagai satuan hitung atau alat tukar dengan sendirinya. Beberapa coin populer adalah Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Ripple. 

Token adalah aset digital yang dirancang untuk berfungsi sebagai unit pertukaran pada platform tertentu. Sebagian besar token dibuat oleh ICO, atau penawaran coin awal. Ada banyak token yang tersedia di pasaran dan masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda. Namun, beberapa token hanya dibuat untuk spekulasi dan tidak praktis sama sekali.

Cryptocurrency telah menjadi populer karena cepat, mudah, dan cara yang aman untuk mengirim atau menerima uang di mana saja di dunia tanpa keterlibatan pihak ketiga atau biaya transaksi. Ini juga merupakan cara inovatif untuk membuat aset digital dan mengumpulkan pendapatan dengan menjual coin atau token. Pada akhirnya bisnis, cryptocurrency akan tetap ada. Kamu hanya perlu tahu jenis cryptocurrency mana yang paling cocok untuk Kamu!

Cara lain untuk melihat coin vs token adalah melalui lensa penawaran dan permintaan. coin memiliki persediaan terbatas dibandingkan dengan jumlah token yang dibuat untuk ICO. Ini berarti bahwa coin memiliki nilai tinggi dibandingkan dengan token karena jumlah coin yang beredar lebih sedikit.

Selain itu, coin cenderung digunakan di sektor tertentu seperti keuangan, bisnis, atau pembayaran, sedangkan token adalah sumber terbuka dan dapat digunakan di sektor mana pun yang relevan dengan platform yang mendasarinya. Permintaan coin yang tinggi menaikkan harga mereka sedangkan permintaan yang rendah menyebabkan harga rendah.

Permintaan Bitcoin yang rendah telah menyebabkan fluktuasi harga serendah $5200 baru-baru ini karena harga rendah dan biaya tinggi untuk membeli dan memperdagangkannya. Konsep utama yang membedakan Crypto dari uang fiat adalah Cryptografi. Uang fiat dikeluarkan oleh bank dan tidak memiliki nilai moneter di luar negara asalnya - ini membuatnya unik dibandingkan dengan mata uang crypto. coin adalah sistem transfer elektronik berdasarkan teknologi blockchain di mana setiap transaksi dicatat dalam buku besar publik.

Semua transaksi yang dilakukan menggunakan Cryptocurrency dicatat di blockchain; ini dikenal sebagai rantai buku besar- Makhluk hidup telah menggunakan Cryptocurrency seperti CryptoKitties sejak 2017 untuk membeli dan menjual kucing digital tanpa melibatkan lembaga keuangan apa pun. Tujuan cryptocurrency adalah untuk mengganti uang tunai karena lebih cepat, lebih pribadi, dan lebih aman.

Previous Post Next Post

News Feed