Mulai Desember 2023, WhatsApp Batasi Penyimpanan Cadangan di Google Drive

WhatsApp.


Sejak tahun 2018, pengguna Android telah menikmati kebebasan menyimpan data WhatsApp mereka di Google Drive tanpa biaya. 

Namun, pengaturan yang nyaman ini akan berubah, menurut pengumuman baru dari Google dan WhatsApp.

Raksasa teknologi ini mengungkapkan dalam sebuah pernyataan bersama penghentian pencadangan tanpa batas di Drive. 

Artinya, data yang dicadangkan sekarang akan diperhitungkan terhadap total kapasitas penyimpanan akun Google Anda.

Waktu terus berjalan, dan akhir dari pencadangan WhatsApp tanpa batas dijadwalkan akan dimulai pada bulan Desember 2023.

Baca juga: Apple Izinkan Sideload di iPhone

Peluncuran perubahan ini akan dimulai dengan pengguna WhatsApp versi beta dan secara bertahap diperluas ke semua pengguna pada paruh pertama tahun 2024.

Bagi mereka yang menggunakan WhatsApp versi stabil, dampaknya akan dimulai pada paruh pertama tahun 2024. Di luar itu, pengguna harus berhati-hati terkait volume informasi yang diunggah ke Google Drive.

Tenang saja, WhatsApp akan segera memberi tahu semua pengguna sebelum tindakan ini diberlakukan. Peringatan akan muncul di pengaturan pencadangan 30 hari sebelum penerapan perubahan ini.

Jika Anda adalah pengguna Drive standar, alokasi penyimpanan Anda adalah 15 GB, yang dibagi ke semua layanan Google. Terlepas dari batasan ini, Google berpendapat bahwa ini "tiga kali lebih banyak daripada kebanyakan platform".

Ketika ruang kosong Anda hampir habis, Google merekomendasikan untuk menghapus file yang tidak perlu atau menghapus media WhatsApp untuk memangkas ukuran cadangan.

Baca juga: 12 Rahasia Merawat Ponsel Agar Tetap Seperti Baru

Sebagai alternatif, seperti dikutip dari Gizchina, pengguna bisa memilih paket Google One untuk memperluas penyimpanan awan mereka. Paketnya meliputi 100 GB seharga $1,99 per bulan atau paket premium 2 TB seharga $9,99 per bulan.

Khususnya, berakhirnya pencadangan tak terbatas berlaku secara eksklusif untuk akun Google pribadi. Mereka yang memiliki akun Google Workspace atau akun sekolah tetap tidak terpengaruh oleh tindakan ini.

Menjelang tanggal implementasi, pengguna harus waspada, mengelola data dengan bijak, dan menjelajahi opsi yang tersedia untuk memastikan transisi yang mulus ke sistem pencadangan yang baru. [seoTama]

Previous Post Next Post

News Feed