Startup xAI Milik Elon Musk, Rilis Chatbot Grok

Grok

Startup AI milik Elon Musk, xAI, telah merilis chatbot AI baru yang disebut Grok, untuk menyaingi popularitas AI Generatif yang semakin meningkat. 

Grok berfungsi mirip dengan ChatGPT, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh model bahasa yang besar.

Namun, Grok diduga mengungguli ChatGPT-3.5 dalam beberapa tes akademis, termasuk matematika dan pengkodean.

Perilisan Grok dilakukan setelah kesuksesan ChatGPT dari OpenAI, sebuah proyek yang Musk sendiri ikut mendirikannya. 

Dengan xAI yang kini memimpin, Grok siap untuk tidak hanya menjawab pertanyaan pengguna tetapi juga mengajukan pertanyaan, terinspirasi oleh semangat aneh dari "The Hitchhiker's Guide to the Galaxy."

Baca juga: Benarkah Game Bingo Cash Menghasilkan Uang Sungguhan?

Grok didukung oleh mesin baru yang disebut Grok-1, yang memiliki akses real-time ke informasi melalui platform X. 

Untuk menilai kemampuannya, xAI melakukan serangkaian evaluasi menggunakan tolok ukur pembelajaran mesin standar yang dirancang untuk mengukur kemampuan matematika dan penalaran.

Grok mengungguli semua model lain di kelas komputasinya, termasuk ChatGPT-3.5 dan Inflection-1. 

Grok hanya dikalahkan oleh model yang dilatih dengan jumlah data pelatihan dan sumber daya komputasi yang jauh lebih besar, seperti GPT-4.

Selain tolok ukur ini, xAI juga memberikan nilai kepada Grok pada ujian akhir sekolah menengah nasional Hungaria tahun 2023 di bidang matematika. 

Grok lulus ujian dengan nilai C (59%), sementara Claude-2 meraih nilai yang sama (55%), dan GPT-4 mendapat nilai B dengan 68%.

"Grok juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit yang ditolak oleh sebagian besar sistem AI lainnya," kata xAI dalam sebuah tweet yang dikutip media ini dari Gizmochina.

Baca juga: Terungkap, Tujuan Negara-negara G7 Susun Kode Etik Pengembangan AI

"Grok dirancang untuk menjawab pertanyaan dengan sedikit kecerdasan dan memiliki sifat pemberontak, jadi tolong jangan menggunakannya jika Anda tidak suka humor!" sambungnya.

xAI mengatakan bahwa Grok masih merupakan produk beta yang sangat awal, tetapi terus berkembang dengan cepat dari minggu ke minggu. 

Perusahaan ini juga sedang berupaya menerapkan lebih banyak langkah keamanan untuk memastikan bahwa Grok tidak digunakan untuk tujuan jahat.

Grok akan tersedia di X Premium Plus dengan harga $16 per bulan, tetapi saat ini hanya ditawarkan kepada sejumlah pengguna di Amerika Serikat. [seoTama]

Previous Post Next Post

News Feed