Mantan Kepala Google Eric Schmidt Kembangkan Drone AI untuk Ukraina

Eric Schmidt

Mantan CEO Google Eric Schmidt adalah pusat dari usaha teknologi baru, White Stork, sebuah startup yang mengembangkan drone kamikaze yang didukung oleh kecerdasan buatan.

Proyek ini, yang beroperasi di bawah perusahaan cangkang, bertujuan untuk menyediakan teknologi drone canggih kepada Ukraina untuk konflik yang sedang berlangsung dengan Rusia.

Schmidt, seorang veteran industri, sebelumnya memimpin Komisi Keamanan Nasional untuk Kecerdasan Buatan setelah meninggalkan Google. 

Komisi tersebut mengeluarkan laporan pada tahun 2021 yang menyatakan AI akan mengubah cara perang dilakukan di setiap domain.


Tampaknya Schmidt memanfaatkan visi itu dengan Bangau Putih.

White Stork dikatakan sebagai drone berbiaya rendah, masing-masing diperkirakan bernilai $400, dan membawa sejumlah kecil bahan peledak, menurut kolom Wall Street Journal yang ditulis Schmidt pada bulan Juli.

Dalam kolom tersebut, seperti dikutip dari Gizmochina, Schmidt juga menyoroti keterjangkauan dan potensi signifikansi militernya, dan menyebutnya sebagai senjata “paling penting” melawan Rusia. 

Hal ini bertepatan dengan pengurangan kesepakatan AS dengan produsen senjata tradisional seperti Palantir.

Yang lebih memicu spekulasi mengenai kepentingan diri sendiri adalah artikel terbaru Schmidt yang mengklaim Ukraina “kalah dalam perang drone” dan memperkirakan ketergantungan mereka pada jutaan drone impor pada tahun 2024.


Selain itu, operasi White Stork melalui perusahaan cangkang, yang satu mencantumkan Schmidt sebagai penerima manfaat dan satu lagi (Volya Robotics OÜ) di bawah kendali penuh karyawan kantor keluarga, menambah ketidakjelasan proyek tersebut.

Sebastian Thrun, salah satu pendiri laboratorium penelitian X Google, adalah salah satu veteran teknologi yang direkrut dan terlibat dalam White Stork. 

Dampak proyek ini terhadap konflik Ukraina dan masa depan persenjataan bertenaga AI masih harus dilihat saat ini. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed