Google Chrome Menampilkan Saran Pencarian yang Lebih Relevan

Ilustrasi Google Chrom

Google telah merilis tiga fitur baru untuk browser web Chrome-nya guna memberikan saran pencarian yang lebih bermanfaat dan relevan.

Fitur-fitur tersebut menggunakan akses Chrome ke data pengguna gabungan untuk memberikan rekomendasi crowdsourcing.

Ikhtisar Fitur Baru

1. Saran Pencarian Berdasarkan Pencarian Sebelumnya

Diluncurkan pada Chrome versi desktop, fitur pertama akan memberikan saran pencarian yang disesuaikan di bilah alamat browser berdasarkan pencarian Anda sebelumnya dan pencarian serupa yang dilakukan orang lain.

Misalnya, jika Anda baru-baru ini mencari masakan Korea “Japchae”, Chrome mungkin menyarankan makanan Korea populer lainnya seperti Bulgogi, Bibimbap, dan Tteok-bokki untuk membantu menginspirasi penelusuran Anda berikutnya.

Pendekatan crowdsourced ini memungkinkan Chrome untuk lebih dari sekadar memuntahkan riwayat penelusuran pengguna dan memanfaatkan pengetahuan kolektif tentang apa yang telah ditelusuri banyak orang lain terkait dengan topik tertentu. 

Seperti dilansir dari SEJ, fitur ini menyediakan cara untuk menemukan ide-ide baru dan topik-topik sampingan yang mungkin belum Anda pertimbangkan.

2. Saran Pencarian Belanja yang Disempurnakan

Peningkatan fitur kedua berfokus pada pencarian terkait belanja di seluler.


Chrome sekarang akan menampilkan gambar produk yang relevan bersama dengan saran pencarian untuk kategori yang lebih luas, sedangkan sebelumnya, gambar hanya ditampilkan untuk pencarian khusus untuk nama produk tertentu.

Hal ini memungkinkan lebih banyak penjelajahan visual dan inspirasi untuk penelusuran umum seperti “tabel bohemian” daripada harus mencari nama tabel tertentu terlebih dahulu.

3. Saran yang Ditingkatkan 

Dengan Konektivitas Terbatas
Terakhir, kemampuan pencarian di perangkat Chrome yang ditingkatkan kini akan memberikan saran pencarian bahkan dengan koneksi internet yang buruk di perangkat seluler.

Dengan tidak terlalu mengandalkan panggilan server eksternal, pengguna bisa mendapatkan ide penelusuran di Chrome saat offline atau dengan konektivitas terbatas.

Fitur ini juga berfungsi dalam mode Penyamaran, memberikan saran dengan tetap menjaga privasi.

Kesimpulan Untuk Pemasar Digital

Untuk pemasar digital dan profesional SEO, fitur-fitur ini menyoroti semakin pentingnya peringkat untuk kueri penelusuran jangka panjang yang berharga.


Ketika Chrome menjadi lebih baik dalam menyarankan ide-ide yang relevan kepada pengguna, mengoptimalkan konten untuk maksud pencari tertentu akan menjadi lebih penting.

Secara keseluruhan, penambahan ini memberikan bantuan penelusuran yang lebih cerdas kepada pengguna Chrome sekaligus menggarisbawahi perlunya merek untuk fokus lebih dari sekadar peringkat kata kunci teratas. (seoTama)
Previous Post Next Post

News Feed