Pengertian dan Manfaat SEO

Seperti yang sudah dijelaskan pada berbagai artikel-artikel sebelumnya, bahwa ada banyak sekali manfaat SEO bagi sebuah Website. Namun ada baiknya untuk mengetahui apa pengertian SEO lebih lanjut tentang pengertian dan manffa SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) adalah  serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang digital marketer pada situs Website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman Website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman Website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis. Ranking diukur dan ditentukan oleh situs pencari terutama Google atau Alexa.

Bila seseorang mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, maka akan melihat list, daftar Website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman Website yang teroptimasi dengan baiklah yang akan berada pada urutan atas (posisi 1 – 10), dan biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan Website yang berada di urutan bawah atau page berikutnya dari hasil pencarian, apalagi jika Web tersebut berada jauh misalnya halaman lima, siapa yang akan menemukannya, kalah dengan pesaing yang tampil pada halaman utama.

Perlu diketahui, yang dimaksud dengan Website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah situs Web yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan Website yang memasang iklan di Google (Google Ads), katakanlah 10 atau 5 besar, itu sudah bagus sekali, apalagi berada pada baris pertama.  Untuk penjelasannya silahkan lihat gambar dibawah ini.

https://www.google.com/search?newwindow=1&client=firefox-b&q=jasa+sigital+marketing&oq=jasa+sigital+marketing&gs_l=serp.3..0i13k1.4748330.4753422.0.4753662.22.22.0.0.0.0.208.1662.19j1j1.21.0....0...1c.1.64.serp..1.20.1583...0j0i67k1j0i131k1j0i22i30k1j33i160k1j0i13i30k1j0i8i13i30k1.HV7-NxRxEDw



Dari penjelasan diatas, jika seseorang mengetikkan keyword, kata kunci “jasa digital marketing” maka yang akan muncul adalah beberapa alamat web yang tertera seperti gambar diatas. Dan yang menjadi target untuk dilihat oleh banyak pengunjung adalah posisi paling atas atau daftar urutan pertama Website www.menaradigital.com.  Sedangkan daftar yang di tandai dengan kotak warna merah adalah menggunakan iklan ads yang tentunya mengeluarkan biaya dalam mengiklankannya, disebut dengan iklan PPC, menggunakan iklan online Google AdWords.

Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis, ada beberapa manfaat yang nyata dan sangat besar dari strategi optimasi mesin pencari yang konsisten dan terus menerus melalui SEO ini. Berikut Menara Digital Medan akan memaparkan beberapa manfaat SEO bagi sebuah bisnis:

1.     Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Sebagai konsultan digital marketing di Medan dan Jakarta, Menara Digital paham benar bahwa Website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, seperti Google. Semakin baik posisi halaman Website di Google maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (organic traffic) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer atau leads yang dapat dikonversikan sebagai sales.

2.     Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah brand (merek dagang). Semakin terkenal sebuah brand pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Dan salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness sebuah bisnis  adalah dengan optimasi Website di mesin pencari.

3.     Mendapatkan Data Customer Dengan Gratis
Setiap orang tentu menginginkan untuk mendapatkan database yang valid (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) dari calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. Manfaat data kontak ini adalah agar suatu saat akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika pelaku bisnis mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, pebisnis tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat. Bila website berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Serta membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.

4.     Meningkatkan Peluang Transaksi Penjualan
Salah satu tujuan utama dari optimasi SEO ini adalah meningkatkan transaksi penjualan. Jika Web yang kita miliki mudah ditemukan dan banyak dikunjungi oleh banyak orang, tentu secara tidak langsung akan menarik minat banyak orang juga untuk membeli produk maupun jasa yang ditawarkan dan tentunya akan meningkatkan transaksi penjualan.

5. Pengunjung Lebih Tertarik Menggunakan Search Engine Google
Fakta menunjukkan bahwa banyak pengguna internet melakukan pencarian melalui search engine seperti Google. Berdasarkan research tingkat kepercayaan penggunanya lebih dari 95%. Begitu juga jumlah pemakainya dibandingkan mesin pencari sejenis, lebih dari 95%. Itu artinya, jika Web yang dimilikinya berada di posisi teratas mesin pencarian Google dengan memanfaatkan teknik SEO, maka peluang untuk dikunjungi orang akan lebih banyak.

Itulah beberapa manfaat SEO bagi Website, terutama bagi kebanyakan Website bisnis online. Aktifitas pencarian sekarang tidak lagi hanya dilakukan dari komputer yang ada di rumah, atau di perkantoran, akan tetapi orang-orang melakukannya dari ponsel cerdas, tablet mereka dan apapun yang terhubung ke internet di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Bagi yang berada di Sumatera Utara dan Aceh, tak perlu lagi bingung untuk mencari jasa seo profesional di Medan, karena Menara Digital siap melayani kebutuhan setiap pemilik bisnis yang memiliki Website ataupun yang ingin go online. Menara Digital Medan nantinya juga akan menawarkan beberapa services lainnya selain SEO, yakni Jasa Web Design ,Jasa Social Media Marketing, Jasa Publikasi Media, Jasa Cyber PR, hingga Jasa Pemasangan Iklan PPC (Pay Per-Click). Tertarik untuk menggunakan konsultan SEO ataupun digital services lainnya dari Menara Digital Medan? Segera hubungi nomor 0813-7555-6969 ataupun berkunjung langsung di kantor Menara Digital Medan di Grand Palladium Mall Lt. 3 Blok TS 27, No. 6-7.
Previous Post Next Post

News Feed